Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tereariyaniAvatar border
TS
tereariyani
BI Prediksi RI Tekor, Defisit Transaksi Berjalan US$ 25 Miliar
Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit) tahun ini sebesar US$ 25 miliar. Angka itu jauh lebih tinggi dari 2017 sebesar US$ 17,3 miliar.

Hal itu disampaikan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam sarasehan nasional sebagai rangkaian Rakornas Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2018 di Gedung BI, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Baca juga: BI Ramal Defisit Transaksi Berjalan RI Lebih Besar Tahun Ini

Menurut Perry, ekspor Indonesia akan meningkat tahun ini, namun kenaikan impor juga akan lebih besar sehingga defisit transaksi berjalan semakin lebar.

"Masalah bahwa kalau lihat neraca perdagangan dan jasa atau neraca transaksi berjalan terus terang tekornya tambah gede. Ekspor sebenarnya meningkat tapi kenaikan impornya lebih besar sehingga defisit berjalannya lebih besar. Tahun lalu US$ 17 miliar tahun ini bisa US$ 25 miliar atau lebih," terangnya.

Baca juga: Perang Dagang Amerika-China Bikin Dolar AS Kemahalan

Dari sisi devisa, tahun lalu Indonesia terselamatkan dengan adanya arus masuk investasi dari penanaman modal asing sebesar US$ 17 miliar. Di samping itu juga ada arus masuk ke surat utang dan pasar modal sebesar US$ 20 miliar.

Baca juga: Kurangi Defisit Perdagangan, RI Bakal Perketat Impor Pipa Baja

"Sayangnya tahun ini ada gonjang ganjing global seperti perang dagang," imbuhnya.

Oleh karena itu dia berharap adanya kerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan. Tujuannya tentu dengan mengurangi impor dan mendorong ekspor.

(hns/hns) https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4133657/bi-prediksi-ri-tekor-defisit-transaksi-berjalan-us-25-miliar

bisa tembus 15rb eoy
0
1.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan