aldhypratama45Avatar border
TS
aldhypratama45
4 CCTV MESJID YANG MEREKAM REAKSI KAUM MUSLIMIN KETIKA GEMPA LOMBOK
Gempa besar dengan kekuatan 7,0 Skala Richter mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu petang, 5 Agustus 2018. Jumlah korban meninggal akibat gempa tersebut dari informasi terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin 5 Agustus 2018 pukul 04.00 Wita hingga kini mencapai berjumlah 82 orang dan terus bertambah jumlahnya. Selain itu gempa susulan masih terus berlanjut. 


Hingga Minggu, 5 Agustus 2018 pukul 22.00 Wita terjadi 47 kali gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menyatakan bahwa gempa berkekuatan 7,0 Skala tersebut adalah gempa utama yang tidak menutup kemungkinan akan ada gempa-gempa susulan yang lebih dasyat setelahnya.

Namun dibalik peristiwa tersebut, kamera cctv dari berbagai masjid di Lombok dan Bali merekam reaksi orang-orang yang sedang melakukan shalat berjamaah pada saat gempa berlangsung. Saya merangkumnya menjadi 4 vidio cctv masjid pada saat gempa Lombok :

1.     Musallah As Syuhada (Bali)


Warganet terus memberikan pujian kepada iman yang satu ini, karena pada saat gempa yang berkekuatan 7.0 SR itu terjadi, imam itu tetap memimpin jalannya shalat walau harus memegang dinding musallah sebagai penyeimbang tubuhnya, dan membaca ayat kursi hingga mengulang-ulang ayat pertamanya untuk mengagungkan kebesaran allah swt. Walaupun sebagian makmumnya lari keluar untuk menyelamatkan diri.

2.   Masjid Muhajirin  (Tabanan, Denpasar Bali)

Terlihat para jamaah sedang melaksanakan sholat isya, namun tiba –tiba ada satu jammah yang merasakan gempa dan menoleh kebelakang berniat ingin lari, namun karena melihat jamaah lain tidak memperdulikan hal tersebut. Maka jamaah yang mengenakan baju coklat tersebut kembali melanjutkan sholatnya dan dia pun merasakan gempa tersebut yang kedua kalinya dan melihat kebelakang namun belum ada jamaah yang berniat untuk lari. Pada saat rukuk barulah jammah berbondong-bondong meninggalkan masjid tersebut untuk menyelamatkan diri.
 
 3.   Masjid Baitur Rahmah (Denpasar Utara, Bali)   

Mesjid yang beralamat asli di Jl. Ahmad Yani, Dusun Wanasari Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Bali ini terekam oleh kamera cctv saat terjadi gempa Lombok pada saat melaksanakan shalat berjamaah dengan jamaah lebih dari lima shaf. Terlihat pada rekaman, para jamaah lari berhamburan keluar masjid tanpa terkecuali imam masjid tersebut.
 
4.     Mesjid Agung (Bangli, Bali)

Mesjid ini merekam kejadian jatuhnya atap dalam masjid sesaat sesudah jamaah berlarian keluar masjid. Beruntung karena tidak seorang pun yang terkena pecahan atap tersebut yang nyaris memakan korban jiwa.

Nah,, itulah beberapa rekaman cctv masjid yang merekan kejadian gempa Lombok pada hari Minggu, 5 Agustus 2018 pukul 22.00 Wita. Semoga para korban dapat selamat  dari segala bahaya dan bagi keluarga korban senantiasa diberikan ketabahan. Aminn

0
4.9K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan