ryum4Avatar border
TS
ryum4
Icon Kota Jember yang Mendunia, JFC 2018 : ASIALIGHT #IniIndonesiaku








Ditulis Oleh :
- Ryu -
© Kaskus 2018
#KurabaOtaku


Sebagai seorang yang lahir dan tumbuh besar di kota jember, untuk mengikuti Event Kreator #IniIndonesiaku yang diselenggarakan oleh Kaskus Kreator 2018 maka gw dengan bangga akan mengangkat tema tentang daerah gw sendiri dengan ikon yang sudah terkenal di dunia Internasional yaitu JFC : Jember Fashion Carnaval 2018.

#IniIndonesiaKu #IniJemberku #DirgahayuIndonesia73


Bagi teman teman yang belum mengetahui kota jember, Jember adalah kabupaten dari Provinsi Jawa Timur. Secara geografi berbatasan diantara kabupaten Bondowoso dan Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Lumajang di sebelah barat, Kabupaten Banyuwangi di sebelah timur dan di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Dalam Rangka menyemarakkan kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke 73 dan menyambut Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, Jember kembali hadir dengan Event Tahunannya yaitu Jember Fashion Carnaval 2018 (JFC) dengan tema kali ini adalah ASIANLIGHT - Cahaya Asia yang memasuki tahun ke 17 yang akan berlangsung pada tanggal 07 - 12 Agustus 2018.



Perlu Teman teman ketahui, Event JFC merupakan Karnaval Busana yang disesuaikan dengan tema setiap tahunnya. JFC sendiri setiap tahun semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan di dunia Internasional dengan menjadi Karnaval Fashion Show terbesar ketiga Dunia.

Visi dan Misi dari JFC sendiri sangatlah menginspirasi bagi kami warga Jember, yaitu menjadikan Jember sebagai kota wisata mode pertama di Indonesia dan Dunia. Dan dalam prosesnya JFC membawa banyak manfaat bagi pengembangan dunia pendidikan, kesenian, budaya , hiburan dan perkembangan perekonomian khususnya warga Jember.



Dibalik suksesnya event JFC di Jember, ada satu sosok yang sangat berpengaruh bagi perkembangan JFC yaitu Om Dynand Fariz. Lahir di kabupaten Jember tanggal 23 Mei 1963, Beliaulah yang tercatat sebagai pendiri Jember Fashion Carnaval. Banyak Prestasi yang telah beliau capai baik itu level Nasional maupun Internasional. Beliau lah yang menjadi sosok kreatif dibalik kesuksesan penghargaan Best National Costume di ajang Miss Universe dengan tema The Chronicle of Borobudur, bahkan karyanya di tahun tahun berikutnya bisa masuk 10 besar di ajang International tersebut.



Seperti yang gw singgung sebelumnya, tahun 2018 ini JFC tampil dengan nuansa Tema yang baru berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengangkat tema Victory ( Kemenangan JFC untuk prestasi tingkat dunia, sekaligus kemenangan Indonesia di berbagai Negara) Dan tahun ini bersamaan dengan momentum Asian Games, JFC ke 17 mengangkat tema ASIAN LIGHT - Cahaya Asia.



Terinspirasi dengan Perhelatan Asian Games 2018, JFC ke 17 ini menurut Dynand Fariz akan dipresentasikan dengan 10 defile yang akan mewakili benua Asia dengan keelokan sejarah dan budaya dari berbagai negara di Asia. Beberapa diantaranya terdapat budaya dari Jepang, Korea, Thailand dan lain lain.



Beberapa rangkaian JFC ke 17 meliputi: Opening JFC International Event, Pets Carnival, JFC International Conference, JFC International Exhibition, JFC Kids Carnival, JFC Rhythm Artwear Carnival, dan Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI) yang digelar selama 6 hari pada 7 - 12 Agustus 2018 di Jember.

Sehubungan dengan rencana kostum kostum terbaik JFC ke 17 yang akan tampil di Opening seremoni Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Closing Seremoni pada September 2018, hal ini merupakan panggung branding yang besar bagi JFC yang banyak di sorot di berbagai negara di Dunia.



Terkait dengan hal tersebut, Gw Sendiri sebagai warga Jember berharap JFC dengan konsepnya yang beragam bisa mencapai Peringkat pertama di Dunia sebagai Event Karnaval Fashion terbesar dan terbaik. Tentunya hal ini akan membawa nama harum bagi bangsa Indonesia sendiri di mata Dunia.

Berbagai wisatawan lokal dan Mancanegara akan berkumpul di Jember pada tanggal tersebut, Media Lokal maupun Mancanegara siap meliput gelaran JFC ke 17 ini. Tentunya hal ini sangat membanggakan bagi kami warga Jember bahkan Bangsa Indonesia, Bahwa Bangsa ini merupakan Bangsa yang besar yang kaya akan kultur dan budayanya. Dengan adanya event ini juga membangkitkan perekonomian pelaku usaha di Jember, dapat menyumbangkan sebagian Devisa Negara dari para Wisatawan Mancanegara serta mengenalkan berbagai potensi wisata yang ada di Jember dan Indonesia.



Semoga pada HUT 73 Kemerdekaan Republik Indonesia dapat dijadikan sebagai titik awal kebangkitan Indonesia di mata Dunia sesuai dengan Tema JFC Tahun 2018 yaitu ASIALIGHT, Cahaya dari Asia.

Bagi teman teman yang punya rencana liburan bulan ini dapat di agendakan untuk mengunjungi Jember pada tanggal tersebut untuk menyaksikan gelaran JFC yang ke 17, Saksikan Pertunjukan Karnaval terbesar ketiga di Dunia… Bisa jadi kedepannya menjadi Karnaval terbesar di Dunia.

Amin…




Inggris Punya Notting Hill, Brazil punya Rio De Janeiro Carnival, Indonesia Punya Jember Fashion Carnaval.

Terus Jaya Indonesiaku #IniIndonesiaKu #IniJemberKu #DirgahayuIndonesia73


Berikut Video Teaser tentang JFC ke 17 tahun 2018.

Spoiler for Video Teaser JFC 2018:


Cheers,
- Ryu -
#KurabaOtaku


Referensi :
Pengalaman Pribadi
jfcexhibition
jemberfashioncarnaval
Kompas
JatimTimes
IndoPos

Diubah oleh ryum4 07-09-2018 08:30
0
18.1K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan