president.trumpAvatar border
TS
president.trump
PKS Soal Post-Islamisme : Sandiaga Tidak Menerapkan Syariah Kaku
PKS Soal Post-Islamisme : Sandiaga Tidak Menerapkan Syariah Kaku
Reporter: Ahmad Faiz Ibnu Sani
Editor: Syailendra Persada
Minggu, 12 Agustus 2018 06:53 WIB





TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menyebut calon wakil presiden, Sandiaga Uno, adalah santri post-islamisme. Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta menjelaskan apa yang dimaksud dengan istilah itu dan mengapa PKS menganggap Sandiaga masuk dalam Post-Islamisme.


Menurut Sukamta, salah satu ciri dari Sandiaga yang bisa dilihat sebagai seorang santri post-Islamisme adalah kedekatan dengan tokoh-tokoh agama. "Kedekatan dengan ulama dan perilaku Islami yang menunjukkan kesalihan pribadi itu bagian tidak terpisahkan," katanya lewat pesan singkat pada Tempo, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Sukamta menjelaskan ciri utama dari aktivis post-Islamisme ini adalah mereka cenderung pragmatis, realistis, dan bersedia berkompromi dengan realitas meski tidak selalu ideal. Namun, ia membantah jika Sandiaga atau aktivis post-Islamisme ini disebut sama dengan sekuler.

Ia mengatakan Sandiaga dan para tokoh post-Islamisme tidak lagi terobsesi dengan penerapan ajaran Islam yang kaku. "Seperti penerapan hukum syariah secara kaku dalam kenyataan politik sehari-hari," ucapnya.

Anggota Komisi Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat ini menuturkan post-Islamisme adalah tahapan terkini dari gerakan dakwah Islam setelah revivalisme dan strukturalisme Islam. Gerakan ini mulai menguat seiring dengan kebangkitan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di Turki.


Sukamta menuturkan secara singkat post-Islamisme adalah gerakan yang lebih mementingkan tercapainya esensi Islam, moderat, menyatu dengan sistem yang sedang berjalan, yaitu demokrasi. Pendekatan mereka lebih pragmatis, yaitu tercapainya target riil seperti ekonomi, pembangunan, pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat secara umum. "Pak Sandiaga disebut oleh presiden PKS sebagai santri Post-islamisme karena memang beliau mewakili tipologi aktivis dakwah Islam seperti tersebut di atas," ucapnya.


https://nasional.tempo.co/read/11161...n-syariah-kaku



Parte Sapi Kenak timpuk 500 "Kardus"....

Dunia Santri bukak Cabang.... Santri Pre-Islamisme... dan Santri Post-Islamisme...

Syariahnya juga langsung langsung bukak Cabang.... jadi Syariah Kaku.... dan Syariah Gemulai....

Hayooo... apalagi yang mau dibukain Cabangnya....

Syariah Gemulai.... boleh Joged2... tu wa ga pat...












Diubah oleh president.trump 12-08-2018 08:03
0
3.4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan