dewismangulo95Avatar border
TS
dewismangulo95
Bukan Brastagi Atau Puncak Bogor, Ini Kota Terdingin Yang Ada Di Indonesia

Puncak Jaya Wijaya dan penampakan Kota Mulia Provinsi Papua


Di Indonesia banyak orang bilang Dieng, Brastagi, Puncak Bogor adalah daerah terdingin. Namun ternyata anggapan ini kurang tepat karena daerah terdingin di Indonesia berada di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Distrik Mulia dan Kota Mulia adalah dua kota yang bisa dibilang terdingin di Indonesia.

Dua wilayah tersebut jadi wilayah terdingin karena pemukiman penduduknya berada di ketinggian 2.448 mil di atas permukaan laut, dan menjadi kota dengan daratan tertinggi di Indonesia. Luas wilayahnya 883 kilometer persegi dan jumlah penduduknya mencapai sekitar 24.649 jiwa.

Pada siang hari Kota tersebut mencapai 15 derajat celcius sedangkan malam hari, suhunya mencapai 9 derajat celcius. Wah, sangat dingin dan bikin menggigil. Bahkan karena jaraknya yang tak jauh dari pegunungan Jaya Wijaya membuat suhu udaranya turun hingga titik beku, alias nol derajat celcius.
Selain itu, curah hujan di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya ini menurut BMKG terjadi hampir setiap tahun.

Lokasi kota ini kurang lebih satu jam dari Kota Jayapura menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang mampu memuat sembilan orang penumpang. Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat.

Sedangkan untuk jalur darat membutuhkan waktu 16 jam. Perjalanan daratnya cukup menyulitkan karena jalan berupa tanah dan bebatuan. Bajkan melewati bukit dan jurang curam di kanan kirinya.

Nah, selain itu daerah ini juga dikenal dengan daerah konflik antarawarga setempat. Sehingga mulai pukul 06.00 sore warga dilarang untuk keluar rumah.

Lihat juga KOTA TERDINGIN YANG ADA DI INDONESIA ;




Editor : Dewisman Gulo
Sumber : Media
Diubah oleh dewismangulo95 10-04-2021 16:48
0
3.2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan