tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Apa Susahnya Menerima Perbedaan?
Kita hidup di dunia dengan beragam orang di dalamnya. Diseluruh dunia ini beragam orang berkumpul dengan berbeda latar masing-masing, ada yang berkulit putih, ada yang berkulit hitam dan lain sebagainya. Hidup ini memang tidaklah selalu sama, akan selalu ada yang berbeda dari setiap orangnya, di rumah kita sendiri tentunya pasti akan selalu ada perbedaan di keluarga entah itu dari karakter, kebiasaan dan lain sebagainya.

Perbedaan akan selalu ada di sekitar kita, perbedaan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita. Tanpa adanya perbedaan hidup ini akan terasa hambar seperti sayur tanpa garam dan monoton seperti melihat layar warna hitam. Memang dengan adanya persamaan seringkali menguatkan, akan tetapi dengan adanya perbedaan jauh lebih hebat apabila perbedaan itu menjadi kesatuan yang tak bisa dipisahkan.


Credit : radiobintangsembilan.com


Negara ini juga memiliki keanekaragaman suku dan budaya, dari sabang sampai merauke disanalah para penduduk negeri ini berada dalam satu kesatuan indonesia. Tak dapat dipungkiri bahwa negeri ini pun diliputi keanekaragaman dan perbedaan, namun dibalik semua itu indonesia menjadi sebuah negara menarik di dunia dan tak jarang para wisatawan mancanegara hadir ke indonesia untuk menikmati eksotisnya negeri ini yang penuh perbedaan dan ragam budaya di dalamnya.

Perbedaan yang ada tentunya memang seringkali menjadi permasalahan tersendiri bagi setiap insan di dunia ini termasuk di negeri ini, tak jarang konflik-konflik pun tercipta karena sebuah perbedaan mulai dari bentrokan di dunia nyata maupun di dunia maya. Tak jarang konflik-konflik perbedaan menjadi santapan dalam sehari-hari dalam kehidupan kita. Seakan tak ada habisnya, perbedaan menjadi sebuah permasalahan yang selalu ada dalam setiap masanya.

Salahkan dengan perbedaan? Tentunya perbedaan itu tak pernah salah, akan tetapi cara memandangnya yang seringkali salah oleh sebagian orang. Andai setiap orang bisa memahami dengan pasti dan menempatkan perbedaan pada sudut pandang yang tepat, tentunya itu bukan sebuah alasan berpecah belah, akan tetapi perbedaan itu bisa menjadi kekuatan yang bersatu padu dan mampu menciptakan dunia yang lebih indah.

Apa susahnya menerima perbedaan? Sebenarnya tidaklah susah untuk menerima perbedaan asalkan kita sendiri berupaya untuk bisa berdamai dengan setiap perbedaan. Memiliki rasa saling menghormati, toleransi dan lapang dada sangatlah diperlukan dalam menyikapi setiap perbedaan. Entah itu perbedaan pandangan, pikiran, hingga politik.


Credit : simplestudioonline.com


Berkonflik karena perbedaan tak akan pernah menemukan ujungnya, maka sudah seharusnya kita bisa mengubah paradigma kita tentang perbedaan dari menjadikan perbedaan yang menimbulkan permusuhan menjadi perbedaan yang mampu menyatukan banyak hal. Negeri ini membutuhkan orang-orang yang mampu memahami setiap perbedaan, bukan orang yang mengedepakan egoisme dan kepentingan. Negeri ini bisa jauh lebih baik lagi bila tak lagi meributkan tentang perbedaan dan saling bahu membahu membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Masihkah kita meributkan perbedaan? Saatnya kita tanggalkan rasa egoisme kita dan berjalan bersama dalam perbedaan yang ada karena bersatu padu itu akan membuat kuat dan disegani banyak kalangan. Hargailah setiap perbedaan yang ada untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. Demikian tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini pribadi dan inspirasi kehidupan
Sumber gambar via google images

0
12.4K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan