feeldaiyoAvatar border
TS
feeldaiyo
Yuk Kita Ubah Habit Buruk Kita Dengan The Golden Rule of Habit Change


Assalamualaikum Gan !
Di thread kali ini ane mau berbagi ilmu dan pengalaman nih gan, tentang Habit atau Kebiasaan. Menurut TS, Habit aganlah yang mendefinisikan diri agan sekalian. Kebiasaan baik membuat diri agan menjadi orang yang baik, dan berlaku sebaliknya. Nah di sini ane mau share apa sih Habit atau kebiasaan itu, bagaimana cara membuat atau mengubah Habit, dan di akhir nanti ane mau coba sedikit memberikan tips buat agan coba untuk mengubah Habit buruk agan nih hehe emoticon-Big Grin. Langsung aja baca gan.







Habit atau kebiasaan merupakan serangkaian aktivitas yang kita lakukan tanpa adanya proses Decision Making. Ini seperti tubuh kita berada dalam keadaan auto-pilot terhadap hal yang kita pilih, yang kita lakukan, bahkan yang kita hindari. Nah, tanpa agan semua sadari, habit agan jauh lebih berperan dari apa yang agan duga. Mungkin agan berpikir bahwa kecerdasan, kemampuan decision making, atau skills lainnya yang menunjang kesuksesan agan. Tapi percaya atau tidak, habit agan sekalian berperan dalam 40% kegiatan yang agan lakukan gan, tanpa melalui pengambilan keputusan secara sadar.


Jadi sangat penting untuk memiliki dan menjaga kebiasaan atau habit yang baik. Banyak mungkin dari kita yang saat ini lebih senang untuk bermain video games dibandingkan dengan work-out yang jauh lebih sehat atau mungkin lebih parah lagi menjadi seorang alkoholik. Nah, kebiasaan ini sebaiknya diubah untuk meraih hidup yang lebih tertata dan baik. Oleh karena itu, ilmu tentang habit ini menarik untuk diketahui. Karena apabila kita mengetahui bagaimana habit bekerja, maka kita bisa manipulasi, kita ubah, dan kita tanamkan kebiasaan kebiasaan bagus di diri kita.





 
Habit Loop




 
Hal yang agan perlu ketahui pertama adalah teori Lingkaran Kebiasaan atau Habit Loop.
Bagaimana sebuah kegiatan menjadi sebuah kebiasaan? Hal ini karena sebuah kebiasaan memenuhi unsur-unsur di dalam habit loop ini.
Oke pernahkah anda berpikir mengapa lebih mudah untuk membuat kegiatan seperti surfing cideo di youtube menjadi habit dibandingkan dengan aktivitas lari pagi? Well, ini ada hubungannya dengan bagaimana suatu habit dapat terbentuk. Jangan salah gan, ngga semua hal yang kita inginkan dapat kita buat jadi kebiasaan. Ada beberapa hal penting yang harus dimiliki oleh suatu kegiatan supaya bisa menjadi kebiasaan atau habit.

Sekarang agan coba lihat gambar di bawah ini ya.



 
Nah, menurut hasil riset para pakar habit (banyak banget gan research tentang habit ini, kalau agan tertarik bisa banget coba baca2), untuk membentuk suatu kegiatan menjadi habit diperlukan minimal 4 hal yang membentuk suatu habit loop.

  1. Obvious Cue (Tanda yang jelas).Cue ini adalah kejadian yang apabila kita alami maka akan mentrigger suatu rentetan aktivitas. Gampangnya gini gan, di waktu kapan kira-kira agan bersihin motor? Jelas ketika motor agan udah kotor kan. Nah, dengan Cue “Motor Kotor” maka agan akan melakukan kegiatan “mencuci motor”. Semua kegiatan memiliki Cue yang akan memicu kita melakukan action. Nah untuk membuat suatu habit, agan perlu mendefinisikan dan mencari cue yang jelas dan nyata.

  2. Routine. Routine ini adalah kegiatan yang akan menjadi sebuah habit nantinya dalam sistem habit loop ini. Routine juga lah yang mendefinsikan suatu kebiasaan baik atau buruk. Walaupun dengan cue dan reward yang sama, seseorang dapat memiliki routine yang berbeda-beda.
    Quote:


  3. Clear Reward (Hadiah).Nah, ketika seseorang berhasil melaksankan Routine yang tepat, maka ia akan mendapatkan Reward dari kebiasannya tersebut. Suatu kegiatan apabila ingin menjadi suatu kebiasaan maka wajib hukumnya memiliki dampak yang rewarding bagi si pelaku. Apabila routine yang mereka jalankan memberikan mereka perasaan yang mereka ingin dapatkan maka sesuatu tersebut akan berkemungkinan besar dilakukan kembali berikutnya.
     
    Tapi hati-hati, poin yang agan harus perhatikan bukanlah reward yang besar. Kebiasaan meminum alkohol misalnya, memberikan reward berupa kebebasan yang sebebas-bebasnya (keadaan tipsi). Tapi perlu diperhatikan bahwa routine lah yang akan memberikan dampak sebenarnya, bukan reward yang memberikan ‘hasil sesaat’.
    Quote:


  4. Craving Sensation (Sensasi Menagih).Ibaratkan hal ini sebagai bahan bakar dalam suatu Habit Loop. Ngga semua reward akan memberikan Craving Sensation ini gan. Menurut agan mengapa seseorang memiliki kebiasaan bermain Video Games? Ya, karena rewardnya adalah mendapatkan perasaan ‘senang’. Tapi selain itu ada reward lain yang menimbulkan ‘craving sensation’ kepada seseorang, yaitu kepuasan ketika mendapatkan kemenangan atau kepuasan mencapai target.  Perasaan itu, kepuasan meraih kemenangan dan target lah yang memberikan seseorang sensasi ‘ketagihan’ yang akan membuat bermain video games menjadi kebiasaan orang tersebut. Hal ini juga lah yang menjadi alasan mengapa susah sekali untuk membangun kebiasaan belajar , karena reward menjadi pintar tidak memberikan ‘craving sensation’ kepada banyak orang. So, ini penting banget untuk diketahui kalau agan mau merubah atau membangun sebuah habit.



Jadi keempat hal di atas itu gengs yang menjadi dasar atau pondisi sebuah habit. Keempat hal di atas bekerja. Coba deh agan inget-inget kebiasaan agan2. Pasti akan ada 4 unsur ini yang bekerja membuat hal tersebut menjadi kebiasaan. Ketika kita paham hal ini, kita bisa melakukan banyak banget hal gan. Kita bisa memanfaatkan sifat habit ini untuk memasarkan produk kita, membuat peluang kerja, dan membentuk kebiasaan baik pada diri kita.
Nah, sekarang mari kita bahas cara merubah suatu kebiasaan dengan The Golden Rule of Habit Change.





 
The Golden Rule of Habit Change




Ketika ane pertama baca buku tentang habit dan mengerti hal di atas, yang ane langsung pikirkan adalah ketika kita mau mengubah habit yang buruk, maka bukankah kita hanya perlu menghindari cue yang memulia routine yang buruk tersebut? Kalau ngga ada cuenya maka routine tidak akan muncul bukan? Tapi hal tersebut, menurut para pakar habit bukan hal yang paling tepat gan. Hal yang paling tepat untuk mengubah suatu habit adalah dengan mengikuti The Golden Rule of Habit Change




Quote:


Ya, hal yang perlu agan lakukan adalah ubah routine dari habit yang agan sudah punya.Mengubah cue dan reward yang sudah menjadi habit agan semua sangatlah sulit. Jauh lebih sulit daripada mengubah routine yang sudah ada. Oleh karena itu, bunyi The Golden Rule of Habit Change adalah dengan mengubah routine suatu habit, tanpa mengubah cue atau reward yang ada.


Ane cuma mau ngasih contoh aja nih buat yang ini gan. Misalkan kebiasaan yang established adalah menggigit kuku (nail bitting). Kebiasaan ini termasuk salah satu yang merusak gan, selain ya ngga enak buat dilihat ini juga gabaik buat kesehatan kalau udh ekstrem. Agan coba definisikan cue dan rewardnya. Ternyata cue yang didapatkan adalah adanya rasa tegangan di ujung ujung jari dan rewardnya adalah hilangnya rasa tegangan tersebut. Oleh karena itu, setiap kali agan merasakan rasa tersebut di ujung jari agan, masukan lah tangan ke saku atau hal lain yang mencegah kita untuk bisa menggigit jari.


Contoh lain, misalkan kebiasaan merokok. Agan coba definisikan cue dan rewardnya. Ternyata setelah agan cari tahu lanjut, agan mulai merokok ketika mulut terasa asam misalkan, atau ketika merasa bosan atau stress, atau bahkan ketika bersosialisasi dengan teman nongkrong. Reward yang didapatkan juga definisikan, apakah untuk mendapatkan stimulasi atau mengurangi stress. Kemudian ubah routine yang ada (merokok). Beberapa penelitian mengatakan bahwa kopi dapat berguna untuk membantu mendukung usaha berhenti merokok karena memberikan reward yang sama.






Tips Dari TS




Memang terdengar mudah untuk dipelajari, tapi sulit untuk dilakukan. Tapi menurut ane, akan lebih baik agan tahu akan suatu hal agar bisa memulai melakukan sesuatu. Masih banyak lagi sebenernya hal yang harus diketahui dari habit dan cara mengubahnya ini. Tapi buat sekarang mungkin yang ane bisa kasih adalah beberapa tips supaya agan bisa merubah Kebiasaan Buruk pada diri agan.


  1. Tulis segala kebiasaan buruk yang agan ingin ubah dan buat rancangan tertulis untuk merubahnya.Studi menunjukkan bahwa dengan menulis sesuatu, secara tidak sadar kita akan lebih siap untuk melakukan hal yang kita tulis dibandingkan dengan hanya memikirkannya saja. Jadi buat agan-agan, karena udah tau sedikit nih gan tentang Habit Loop dan The Golden Rule of Habit Change, agan bisa mulai menulis kebiasaan agan, definisikan cue dan rewardnya, lalu tulis plan of action ke depan untuk merubah kebiasaan tersebut. Ane udah nyoba dan hasilnya lumayan membantu gan dengan menulis.

  2. Percayalah agan mampu untuk merubah kebiasaan buruk agan. Nah mungkin satu hal yang ane belum sebutin di atas adalah kalau ingin merubah kebiasaan, dibutuhkan belief atau kepercayaan gan. Kepercayaan pada agama dan tuhan yang menyatakan bahwa kebiasaan yang agan miliki itu salah juga membantu untuk merubah hal tersebut.

  3. Ajaklah orang untuk ikut berubah bersama. Studi menunjukkan bahwa komunitas yang memiliki tujuan yang sama, mampu memudahkan kita untuk merubah kebiasaan kita. So, buatlah komunitas dimana agan-agan bersama dengan orang-orang dengan tujuan yang sama. Mau punya kebiasaan lari sore? Ajaklah temen agan atau kolega buat ikutan lari sore dan semacamnya.

  4. Berikan sedikit ‘Hadiah Kecil’ apabila berhasil melakukan rencana perubahannya. Self Rewarding bisa jadi hal kecil yang akan membantu agan dalam fase perubahan gan. Buatlah perjanjian dengan diri sendiri. Semisal, ketika agan sudah berhasil berhenti merokok selama satu minggu, buatlah janji pada diri agan untuk jalan-jalan sama orang yang agan cintai. Hal-hal semacam ini udah ane coba dan yah hasilnya sangat membantu emoticon-Big Grin.

 



Itu aja gan yang bisa ane share soal habit dan cara merubahnya. Ane juga bukan pakar soal Habit ini, ane juga belum jadi orang yang bener kok gan. Tapi ane pikir hal kayak gini itu penting dimiliki sama semua orang. Bayangin kalau setiap orang udah ngga punya kebiasaan buang sampah sembarangan, tidur kesiangan, atau kebiasaan telat kerja atau meeting, ane percaya Indonesia bakal jadi negara yang bersih dan sangat produktif gan! Ane harap semoga hal ini bisa bermanfaat buat agan ke depannya.
Karena sukses itu bukan soal satu momen besar yang merubah segalanya, tapi dari momen-momen kecil sehari-hari yang membangun semuanya.


Quote:


Quote:



Spoiler for "Sumur":


.FeelDaiyo.Copyrighted.2017.
All Rights Reserved
Diubah oleh feeldaiyo 11-08-2018 13:35
0
12.6K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan