rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Jokowi Sampaikan Selamat Atas Pencalonan Prabowo dan Sandiaga

Presiden Joko Widodo saat melakukan sungkem pada ibundanya sebelum berangkat ke KPU(Foto: Istimewa)

Jakarta – Usai mendaftarkan diri ke KPU, calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Maruf Amin menyampaikan ucapan selamat atas pencalonan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk pemilihan presiden 2019. Ucapan selamat dari Jokowi disampaikan setelah dirinya mendaftarkan diri ke KPU.

“Saya dengar tadi malam Bapak Prabowo Subianto sudah mendeklarasikan pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden, kita menyampaikan selamat ke beliau dan seluruh pendukungnya,” kata Jokowi di gedung KPU Jakarta, Jumat (10/8).

Adapun Jokowi bersama Kyai Haji Maruf Amin sudah mendaftar lebih dulu pada sekitar pukul 10.00 WIB. Keduanya pun sudah menyerahkan sejumlah syarat untuk mengikuti pilpres 2019.


Tak berselang lama, KPU pun menyatakan berkas dari pasangan Jokowi-Maruf sudah lengkap. Keduanya tinggal menunggu tahap berikutnya yakni pemeriksaan kesehatan pada 12 Agustus mendatang.


Menyusul selepas ibadah salat Jumat, giliran pasangan Prabowo-Sandiaga yang akan melakukan pendaftaran ke KPU. Untuk itu, Jokowi di sela sambutannya mengapresiasi calon lawannya Prabowo-Sandiaga yang sama-sama akan berlaga di Pilpres 2019.

“Pak Prabowo dan Pak Sandiaga adalah putra-putra terbaik bangsa ini. Beliau sama seperti saya dan Kyai Haji Ma’ruf Amin yang ingin berjuang untuk kemajuan bangsa yang kita cinta. Saya rasa itu yang penting,” tambah Jokowi.

Tak lupa, Jokowi pun berpesan kepada masyarakat untuk bergembira dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini. Ia tak ingin ada perpecahan lantaran dihadapkan pilihan presiden dan wakil presiden.

Ucapan Selamat dari Jokowi Atas Pencalonan Prabowo-Sandiaga Diiringi Pesan untuk Rayakan Demokrasi

“Sekali lagi kita tebarkan kegembiraan dalam demokrasi selama pemilu 2019, kita bangun demokrasi sehat. Marilah kita tatap masa depan Indonesia dengan optimis dan percaya diri karena kita bangsa yang besar dan bersama-sama kita pasti bisa mengubah Indoensia yang lebih baik ke depannya,” jelas Jokowi.

Dari laporan sementara yang didapat, Prabowo-Sandiaga rencananya akan mendaftarkan diri ke KPU sekitar pukul 14.00 WIB. Pasangan tersebut juga sudah membawa sejumlah persyaratan berdasarkan Peraturan KPU No 22 tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Adapun persyaratan itu misalnya surat pencalonan yang ditandatangnai oleh pimpinan partai politik atau para pimpinan gabungan partai politik dan Surat pernyataan bermaterai berisi 14 butir pernyataan permohonan izin.

Lalu daftar riwayat hidup, tanda terima penyerahan LHKPN dari KPK, surat keterangan dari kepolisian; surat keterangan dari pengadilan, ijazah dan beberapa keterangan lain.

Dokumen persyaratan itu dibuat dalam dua rangkap. KPU akan melakukan verifikasi hingga 24 Agustus 2018 mendatang.

Sumber

0
1.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan