beyoungcarerockAvatar border
TS
beyoungcarerock
Prabowo Mengaku Takut Jarum Suntik, Ini Pemicu Fobia Menurut Dokter Jiwa


Hari ini pasangan bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan guna syarat untuk maju di Pemilihan Presiden 2019. Mereka menjalankan tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada Senin (13/08/18).

Di tengah rangkaian pemeriksaan, Prabowo Subianto mengungkapkan rasa takutnya terhadap jarum suntik. Meski cuma bercanda, pengakuan ini mengingatkan bahwa fobia terhadap jarum suntik memang benar-benar ada. Trypanophobia namanya.

Lalu apa yang membuat orang ketakutan hingga mengalami fobia jarum suntik?

Psikiater dari RSAU Dr M Salamun Bandung, dr Yuliana Ratna Wati SpKJ, menjelaskan bahwa seseorang bisa mengalami fobia atau ganguan cemas dan takut terhadap jarum suntik, antara lain karena mengalami trauma dengan yang berkaitan dengan jarum suntik.

"Jarum suntik dalam hal ini sebagai objek fobiknya. Terjadinya ya macam-macam faktor, salah satunya mungkin pernah mengalami trauma yang berkaitan dengan jarum suntik. Misalnya dari kecil ditakut-takuti kalau nakal diancam akan disuntik," jelas dr Yuliana.

Sementara itu, dr Wayan SpKJ dari RSUD Koja Jakarta Utara juga menjelaskan hal serupa. Fobia atau rasa takut dapat, menurutnya terjadi karena trauma yang terjadi pada pengalaman hidup.

"Phobia itu kan sejenis gangguan cemas, rasa takut kepada sesuatu yang tidak berbahaya, contohnya seperti jarum suntik, mereka bisa menghindar ya," ujarnya.

"Penyebabnya bisa beda-beda, yang pasti ada trauma yang bentuknya punya pengalaman," tambahnya.

Fobia juga bisa menyebabkan rasa cemas,

Sumber

Waduh pak emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0
1.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan