Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Mahfud MD Bongkar Alasan Demokrat Merapat ke Koalisi di Luar Jokowi
Mahfud MD Bongkar Alasan Demokrat Merapat ke Koalisi di Luar Jokowi

Jakarta – Bergabungnya Partai Demokrat ke koalisi di luar pendukung Joko Widodo bukan tanpa sebab. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD membongkar alasan Demokrat memutuskan demikian.

Menurut anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, alasan merapatnya Demokrat demi meraih “tiket” di Pemilihan Presiden 2024. Berdasarkan Pasal 235 ayat 5 Undang-Undang Pemilu, partai politik yang tidak memiliki atau mengajukan calon presiden atau wakil presiden tidak diperkenankan mengikuti Pemilihan Presiden 2024.


“Oleh karena itu, ya digalang kekuatan itu agar dapat mencalonkan (presiden/wapres di Pilpres 2024). Kalau enggak mau dukung Pak Jokowi, ya buat sendiri,” tutur Mahfud.


Menurut Mahfud, pihak Demokrat dan Susilo Bambang Yudhoyono telah menghitung semua kemungkinannya. Yudhoyono dan partainya tak mau menjadi penyerta saja.


“Pak SBY enggak mau sebagai penyerta saja, tetapi juga menjadi pelaku utama. Makanya, beliau melakukan itu dan sah adanya,” imbuh mantan Ketua MK ini.


Mahfud Nilai Alasan Demokrat Sah-Sah Saja, Nanti Rakyat yang Memilih

Bagi Mahfud MD, dirinya tak mempersoalkan langkah Demokrat bergabung di koalisi di luar pendukung Jokowi. “Itu hak politik yang mendinamisasi perkembangan politik saat ini. Saya kita tidak apa-apa. Yang penting semuanya dalam batas konstitusional. Ya, silakan saja. Nanti kan rakyat yang memilih sendiri,” ujar Mahfud.

Nama mantan Ketua Mk ini kerap dikait-kaitkan sebagai bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019 mendatang. Berbagai pihak menganggap sosok Mahfud ini punya kriteria yang cocok sebagai pendamping Jokowi.

Mahfud punya pengalaman lengkap di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Di pemerintahan, ia pernah menjadi menteri. Di yudikatif, ia pernah pula menjadi anggota DPR RI. Di level yudikatif, ia pernah menjabat sebagai Ketua MK.

Selama menjabat, Mahfud pun terkenal dengan integritasnya. Ia tak pernah tersangkut kasus hukum. Rekam jejak inilah yang membuat elemen masyarakat mendorong Mahfud untuk maju. Salah satunya, elemen masyarakat Jawa Timur yang membentuk Relawan Jokowi-Mahfud.

Sumber

0
8.3K
55
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan