tereariyaniAvatar border
TS
tereariyani
Defisit Neraca Pembayaran RI Naik Jadi US$ 4,3 Miliar
Foto: Rengga Sancaya

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatatkan defisit neraca pembayaran Indonesia (NPI) kuartal II-2018 sebesar US$ 4,3 miliar. Sebelumnya defisit NPI sebesar US$ 3,9 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik Yati Kurniati menjelaskan angka defisit tersebut mempengaruhi posisi cadangan devisa (cadev) akhir Juni 2018 sebesar US$ 119,8 miliar.

"Ke depan, kinerja NPI diperkirakan masih tetap baik dan dapat menopang ketahanan sektor eksternal," kata Yati dalam konferensi pers, di Gedung BI, Jakarta, Jumat (10/8/2018).


Baca juga: Defisit Transaksi Berjalan Melebar Jadi 3%

Dalam hal ini, Yati menyampaikan sejumlah langkah telah ditempuh pemerintah melalui kebijakan memperkuat ekspor dan mengendalikan impor melalui peningkatan import substitution.

Pemerintah juga terus memperkuat sektor pariwisata, terutama di empat daerah wisata prioritas untuk mendukung neraca transaksi berjalan.

"BI terus mencermati perkembangan global yang dapat mempengaruhi prospek NPI, antara lain ketidakpastian pasar keuangan global yang tetap tinggi, kecenderungan penerapan inward-oriented trade policy di sejumlah negara, dan kenaikan harga minyak dunia," ujar dia.

Baca juga: Defisit Transaksi Berjalan Ditargetkan di Bawah 3% Akhir Tahun

Kemudian BI juga terus memperkuat bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi, serta memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah dalam mendorong kelanjutan reformasi struktural (kil/ara) 



https://finance.detik.com/moneter/d-...i-us-43-miliar


siapkan mental saja melihat perkembangan emerging market akhir-akhir ini suku bunga bakal naik emoticon-Big Grin
dolar menggila .......
utangan jangan tanya mudah mudahan lancar bayarnya

si trump lg gila
0
1.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan