Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hermawanadityaAvatar border
TS
hermawanaditya
Cara Mendapatkan Uang Bagi Mahasiswa
Saya ingin berbagi pengetahuan mengenai dunia bisnis. Khususnya bagi mahasiswa yang disibukkan dengan jadwal perkuliahan dan aktivitas di organisasi mahasiswa namun ingin bisa menghasilkan uang. Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan. Sebagai contoh kasus berikut ini.

Ratih adalah seorang mahasiswi pada salah satu Perguruan Tinggi di salah satu kota besar di Jawa Timur. Saat ini Ratih memasuki semester tiga dari perkuliahannya. Selama ini Ratih sangat mengandalkan bantuan keuangan dari orang tuanya yang berada di desa. Ratih sangat ingin agar dirinya bisa membantu meringankan beban kedua orang tuanya dalam membiayai perkuliahannya.

Ratih bertekad untuk bisa menghasilkan uang selama dirinya kuliah sehingga beban kedua orang tuanya dapat berkurang. Ratih memiliki sekuter matic pemberian kedua orang tuanya agar dirinya tidak terkendala masalah transportasi. Selain itu, Ratih juga memiliki sebuah laptop dan sebuah handphone yang digunakannya selama ini untuk menunjang aktivitas perkuliahannya.

Ratih juga aktif di organisasi kemahasiswaan sehingga waktunya seakan-akan padat dengan aktivitas kuliah dan organisasi mahasiswa. Hal tersebut yang membuat Ratih menjadi bingung akan cara mendapatkan uang dengan padatnya aktivitas yang dimiliki sehingga waktu yang dimilikinya sangat terbatas. Bagaimanakah solusi yang terbaik untuk Ratih?

Solusi terbaik yang harus pertama kali dilakukan oleh Ratih adalah mengurangi aktivitasnya di organisasi mahasiswa agar dirinya memiliki waktu yang cukup untuk melakukan aktivitas lain yang menghasilkan uang. Permasalahan utama yang dihadapi oleh Ratih untuk menghasilkan uang adalah waktu yang sedikit karena tersita oleh aktivitas perkuliahan dan organisasi mahasiswa.

Ratih juga bisa meniadakan waktu untuk beraktivitas di organisasi mahasiswa bla dianggap perlu agar dirinya bisa fokus pada aktivitas perkuliahan dan aktivitas untuk menghasilkan uang. Dengan tiadanya waktu untuk beraktivitas di organisasi mahasiswa, waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk menjalankan aktivitas lain yang menghasilkan uang.

Langkah berikutnya adalah menentukan aktivitas apa saja yang sesuai bagi dirinya untuk bisa menghasikan uang. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh Ratih untuk bisa menghasilkan uang, mulai dari bekerja paruh waktu, bekerja secara freelance, menjadi pengusaha kecil-kecilan, atau aktif di media sosial yang bisa menghasilkan uang, seperti menjadi blogger, ataupun youtuber.

Tidak semua pilihan tersebut dapat dilakukan oleh Ratih, mengingat keterbatasan waktu yang dimiliki dirinya. Oleh karena itu, Ratih perlu melakukan analisis terlebih dahulu pilihan-pilihan tersebut agar waktu yang ada pada dirinya bisa digunakan secara maksimal untuk menghasilkan uang.

Pilihan pertama adalah bekerja paruh waktu. Bekerja paruh waktu merupakan pilihan yang umum dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa. Pertimbangannya adalah waktu kerja yang relatif tidak sebanyak jika bekerja penuh waktu (mungkin sekitar 4 s/d 6 jam dalam sehari) serta memiliki penghasilan yang tetap, walaupun tidak sebanyak jika bekerja penuh waktu.

Agar dapat bekerja paruh waktu, maka Ratih dituntut untuk dapat mengelola jadwal perkuliahannya agar tidak berbenturan dengan jam kerja. Mayoritas mahasiswa lebih memilih menggunakan waktu pagi hingga siang untuk kuliah dan sore hari hingga malam untuk bekerja paruh waktu. Atau bisa juga menggunakan waktu pagi untuk bekerja paruh waktu dan waktu malam untuk kuliah.

Pilihan tempat kerja untuk pekerjaan paruh waktu yang dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya adalah tempat makan (rumah makan, kafe, gerai makan cepat saji, ataupun resto). Hal tersebut dikarenakan tempat makan memiliki waktu yang lebih fleksibel dari segi waktu jika dibandingkn dengan lainnya.

Fleksibilitas dalam hal waktu sangat dibutuhkan oleh mahasiswa yang membutuhkan kerja karena mereka juga memiliki aktivitas kuliah. Oleh karenannya, selain tempat makan, tempat lain yang ideal untuk bekerja paruh waktu adalah menjadi tutor di bimbingan belajar, agen asuransi, menjadi kasir di swalayan dan lain sebagainya.

Pilihan kedua adalah bekerja secara freelance. Pekerjaan freelance meruypakan salah satu jenis pekerjaan yang disukai oleh kebanyakan orang, utamanya adalah mahasiswa. Hal ini dikarenakan waktu yang sangat fleksibel dan bahkan bebas ditentukan sendiri oleh mahasiswa sehingga membuat mahasiswa leluasa untuk mengatur jadwal kuliah dengan jadwal bekerja.

Akan tetapi, pekerjaan freelance tidak memiliki penghasilan yang tetap karena besar kecilnya penghasilan ditentukan oleh pencapaian target pekerjaan. Dibutuhkan ketekunan dan kedisiplinan untuk mencapai target pekerjaan jika memilih bekerja secara freelance. Walau demikian, mahasiswa dapat melakukan satu atau lebih pekerjaan freelance dalam satu waktu sekaligus.

Banyak jenis pekerjaan freelance yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dan pada umumnya pekerjaan freelance yang dipilh oleh mayoritas mahasiswa adalah di bidang pemasaran dan penjualan. Menjadi agen penjualan pada sebuah perusahaan, menjadi agen MLM (Multi Level Marketing) ataupun MGM (Member Get Member) maupun menjadi reseller dari sebuah produk.

Pekerjaan freelance selain bidang pemasaran dan penjualan adalah di bidang teknik (seperti menjadi teknisi komputer atau menjadi web designer ataupun menjadi graphic designer), di bidang pendidikan (menjadi guru les privat atau menjadi tutor di lembaga bimbingan belajar), ataupun di bidang jurnalistik (menjadi penulis lepas di media massa).

Selain di bidang pemasaan dan penjualan, bidang teknik dan bidang pendidikan, opsi lainnya untuk bekerja secara freelance adalah dengan menjadi pengemudi ojek online. Dengan kemunculan perusahaan ojek online seakan membuka lahan baru untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan kendaraan yang dimilikinya.

Pilihan ketiga adalah menjadi seorang pengusaha kecil-kecilan. Saat ini sudah bermunculan bisnis kecil-kecilan dan bahkan tidak sedikit bisnis kecil-kecilan yang tidak membutuhkan modal besar. salah satu jenis bisnis kecil-kecilan yang tidak membutuhkan modal besar adalah menjadi seorang dropshiper. 

Dropshiper adalah jenis bisnis yang menjual barang kepada seorang pembeli dengan cara memesan terlebih dahulu barang yang diinginkan oleh pembeli kepada pemasok utama untuk kemudian dikirmkan kepada pembeli jika sudah dilakukan pembayaran. Mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Proses bisnis jenis ini adalah pembeli memesan barang yang ditawarkan oleh dropshiper, dan dropshiper memesan barang yang diinginkan oleh pembeli ke pemasok utamanya, pembeli membayar sejumlah uang sesuai dengan harga pesanan kepada dropshiper, dropshiper membayar kepada pemasok utamanya untuk kemudian dikirim kepada pembeli.

Bekerja sebagai seorang dropshiper sangat menguntungkan bagi Ratih, karena selain tidak membutuhkan modal yang besar, Ratih juga tidak dibebankan oleh persediaan yang harus dimilikinya serta juga tidak perlu melakukan proses pengiriman barang karena sudah dilakukan oleh pemasok utamanya.

Bisnis dropshipping yang dapat dilakukan oleh Ratih nantinya bisa di bidang fashion, mengingat dirinya adalah perempuan yang akan lebih sesuai jika terjun ke dunia bisnis fashion dan kecantikan. caranya sangat mudah, Ratih hanya membutuhkan pemasok utama yang dapat dipercaya dan diandalkan serta perangkat handphone sebagai media komunikasi dengan pelanggan dan pemasok.

Pemasok utama yang sebaiknya dipilih Ratih adalah produsen langsung dari produk yang dijual, atau setidaknya distributor langsung dari produsen. Dengan mengambil langsung dari produsen atau distributor utamanya, maka harga beli ke pemsok akan lebih murah sehingga harga jual ke pelanggan dapat lebih rendah dari kompetitornya.

Pilihan keempat adalah aktif di sosial media untuk menghasilkan uang dengan menjadi seorang blogger maupun menjadi seorang youtuber. Menjadi seorang blogger maupun seorang youtuber sangatlah mudah dan murah meriah, karena hanya membutuhkan sebuah blog, sebuah channel di youtube, seperangkat laptop dan handphone.

Yang tidak kalah pentingnya aalah harus memiliki berbagai akun di media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, path dan sebagainya. Aktif sebagai seorang blogger ataupun youtuber juga menguntungkan bagi Ratih karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Oleh karenannya sangat menguntungkan dengan adanya fleksibilitas waktu tersebut.

Aktivitas yang menguntungkan sebagai seorang blogger ataupun youtuber adalah dengan membuat konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca blog ataupun penonton di youtube. Jika pembaca ataupun penonton merasa konten-konten tersebut bermanfaat bagi mereka, maka mereka akan menjadi pelanggan setia.

Semakin banyak pembaca ataupun penonton, maka akan semakin ramai pula blog maupun channel youtube tersebut. Semakin ramai sebuah blog ataupun sebuah channel youtube, akan semakin menarik minat pelaku bisnis untuk memasang iklan di blog maupun channel youtubenya. Semakin banyak iklan, maka semakin besar pula penghasilannya.

Keempat pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada pilihan yang bisa memberikan penghasilan tetap, namun menuntut waktu kerja. Ada yang memberikan fleksibilitas waktu, namun tidak bisa memberikan penghasilan yang tetap. Ada ang bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja, namun membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menghasilkan uang.

Kisah di atas merupakan inspirasi dari pengalaman saya selama ini sebagai seorang dosen. Tidak sedikit mahasiswa yang saya ajar mampu menghasilkan uangnya sendiri. Ada yang bekerja paruh waktu, bekerja secara freelance, menjadi pengusaha kecil-kecilan dan ada juga yang akif di sosial media. Mereka melakukannya untuk sebisa mungkin membantu kedua orang tuanya. Semoga bermanfaat.

Untuk artikel lengkapnya:

http://adityahermawan.com/artikel/ca...bagi-mahasiswa
0
856
10
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan