banyakmikirAvatar border
TS
banyakmikir
Daging Ayam Makin Mahal
KEDIRI KOTA - Mahalnya harga daging ayam membuat permintaan pun turun drastis. Penurunan hingga 50 persen. Sebagian pedagang pun memilih tidak berjualan.

Seperi diungkapkan Dina Mariyana, 32, pedagang daging ayam di Pasar Setonobetek. “Sudah harganya naik terus, permintaan juga menurun,” terangnya. Perempuan yang akrab disapa Ana ini menjelaskan bila penjualan daging ayam saat ini tidak sebanding saat Lebaran. Padahal, saat itu, harga daging ayam Rp 40 ribu sampai Rp 44 ribu per kilogram/ Saat itu, daging ayam tetap terjual habis. “Kalau sekarang, harga Rp 37 ribu saja penjualannya tidak secepat Lebaran,” keluhnya.


Ana juga mengaku bila saat kondisi daging ayam normal, ia bisa mengambil daging ayam dari pemasok sebanyak 100 kilogram. Saat ini, dia hanya mendapat jatah 50 kilogram. Itu pun pengiriman barang terlambat. Akibatnya, banyak pedagang daging ayam yang memilih tutup. “Coba sampean hitung, pedagang daging ayam di sekitar sini tidak sebanyak biasanya,” tuturnya sambil menunjuk lapak pedagang daging ayam yang sepi.

Untuk diketahui, saat ini harga daging ayam bekisar Rp 37 ribu sampai Rp 40 ribu untuk satu kilogram. “Ya walaupun ada harga khusus untuk pelanggan daging ayam, tapi masih kategori mahal,” terang Tya Septika, 30, pedagang daging ayam lainnya.

Ia mengakui juga bila harga daging ayam yang mahal, disebabkan oleh stok daging ayam yang terbatas. Di mana musim dingin, banyak ayam yang tidak sehat dan mati, sehingga memengaruhi produksi daging ayam hingga telur ayam.

Tya juga mengakui bila harga pakan ayam juga mengalami kenaikan harga, sehingga pihak peternak ayam otomatis ikut menaikan harga daging ayam ternaknya.

Kenaikan harga komoditas ini diakui Tya berdampak pada penjualan daging ayam yang menurun sampai 40 persen dari hari-hari biasanya. Hal ini juga berdampak pada menurunnya jumlah pedagang daging ayam di pasar. “Kalau mereka tidak kebagian daging ayam dari pemasok. Otomatis Mereka nggak jualan,” tegasnya. Tya menjual daging ayamnya antara Rp 37 ribu hingga Rp 38 ribu per kilogram.

(rk/fiz/die/JPR)

https://radarkediri.jawapos.com/read/2018/08/01/91560/daging-ayam-makin-mahal

Makanya tawarr atau ternak sendiri atau ganti makan daging yg lain emoticon-Big Grin
tien212700
tien212700 memberi reputasi
0
1.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan