anvanvAvatar border
TS
anvanv
Hindari Hal Ini Untuk Kesan Pertama yang Baik. Ingin Sukses ? Masuk !


Peneliti menunjukkan bahwa sebuah kesan pertama terhadap seseorang yang anda tidak kenal terbentuk sekitar 7 detik saja. Jika kamu mempunyai panggilan interview kerja, pihak HRD yang menginterview anda akan membuat keputusan setelah itu.

Serta Dalam 30 detik pertama, apabila anda tidak melakukan kesalahan cara ketika pertama kali bertemu pihak penginterview, tingkat diterimanya anda di pekerjaan itu lebih besar.
Cara tersebut dapat anda pratekan ketika hendak mencari teman, nasabah atau pasangan hidup.
Cara tersebut ? Mana Caranya ? Yuk scroll ke bawah guys.




1. Tidak tegas saat berjabat tangan




Genggaman tangan yang lemah ketika bersalaman membunuh kesan pertama anda oleh orang lain. Peneliti mengatakan bahwa orang yang mempunyai genggaman tangan yang lemah ketika bersalaman akan dikira sebagai orang yang pemalu, cemas, tidak terbuka dan kurangnya pengalaman. Kesalahan lain yang orang buat adalah jabat tangan yang terlalu lama. Jika anda mau sukses, berikan jabat tangan yang tegas.




2. Posisi tangan yang salah




Perhatikan posisi tangan anda ketika duduk. Anda dapat meletakkan tangan anda di atas paha anda, tapi jangan di saku celana atau jas anda itu akan berkesan anda menyembunyikan sesuatu. Jika anda meletakkan tangan di atas meja itu akan berkesan anda ingin mengontrol interview tersebut sesuai dengan keinginan anda (angkuh). 
Sebenarnya Kalau anda meletakkan tangan dan melipat jari-jari dengan santai dan longgar di atas meja, itu adalah posisi yang disukai oleh orang barat, seakan kita tertarik dengan pembicaraan tersebut. Tapi hal tersebut dianggap tidak sopan di Jepang dan India.




3. Mengunyah permen karet




Jika orang melihat anda pertama kali, dan anda mengunyah permen karet, mereka akan berpikir anda adalah orang yang belum dewasa, bersifat kekanak-kanakan, dan sebagian bahkan berpikir anda adalah kelas bawah. Mengunyah permen karet sangat buruk ketika anda sedang wawancara kerja. Walaupun dalam beberapa situasi non-formal, orang yang mengunyah permen karet adalah orang yang lebih gampang untuk berteman dengan sesama.




4. Menolak kontak mata




Kontak mata sangatlah kuat untuk membuat kesan pertama yang baik. Peneliti menunjukan bahwa orang yang mengatur kontak matanya ketika berbicara dan mendengar adalah orang yang percaya diri dan pandai. Orang yang tidak melakukan kontak mata ketika berbicara dan mendengarkan dianggap seperti orang yang kejujurannya dipertanyakan, tidak menarik, dan cemasan.




5. Bermain dengan rambut anda




Terutama seorang wanita. Ketika wanita dikatakan akan memegang rambut mereka setidaknya 18 kali dalam sehari. Lol. Bermain dengan rambut mereka bisa mengirimkan sinyal yang salah kepada lawan bicara, contohnya lawan bicara akan merasa sedang digoda dan juga itu akan memberikan indikasi bahwa anda sedang panik, tidak percaya diri, stress atau tidak nyaman dengan kondisi.




6. Topik pembicaraan yang salah




Ada beberapa hal yang tabu untuk anda bicarakan ketika bertemu dengan seseorang pertama kali. Seperti Masalah kesehatan, keuangan, kepercayaan, mantan bos atau mantan rekan, pilihan politik atau yang paling penting adalah kehidupan pribadi dan masalah orang tersebut. Cobalah untuk tidak selalu membahas apa yang anda pikirkan, tetapi dengarkanlah topik dari mereka juga. Jadilah seorang pendengar yang baik.




7. Menyerang ruang pribadi seseorang




Kontak fisik adalah jarak yang harus anda jaga ketika berbicara dengan lawan bicara. Menurut pakar, jarak yang baik untuk berbicara dengan lawan bicara anda adalah 4 sampai 12 kaki. Jika anda mencoba lebih dekat ke lawan bicara anda, mereka akan merasa anda terlalu agresif. Sebaliknya apabila berdiri terlalu jauh dengan lawan bicara, mereka akan merasa kamu tidak tertarik dengan apa yang dibahas.




8. Membuat suara yang menganggu




Suara apapun yang anda buat, seperti menepakan kaki anda, mengetuk dengan jari, atau suara yang dihasilkan peregangan tulang anda akan sangat menganggu orang lain. Mengetuk-ngetuk dengan kaki atau jari-jari anda mengindikasi anda adalah orang yang nervous tidak percaya diri, tidak sabar, dan bisa juga lawan bicara merasa anda tidak jujur atau mencoba berbohong. 




9. Berulangkali melihat jam tangan atau telepon genggam anda




Orang dewasa tercatat cek telepon genggam mereka 110 kali perhari. Walaupun sebenarnya hal tersebut sangatlah tidak sopan ketika anda sedang melakukan pembicaraan dengan orang lain. Itu akan menunjukkan anda tidak tertarik dengan topik pembicaraan atau bahkan lawan bicara itu sendiri, kamu merasa bosan atau kamu punya sesuatu yang lain untuk dibicarakan atau dilakukan. Peneliti menunjukan bahwa dengan adanya telepon genggam di meja atau di samping akan membuat kualitas pembicaraan menjadi berkurang.




10. Melupakan nama seseorang




Sangat memalukan apabila anda tidak mengingat nama seseorang tetapi orang tersebut mengingat nama anda. Untuk mencegah ini, ulangi beberapa kali kata-kata mereka saat memperkenalkan diri mereka, Contoh : "Nama saya Andy, senang bertemu dengan anda". Jangan menggunakan alasan bahwa nama seseorang tersebut susah diucapkan atau diingat, karena apabila anda tertarik dengan orang tersebut, nama orang tersebut akan selalu ada di kepala anda !




11. Datang terlambat




Ketika anda datang terlambat, kamu akan memberikan kesan bahwa anda tidak menghargai waktu, mempunyai rencana yang buruk dan orang yang tidak memiliki komitmen. Cobalah mengatur waktu anda dengan benar, jangan tepat waktu tapi anda harus bergegas mengejar waktu tersebut. Atur dengan benar sekali lagi, agar anda bisa menjalaninya dengan santai dan lebih fokus.




12. Cara berpakaian yang buruk




Statistik menunjukan bahwa 55% kesan pertama berhubungan dengan penampilan anda. Beberapa Studi bahkan mempelajari bahwa penampilan anda, tinggi, berat badan, warna rambut dan lainnya mempengaruhi besarnya gaji anda. Jika anda hendak bertemu seseorang untuk pertama kalinya, cobalah gunakan pakaian dan penampilan yang rapi dan bersih. Oh ya jangan gunakan parfum dengan aroma yang berat.



Nah bagaimana guys ? Apakah anda sadar yang anda lakukan sudah benar atau belum ketika melakukan wawancara kerja atau bahkan sedang pertama kali bertemu gebetan ?
Hmm.. Atau gansis ada tambahan mengenai pengalaman atau cara membuat kesan pertama menjadi berkesan ?  Yuk Komeng di bawah ya... 

Mohon Rate, Share and Cendol jika gansis tidak keberatan ya..
Terima kasih sekali atas niat baik kalian.
Salam Sukses !


- AnV - 





Spoiler for Sumur:

0
14.7K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan