riceudukAvatar border
TS
riceuduk
Studio game lokal indonesia siap bersaing mencuri perhatian para gamer!
 Studio game lokal indonesia siap bersaing mencuri perhatian para gamer!


 Sebagai salah satu pasar yang paling potensial dalam industri game, sudah sangat wajar kalau banyak sekali penduduk Indonesia yang bermain game di berbagai platform seperti PC, Nintendo, hingga gadget. Wajar saja, menurut riset dari Newzoo, Terdapat lima negara yang merupakan pasar terbesar untuk game, yaitu Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Menariknya, sebagian besar gamer di lima negara tersebut justru memainkan game di lebih dari satu platform (mobile dan PC atau konsol).Riset Newzoo juga menunjukkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah gamer terbanyak yang bermain di perangkat mobile dan PC. Sebanyak 61 persen gamer Indonesia aktif bermain game di lebih dari dua platform setiap bulannya. Sementara 46 persen gamer Indonesia dipastikan bermain game di perangkat mobile dan PC.

Sayangnya, para gamers yang ada di Indonesia masih kurang melek dengan perkembangan industri lokal di Indonesia. Kebanyakan dari mereka bahkan gatau kalau game yang mereka mainin sebenernya buatan game developer lokal! Mereka ini masih kurang menyadari bahwa game-game buatan game developer lokal ga kalah bagus. Padahal kan, memainkan game-game lokal juga bisa meningkatkan kebangaan dan nasionalisme kita. Nah, biar temen-temen lebih mengenal game developer lokal dan game-game nya, berikut 5 studio game lokal yang siap mencuri perhatian para gamer!


1. Toge Production
Spoiler for Toge:

 Nah yang pertama lagi terkenal karena game super nyebelin yang akan segera rilis yaitu rage in peace. Studio game lokal yang berpusat di Tangerang ini sudah merilis sejumlah game seperti infectonator, Cofee Talk, She and the light bearer, dan yang terbaru tentunya ada rage in peace. Toge sendiri fokus untuk mengembangkan game untuk platform pc sehingga temen-temen yang mau coba game nya bisa langsung cus cari di steam.

2. Qajoo Studio

Spoiler for Qajoo:

 Buat yang suka sama game strategi, pasti tidak asing dengan game kurusetra, game yang diambil dari peristiwa perang mahabharata namun diisi dengan kearifan lokal. Qajoo Studio sebagai pembuat game ini juga tidak tanggung-tanggung, melalui proses pembuatan yang memakan 1,5 tahun game ini sudah cukup dikenal di Indonesia dengan jumlah download mencapai 50.000 download!

Baca Juga:(IOS/ANDROID) Football Clash; All Stars download gratis sekarang!

3. Gamelevelone

Spoiler for Gamelevelone:

 Game developer asal Jakarta ini juga udah terkenal sampai keluar negeri  karena game bertema bola yaitu football clash! Selain itu, Gamelevelone juga udah merilis sejumlah mobile games yang ngga kalah menarik seperti pemburu hantu yang mengusung kearifan lokal dengan menghadirkan hantu-hantu asli Indonesia.

4. Gambir Studio

Spoiler for Gambir Studio:

 Studio game lokal yang udah berdiri sejak 2016 ini juga fokus dalam mengembangkan mobile games khususnya dengan tema lokal seperti Warmindo Express, Nasi Goreng Spesial, hingga tts lontong yang merupakan adaptasi dari acara Waktu Indonesia bercanda bawaan cak lontong, dengan jawabannya yang diluar nalar.

5. Agate Studio

Spoiler for Agate:

 Ada yang sudah pernah main game kuis iseng Kaesang? Nah Agate Studio yang mengembangkan game ini emang cukup terkenal setelah sukses menggaet Putra presiden Joko Widodo untuk membuat game lucu ini, berisi pertanyaan-pertanyaan iseng yang bisa mengisi waktu luang teman-teman.

Nah setelah mengetahui game-game karya anak bangsa diatas, masih ragu buat mainin game nya?



 

0
837
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan