Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pungcrayAvatar border
TS
pungcray
Ustaz Somad Akui Che Guevara Pernah Jadi Inspirasi Hidupnya, Ini Alasannya


Ustaz Abdul Somad kembali mengalami penolakan. Ini terjadi saat Ustaz Abdul Somad diagendakan memberikan ceramah di Semarang, Jawa Tengah. 

Salah satu ormas bernama LSM Patriot Garuda Nusantara (PGN) mengeluarkan surat edaran berisi penolakan kehadiran Ustaz Abdul Somad di Semarang, Jawa Tengah.

Mereka menolak kehadiran Ustaz Abdul Somad sebagai pembicara tabligh akbar di Semarang pada 30-31 Juli 2018. Mereka menyebut Abdul Somad sebagai corong Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Apabila Sdr Abdul Somad tetap hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut, kami Patriot Garuda Nusantara (PGN) Jateng akan melakukan aksi perlawanan," demikian tertulis dalam surat edaran itu.

Aparat kepolisian tidak menggubris edaran tersebut. Polisi tetap memberikan izin kepada Ustaz Abdul Somad untuk tetap memberikan ceramah di Semarang. 

Ustaz Abdul Somad memang sering mendapat penolakan. Pernah Ustaz Abdul Somad dipulangkan dari Hong Kong saat akan memberikan ceramah. 

Ia juga pernah ditolak memberikan ceramah di Bali. Para pendemo yang menolak kehadiran Ustaz Abdul Somad bahkan terlihat membawa senjata tajam. 

Penolakan dari beberapa kalangan ini disebabkan Ustaz Abdul Somad dituding sebagai ustaz yang mendukung paham khilafah dan menolak nasionalisme, kebangsaan. 

Selama ini Ustaz Abdul Somad diisukan sebagai ustaz radikal. Namun ia membantah semua tudingan itu. 

Ustaz Abdul Somad mengaku mendukung NKRI. Ustaz Abdul Somad memang memiliki banyak pengikut.

Ia mulai terkenal dari media sosial YouTube. Banyak yang menyukai gaya ceramah Ustaz Abdul Somad karena kocak. 

Di balik sosoknya yang religius, siapa sangka, ternyata Ustaz Abdul Somad pernah mengagumi sosok revolusioner Kuba yang menganut paham komunis, Ernesto Che Guevara. 

Kekaguman Ustaz Abdul Somad pada sosok Che Guevara pernah ia ungkapkan di dalam salah satu ceramahnya yang beredar di YouTube. 

Ustaz Abdul Somad saat itu sedang memberikan ceramah mengangkat tema tentang berbagi kepada sesama. 

Di tengah ceramahnya, tiba-tiba Ustaz Abdul Somad menyebut nama Che Guevara. 

"Saya dulu suka baca biografi orang. Sampai fotonya saya pernah saya tempel di dinding kamar saya. Che Guevara, yang pakai topi baret," ujar Ustaz Abdul Somad.

"Karena saya terpukau dengan kisah hidup dia. Dia dokter, anak orang kaya, ditinggalkannya istana bapaknya, masuk ke hutan karena tertarik ingin menyelamatkan orang kena malaria. Che Guevara pernah jadi inspirasi hidup saya. Belakangan saya tahu rupanya dia komunis. Tak berTuhan. Ternyata orang tak berTuhan pun ada kepedulian dalam hatinya," lanjut Ustaz Abdul Somad.

Siapakah sosok Che Guevara yang pernah menjadi inspirasi hidup Ustaz Abdul Somad?

Dilansir dari Wikipedia, Ernesto Guevara Lynch de La Serna, lahir di Rosario, Argentina, 14 Juni 1928. Ia meninggal di Bolivia, 9 Oktober 1967 pada umur 39 tahun.

Che Guevara adalah seorang revolusioner, dokter, pengarang, pemimpin gerilya, diplomat dan pakar teori militer Marxis Argentina. Bersama Fidel Castro, ia memimpin revolusi di Kuba.

Fidel Castro dan Che Guevara berhasil melengserkan diktator Kuba bekingan AS, Fulgencio Batista. 

Pada awal gerilya di Kuba, Che Guevara bergabung sebagai tenaga medis, bukan sebagai prajurit.

Che Guevara memanglah seorang dokter, Ia mendapatkan pendidikan kedokteran di Universitas Buoenos Aires.

Setelah lulus, Ia kemudian memilih untuk bepergian dengan sepeda motor menjelajahi Amerika Latin.

Dalam perjalanannya, Ia melihat kondisi nyata kehidupan masyarakat Amerika Latin yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Tinggal di tanah yang kaya, mereka malah hidup miskin, terbelakang, dan sederet kesusahan lainnya.

Fenomena ini kemudian menyadarkan dirinya kalau ada yang tidak beres dengan kondisi masyarakat, karena itulah, kemudian Ia memilih jalur revolusioner sebagai gerilyawan.

Che Guevara pernah mengunjungi Indonesia di masa kepemimpinan Presiden Soekarno. 

Che Guevara pun memimpin delegasi untuk hadir pada Konferensi Asia Afrika. Ia terbang menuju berbagai negara seperti Uni Emirat Arab, Jepang, Thailand, hingga akhirnya ke Indonesia.

Selama rentang Juli hingga Agustus 1959, Che berada di Indonesia dan bertemu Presiden Sukarno.

Tak hanya itu, Che Guevara juga berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Di tempat bersejarah itu, ia menjalankan hobinya di bidang fotografi.

sumber

emoticon-Wow emoticon-Wow
0
8.2K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan