CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b59cc41ddd77083078b4567/banyak-bangun-infrastruktur-bumn-mengalami-kemajuan-di-era-jokowi

Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar membangun aneka infrastruktur di dalam negeri, mulai dari jalan tol hingga pembangkit listrik.

Proyek-proyek ini rata-rata dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Para perusahaan pelat merah ini tentu tidak sepenuhnya menggunakan uang kas sendiri untuk proyek, kekurangan dananya ditutup memakai utang.

Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi

Dengan proyek infrastruktur yang gencar, masih amankah utang BUMN? Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bidang Ekonomi, Ahmad Erani Yustika, mengatakan saat ini utang BUMN masih aman.

Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi

Berikut ini jumlah uang BUMN dalam delapan tahun terakhir dikutip dari Bank Indonesia (BI):

2010: Rp 174,7 triliun
2011: Rp 222,1 triliun tumbuh 27,13%
2012: Rp 304,3 triliun tumbuh 37,01%
2013: Rp 465,6 triliun tumbuh 52,01%
2014: Rp 504,6 triliun tumbuh 8,38%

2015: Rp 524,6 triliun tumbuh 3,96%
2016: Rp 581,9 triliun tumbuh 10,92%
2017: Rp 632,6 triliun tumbuh 8,71%
2018: Rp 648,1 triliun tumbuh 2,45%

Menurut Erani, sejak 2014 bisa dilihat pertumbuhan utang BUMN tidak sebesar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata double digit. Ia memperkirakan, pertumbuhan utang yang tidak terlalu besar ini bisa jadi didorong oleh dua faktor.

Pertama, tidak banyak proyek yang membutuhkan utang. Kedua, laba BUMN-nya sudah tinggi sehingga ada uang kas yang bisa digunakan untuk menjalankan proyek.

"Kami sudah bikin analisis untuk Wijaya Karya, BUMN konstruksi, sudah kami cek ke BUMN infrastruktur. Justru semua naik labanya," kata Erani saat berkunjung ke markas detikcom, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2018).

"Beberapa tahun terakhir ini naiknya tidak besar. Jadi tidak ada masalah, semua aman," jelasnya.

https://finance.detik.com/berita-eko...-utang-bumn-ri

Makin maju emoticon-2 Jempol
Tambahan
Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi

Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/04/laba-bersih-bumn-2014-2016
Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi

Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi
Kinerja cemerlang BUMN karya pada kuartal pertama 2018
15:53 WIB - Kamis, 07 Juni 2018

Enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karya atau yang bergerak di bidang infrastruktur menorehkan kinerja cemerlang sepanjang kuartal I tahun 2018. Keenam BUMN dimaksud adalah PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Pertumbuhan aset keenam BUMN tersebut berada pada angka 55,98 persen dengan rata-rata pertumbuhan liabilitas mencapai 72,77 persen jika dibandingkan dengan periode serupa tahun lalu.

Waskita Karya tercatat berhasil membukukan kenaikan pendapatan sebesar 68,65 persen pada kuartal pertama 2018 secara tahunan (year-on-year/yoy) dengan perolehan laba mencapai Rp1,7 triliun. Capaian tersebut membuat perusahaan yang tengah menggarap proyek Light Rapid Transit (LRT) di Palembang itu paling tinggi jika dibandingkan dengan torehan laba lima BUMN karya lainnya.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh operator jalan tol Jasa Marga yang mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar Rp9,6 triliun atau meningkat 92,8 persen dibanding kuartal I tahun 2017.

Perseroan berkode emiten JSMR tersebut mencetak laba bersih sebesar Rp560 miliar atau naik 6,53 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp547,25 miliar.

Sementara itu, Wijaya Karya berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan 64 persen menjadi Rp6,2 triliun. Emiten berkode WIKA itu pun meraup laba bersih Rp215 miliar.

Hutama Karya mencatat kenaikan pendapatan 110 persen menjadi Rp4,8 triliun. Perseroan berhasil mencetak laba bersih Rp200 miliar.

PT PP juga berhasil mencatatkan pendapatan Rp3,6 triliun atau tumbuh 26 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Laba bersih perseroan pun turut terkerek 26 persen menjadi Rp204 miliar.

Di posisi keenam terdapat Adhi Karya yang meraup pendapatan Rp3,1 triliun atau tumbuh 92,8 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama.

Selain pertumbuhan aset, ekuitas keenam perusahaan ini pun bertumbuh cukup baik. Ekuitas Hutama Karya naik menjadi Rp8,7 triliun dibandingkan capaian periode sama tahun lalu yang sebesar Rp7,6 triliun.

Ekuitas Waskita naik menjadi Rp 24,4 triliun dibandingkan capaian periode sama tahun lalu yang sebesar Rp20,2 triliun. Sementara ekuitas WIKA naik menjadi Rp14,7 triliun dibandingkan kuartal I 2017 yang sebesar Rp12,7 triliun.

Begitupun dengan Adhi Karya, PTPP, dan Jasa Marga. Hingga 31 Maret 2018, ekuitas ketiga emiten masing-masing sebesar Rp5,9 triliun, Rp14,6 triliun, dan Rp18,9 triliun.

Capaian ini tumbuh cukup baik dibanding periode sama tahun lalu. Saat itu ekuitas Adhi Karya berada di angka Rp5,3 triliun, PTPP Rp10,6 triliun dan Jasa Marga Rp16,4 triliun.

Menanggapi hasil kinerja tersebut, Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang mengatakan bahwa pemerintah akan terus mengawasi kinerja perusahaan pelat merah dalam menjaga kesehatan keuangannya.

Keenam BUMN tersebut diketahui tengah mengemban tugas pembangunan infrastruktur yang dirancang oleh pemerintah dengan nilai proyek yang sangat besar.

Ahmad menambahkan, Kementerian BUMN juga terus mengikuti perkembangan keuangan perusahaan-perusahaan tersebut. Itu termasuk mengawasi dan membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada baik tagihan dana talangan maupun alternatif pendanaan.

"Salah satu yang sudah kami lakukan adalah fasilitas pendanaan reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) ruas tol Waskita Karya dan Jasa Marga, serta mengupayakan pembayaran proyek infrastruktur LRT Palembang yang ditalangi Waskita Karya selaku kontraktor," ungkap Ahmad dalam keterangan resmi, Kamis (7/6/2018).

Untuk semester II tahun ini, sejumlah emiten kontraktor pelat merah tengah mengincar dana hingga Rp5,25 triliun melalui pasar modal untuk memenuhi kebutuhan investasi dan pembiayaan dana.

https://beritagar.id/artikel/berita/kinerja-cemerlang-bumn-karya-pada-kuartal-pertama-2018
Jokohh gitu lhoooo emoticon-Big Grin
jadi gini.. infrastruktur adalah pemasangan waring (logika nasbungtaik)

leh uga
Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
hoax yg membangun

flanga flongo

antek fekaih

antek aseng




















dah mirip belum?
jd gini, merauke sekarang berada si barat indonesia
Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi

emoticon-Wow
Diubah oleh ba4425vt
hoax yg membangun

dgn aset yg gede, dan utang yg ugal2an yg dirasakan pemerintah berikutnya
cuma ngasilin produktivitas yg sekian persen, bener2 kecelakaan sejarah.
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan gelontoran anggaran besar yang dilakukan pemerintah 10 tahun belakangan ini belum memberikan manfaat besar ke ekonomi dalam negeri.

Terbukti, walaupun anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) selama 10 tahun belakangan ini sudah naik 100 persen dari Rp1.000 triliun menjadi Rp2.200 triliun, ekonomi tetap tumbuh sama saja.



Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi



"Ekonomi hanya tumbuh sekitar lima persen saja," katanya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah 2018 di Jakarta, Selasa (17/7).

JK mengatakan rendahnya manfaat anggaran ke pertumbuhan tersebut terjadi karena anggaran lebih banyak digunakan untuk belanja barang ketimbang modal.

"Tahun ini, anggaran belanja barang Rp300 triliun, belanja modal Rp200 triliun, beda Rp100 triliun," katanya.

Masalah juga dipicu perencanaan dan pengawasan pembangunan yang lemah.



Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi



Menurutnya dua proses tersebut saat ini masih perlu ditingkatkan agar anggaran tersebut bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meratakan pembangunan di seluruh Indonesia.


JK mengatakan pemerintah saat ini sudah mempunyai Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kepolisian, kejaksaan dan KPK agar pengawasan tersebut bisa dilakukan.



Banyak Bangun Infrastruktur, BUMN Mengalami Kemajuan di Era Jokowi




Lembaga tersebut memiliki kewenangan luas, seperti melakukan audit, asistensi, evaluasi, pengawasan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), pendidikan serta pelatihan.

Dengan kewenangan tersebut kata JK, kinerja pengawasan pengelolaan anggaran bisa ditingkatkan sehingga potensi penyelewengan penggunaannya bisa dicegah.


https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...mbuhan-ekonomi


emoticon-Malu
ah yang bener
kampret mana mudeng yg begini

emoticon-Ngakak
sebagai warga indonesia kita perlu membantunya dengan cara selalu mensupport dan ikut aktif dalam program - programnya..
beliau bukan seorang dewa yang dapat melakukan segala hal, beliau juga perlu bantuan kita semua untuk membantu target - target beliau..
salam indonesia bersatu..
sabun citra ato piala citra
yg paling gede tahun 2013.. tumbuh 52%..
sapa presiden nya wkt itu? sorry ane mendadak amnesia emoticon-Embarrassment
kita tunggu penyerahan piala citra
atas pencapaian & pencitraannya

emoticon-Leh Uga
Quote:


eh serius nih ternyata beras import menurun, eksport naik yaaah.. gak kayak kata nasbung nasbung dimari
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Balasan post gloria12
Quote:


Yoi gan, klo nasbungtengik emang matanya udah ketutup kebencian


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di