pristyanaAvatar border
TS
pristyana
Minum Ini Gan! Dijamin Badan Anget, Hati Bahagia, Kantong Lega

Saat ini fenomena suhu ekstrim banyak terjadi di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya adalah Dieng. Pada pagi hari suhunya bisa mencapai di bawah lima derajat celcius. Hal itu bahkan sampai membuat permukaan tanah dan lahan pertanian tertutup embun es akibat suhu ekstrim tersebut. Di daerah-daerah dengan suhu yang dingin seperti Dieng dan daerah pegunungan lainnya itulah, minuman hangat menjadi salah satu opsi yang pas untuk membantu menghangatkan tubuh warga yang tinggal di daerah-daerah tersebut.


Berikut adalah beberapa minuman hangat yang bisa dijadikan pilihan ketika Agan berada di daerah dengan suhu yang dingin:

1. Teh Panas

Minuman ini merupakan salah satu minuman yang paling mudah ditemukan di berbagai tempat. Cara pembuatannya pun terhitung sangat praktis. Kita tinggal menyiapkan, teh celup atau teh lainnya, lalu tuang air panas/hangat dan tambahkan gula sesuai selera, teh ini bisa langsung dinikmati. Beberapa daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing. Namun, favorit ane masih tetap teh yang ada di Solo maupun Jogja, khususnya yang ada di angkringan. Teh yang disajikan di angkringan biasanya menggunakan gula batu sebagai pemanisnya. Gula batu menambah nikmat rasa teh tersebut, apalagi kalau disajikan dengan menggunakan poci (dari tanah liat).

2. Wedang Jahe

Minuman yang kedua ini juga mudah ditemukan dan dibuat, hanya berbahan dasar jahe yang digeprek,  air panas dan gula. Wedang jahe sendiri sudah enak dinikmati, namun terkadang di daerah lain ada yang suka mencampur jahe geprek tersebut dengan kencur dan jeruk nipis yang membuat rasanya lebih tajam dan membuat lega tenggorokan.

3. Wedang Uwuh

Terbuat dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, dan kayu secang yang diseduh dan ditambah dengan menggunakan pemanis dari gula batu. Warna minuman ini juga menarik untuk dilihat, dan rasanya tentu layak untuk dicoba.

4. Wedang Ronde

Kita masuk ke minuman yang isinya lebih bermacam-macam. Wedang Ronde biasanya berisi kacang tanah kupas yang sudh direbus, trus bulatan yang isinya kacang halus dan gula, kolang kaling dan kuah jahe.

5. Wedang Tahu

Wedang ini berisi kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai yang dicampur dengan air garam, dan bubuk agar-agar yang dimasak serta kuahnya terbuat dari air jahe.

6. Wedang Asle

Minuman ini merupakan salah satu minuman favorit ane, dengan kuah santannya yang hangat dan berisikan ketan putih, agar-agar, potongan roti tawar, kolang kaling yang diiris tipis, dan sedikit gula membuat rasanya mantap dinikmati ketika udara dingin. Ada juga jenis wedang asli yang terdapat kacang hijau di dalamnya.

7. Bajigur

Salah satu minuman hangat yang berasal dari Sunda ini terbuat dari gula aren dan santan dengan sedikit tambahan kolang kaling yang diiris tipis. Minuman ini biasa disajikan dengan kacang rebus, ubi rebus, dan cemilan lain yang dikukus.


Itulah beberapa minuman yang dapat kita jadikan pilihan jika sedang ingin menghangatkan tubuh di udara yang dingin. Dari beberapa minuman di atas, ada yang sudah tersedia dalam bentuk sachet (tinggal seduh), seperti bajigur, wedang jahe, dan wedang uwuh sehingga lebih praktis, tapi TS lebih memilih yang asli sih daripada yang instan itu. Menurut TS sendiri pemakaian gula batu dan gula aren pada minuman hangat, lebih nikmat jika dibandingkan dengan gula pasir biasa. Namun itu semua kembali ke selera masing-masing.


Semoga thread ini membantu ya gansis!



Spoiler for Sumber::




nona212
nona212 memberi reputasi
3
10.1K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan