Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonfly1212Avatar border
TS
dragonfly1212
Cari Tau Waktu Yang Pas Buat Nikmatin Sunrise Di Bromo
Berbicara tentang keelokan gunung bromo yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memang tak akan ada habisnya. Masih ada hal lain yang ingin saya share dan ceritakan tentang bromo. Kelihatan banget ya kalau saya sangat mengagumi keindahan bromo dan semua yang ada disana.


Bromo yang tak pernah sepi didatangi para wisatawan memang menyajikan pemandangan yang luar biasa menyejukan mata sekaligus menghadirkan takjub. Pemandangan dan moment yang menjadi favorit para wisatawan contohnya adalah sunrise. Moment sunrise ini bisa dinikmati dari beberapa spot seperti penanjakan 1 atau penanajakan 2.


Hal yang disayangkan adalah saat wisatawan ke bromo tanpa memperhitungkan waktu atau timing yang baik hasilnya akan sedikit mengecewakan. Seperti gagal mendapati sunrise, view gunung semeru yang tak nampak dan hal lainnya.



Untuk membantu para wisatawan mendapatkan gambaran tentang bromo dan memperhitungkan waktu yang baik untuk kesana, berikut saya rangkum waktu yang tepat untuk menikmati sunrise bromo dan banyak spot lainnya.







KAPAN WAKTU TERBAIK UNTUK MELIHAT SUNRISE DI BROMO?


Sunrise memang sudah moment terbaik yang bisa didapatkan di Bromo. Tak heran ratusan orang berebut mendapat posisi terbaik untuk menikmatinya. Berangkat tengah malam dan melawan dingin disana sudah menjadi hal biasa bagi siapa saja yang berniat menyaksikan aktivitas alam yang luar biasa. Tak hanya sunrise, balutan kabut yang menyelimuti gunung Bromo dan Batok juga sangat shaydu dipandang mata. Lihat foto dibawah ini. Manis bukannnnn????


But what?
Tak selalu saat kalian ke Bromo kalian akan bisa mengambil foto sekeren foto saya diatas. Foto tersebut diambil oleh teman saya dengan saya sebagai objek saat saya pertama kali ke Bromo. Beuntung saat itu adalah bulan terbaik untuk ke Bromo. Yaitu bulan Juli.

Kenapa Juli?
Nah, untuk dapat moment sunrise terbaik dan balutan kabut yang tidak urak-urakan yang bisa menutup seluruh view bromo tak terkecuali atau menutup view gunung semeru yang super megah dibelakangnya kalian harus datang ke bromo sekitar bulan Juni-Oktober atau saat musim kemarau tiba.


Kenapa saat kemarau?

Ini yang harus jadi pertimbangan kalian, saat kemarau cahaya matahari mampu menembus kabut yang tidak terlalu urak-urakan alias tak terlalu tebal. Jam 6 saja kabut sudah mulai pergi namun tak seluruhnya. Jadi ada kabut-kabut transparan yang membalut bromo, batok dan semeru. Nah, view ini adalah view terepic yang pernah saya lihat.


Resikonya? Perlu kalian tahu di dataran tinggi, saat musim kemarau hawa dingin akan meningkat jauh daripada saat musim kemarau. Suhu di bromo bahkan bisa dibawah 0 derajat celsius. Ini keren sekaligus ngeri sih, baju lapis 3 plus jaket tebal tak bisa mengingkari dinginnya bromo saat musim kemarau. So, jangan lupa persiapkan semua untuk melindungi tubu kita dari dingin ya. Pakailah pakaian senyamannya kalian.



Lalu bagaimana saat musim penghujan di Bromo?
Saat musim hujan memang suhu di Bromo masih wajar. Dingin namun tidak yang sampai menusuk sampai bikin gemeteran dan males nyentuh air seperti saat musim kemarau. Tapi, datang ke bromo saat musim penghujan yaitu sekitar bulan november-mei kalian harus bersiap-siap menyiapkan mental dan kesabaran kalau view yang kalian lihat saat sunrise seperti ini.. 


Hmmmm. Sedih gak? Jauh-jauh ke bromo untuk menikmati sunrse eh hasilnya zonk. Saya sih sedikit kecewa dan sedih, tapi apa boleh buat. Alam kan kreasi Tuhan, jadi mau gimana juga harus dinikmatin yaa kannnnnn emoticon-Smilie( mencoba sabar) 


Based on true story saat saya ke bromo bulan februari sampai jam 7 pagi kabut tebal masih enggan beranjak dari Kawasan bromo. Bromo hampir tak terlihat bahkan beberapa menit memang sempat terlihat sama sekali saking dekatnya kabut putih saat itu. Semakin siang mulai nampak namun masih urak-urakan menurut saya. Sampai jam 10 siang saya tunggu untuk mendapat foto terbaik eh yang ada cuma intip-intipan sama bromo hehe. Dan lagi saya tidak bisa mendapati view gunung semeru yang super gagah yang biasanya nampak di belakang Bromo saat musim kemarau atau saat saya kesana juli (kemarau) 



Saat saya kembali baru baru ini yaitu 3 maret kemarin pun sama. Meski tak separah februari 2017 lalu. Kabut putih pekat menutupi cahaya matahari yang hampir terbit. Sunrise hanya bisa kami nikmati sekitar 5 menit dengan cahaya yang tidak maksimal pula. Sampai langit terang sekitar jam 6 pun kabut enggak pergi dari yang kami lihat di seruni point. Masih lebih baik ketimbang februari 2016 karna kami masih bisa menyaksikan bromo batok dan semeru yang berderet meski tetap terhalang kabut tipis. Tak sejelas view yang saya dapat saat kemarau. 


Kenyataan bahwa musim penghujan adalah bukan Bulan yang baik untuk menikmati sunrise harus kami terima dengan suka cita. Dan tetep gag kapok koo datang ke bromo.  Hehe




JANGAN SALAH,  MESKI KITA TAK BISA MENYAKSIKAN SUNRISE DI BROMO PADA MUSIM PENGHUJAN, JUSTRU KALIAN JUGA TIDAK BISA MELIHAT PEMANDANGAN INI DI MUSIM KEMARAU.  



Kenyataan bahwa musim dan iklim memang berpengaruh terhadap kondisi alam  harus kita terima dengan lapang dada dan suka cita dong. Jangan sedih setelah membaca cerita diatas bahwa musim penghujan bukanlah masa yang baik untuk mengincar sunrise di Bromo. Faktanya, ada sesuatu yang istimewa dan gag bisa kita dapatkan saat musim kemarau.  Plus minus kan.  Apa itu?  Yuk dibahas. 



Apa plus minusnya? 
Sebagai penyeimbang,  saat musim penghujan tiba ada sesuatu yang bisa bikin kalian seger seharian di Bromo. Apa tuh?  Hal itu adalah area dan kawasan bromo yang benar-benar hijau. Dari tebing-tebing yang hijau karena tumbuh aneka tanaman. Kemudian gunung batok yang diselimuti tanaman sehingga akan hijau seluruhnya pula.  Belum lagi Padang savana dan teletabies yang akan sangat sempurna di kisaran musim penghujan tersebut.



Lain halnya kondisi bromo area bawah saat musim kemarau, pasir yang gersang dan debu yang berterbangngan tida karuan,  angin yang menyapu pasir nya, serta savana dan bukit telebtabies yang mengering dan tak sempurna hijaunya. Berkebalikan bukan?

KESIMPULANNYA?

Jadi kalau saya simpulkan dari waktu-waktu yang tepat untuk ke Bromo seperti uraian diatas adalah:



  • Bromo cantik dari atas di musim kemarau,  waktu yang tepat untuk menikmati sunrise dari sunrise point
  • Bromo ciamik dari bawah saat musim penghujan,  waktu yang tepat untuk menikmati hijaunya bromo dengan savana da n bukit teletabiesnya. 

So?  Kapan mau ke Bromo? Hihi

0
8.4K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan