Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dybala.maskAvatar border
TS
dybala.mask
[Cek Fakta] Benarkah Anies Baswedan Merancang Revitalisasi Lapangan Banteng dari Nol?
Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan proyek revitalisasi Lapangan Banteng, 25 Juli 2018. Revitalisasi itu memakan waktu sekitar satu tahun.

Perencanaannya muncul di masa kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sementara peletakan batu pertama dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono dan prasasti ditandatangi oleh Anies Baswedan.

Sebuah potongan video yang berisi pidato Anies Baswedan yang diduga saat meresmikan Lapangan Banteng beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 34 detik, Anies mengemukaan sebuah pernyataan yang mengundang protes dari sejumlah orang.

"Yang merancang dan menyiapkan grand design dari nol," sebut Anies.


Ramai di Media Sosial

Pernyataan Anies tersebut pun mengundang keriuhan di media sosial. Sejumlah warganet menyebut, revitalisasi Lapangan Banteng digagas oleh Ahok.

Salah satunya, akun Twitter @narkosun yang menyebut, proyek itu dirancang Pemerintah Provinsi DKI di bawah kepimpinan Ahok.

VIDEO Pidato Anies, cek disini:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/r...nteng-dari-nol

Narko
@narkosun
Kalo keberhasilan diklaim dia yg rancang dari nol, giliran yg jelek² salah pemimpin terdahulu.

Emak² aja tau klo lapangan Banteng itu dirancang pemrov zaman Ahok.

9:25 AM - Jul 26, 2018
20
26 people are talking about this
Twitter Ads info and privacy

wahyu
@w_sp9
Yang ujug-ujug ngaku ngrancang revitalisasi lapangan Banteng dari nol juga ada. Yang baik diaku, yang jelek nyalahin orang lain.
9:24 AM - Jul 26, 2018
See wahyu's other Tweets
Twitter Ads info and privacy


Adapun renovasi lapangan Banteng ini menggunakan dana swasta, yakni dana dari koefisien lantai bangunan PT Sinarmas dan CSR PT Rekso.

Lapangan Banteng kini tidak hanya terdiri dari taman, melainkan tempat pertunjukan seni budaya, lapangan olahraga, tempat bermain anak dan arena lari.

Namun, pada saat peresmian, sekelompok warga yang berada di kursi penonton meneriakkan "Hidup Ahok". Menanggapi hal tersebut, Anies mengatakan semua masyarakat punya hak menikmati suasana Lapangan Banteng.

"Setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk menikmati tempat ini dan mudah-mudahan tempat ini menjadi tempat interaksi bagi semuanya, dengan latar belakang apa pun dan pandangan apa pun," kata Anies di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2018) malam.

Kesaksian Seorang Warganet

Seorang warganet bernama Ryan Gozali mengaku terlibat langsung dalam pemugaran Lapangan Banteng. Dalam unggahannya di Instagram, dia mengaku bangga terlibat langsung dalam pemugaran yang digagas oleh Ahok tersebut.

Unggahan bertanggal 17 Maret 2017 itu pun memuat foto Ryan bersama replika Lapangan Banteng. Unggahan itu disukai oleh 826 warganet.


Selain di Instagram, Ryan pun memaparkan kekecewaannya terhadap Anies Baswedan yang mengaku, merancang revitalisasi Lapangan Banteng dari awal.

Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono


Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan, peletakan batu pertama (groundbreaking) revitalisasi Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, akan dilakukan pada Jumat, 17 Maret 2017 mendatang.

"Sudah mulai dilakukan (revitalisasi), saat ini masuk tahap satu yaitu tahap pembangunan pagar terlebih dahulu. Jumat pagi groundbreaking sekaligus," kata pria karib disapa Soni di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2017).

Sumarsono menjelaskan, ada empat bagian yang akan direvitalisasi dari Lapangan Banteng. Yakni, pagar, tugu, lapangan, dan taman.

"Yang sudah jelas itu pagar, tugu dan lapangan. Skema pembiayaan untuk pagar ini Rp 6,5 miliar. Ini ada (biaya) dari koefisien luas bangunan (KLB) sudah disiapkan, jadi bukan dari APBD. Dana untuk (revitalisasi) lapangan disiapkan anggaran sekitar Rp 6,3 miliar," jelas Sumarsono.

Mengenai tugu dan taman, Sumarsono mengaku, masih tahap pembicaraan dengan pihak swasta yakni Sinarmas Hadi. Sebab, hal tersebut menyangkut dana atau pembiayaan.

Ia mengungkapkan, Lapangan Banteng nantinya akan menyediakan berbagai fasilitas yang terbilang lengkap. Tujuannya, menurutnya, agar para pemuda Jakarta dapat mengisi waktu luangnya dengan hal positif.

"Lengkap (fasilitas) dengan mandi air panas, cafetaria juga ada. Mulai kopi, ada UMKM juga, jual makanan minuman, tempat nongkrong. Semua kawasan dipagari seperti di Monas ini, di dalamnya ada lapangan bola, lapangan basket biar generasi muda disalurkan di situ," tandas Sumarsono.

Keterangan Ahok, 6 Maret 2017

Ahok sempat menitipkan sembilan poin pekerjaan kepada Plt Gubernur DKI Sumarsono. Titipan itu diberikan saat Ahok resmi cuti kampanye putaran kedua Pilkada DKI 2017.

Pertama, Ahok meminta agar fokus pembelian tanah untuk Ruang Publik Terpadu Ranah Anak (RPTRA). "Kami fokus mendorong setiap kota tiap RW kami ingin ada RPTRA. Sehingga kita akan fokuskan untuk beli banyak tanah," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin 6 Maret 2017.

Kedua, Ahok ingin Jakarta Creative Hub (JCH) diterapkan di setiap kecamatan. Kemudian, poin ketiga dia menitipkan soal pembangunan area bermain skateboard seperti Kalijodo di Simatupang, Jakarta Selatan.

"Tapi nanti kita mau desain yang berbeda. Jadi. Kita akan segera selesaikan dan bangun tempat destinasi wisata," ungkap Ahok.

Keempat, mantan Bupati Belitung Timur menitipkan soal makam Mbah Priok yang baru saja diresmikan jadi cagar budaya. Kelima, Ahok menitipkan renovasi Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Ahok ingin agar Lapangan Banteng bisa ditanami rumput sintesis berskala Internasional.

"Kita mau patung Pembebasan Irian Barat di sana bisa jadi destinasi wisata baru," ungkap Ahok.

Keenam, Ahok menitipkan percepatan pembangunan Masjid Raya. "Mohon dimonitor pak. Harusnya sudah bisa diresmikan tapi lagi pembenahan," ucap Ahok.

Ketujuh, Ahok menitipkan soal penarikan angkot dengan sistem beli putus oleh Transjakarta. Kedelapan, Ahok juga menitipkan kinerja BUMD PT Foodstation Tjipinang dalam melakukan operasi pasar.

Terakhir, Ahok menitipkan jalannya Musrembang kota kepada Sumarsono. "Pak Soni kan kerjanya lebih gila dari saya," ungkap Ahok seraya tertawa.

Soni mengaku agak kaget dengan banyaknya titipan Ahok.

"Apa yang disampaikan Pak Ahok tadi melebihi yang saya bayangkan, saya kira hanya dua sampai tiga poin, ternyata ada sembilan poin," ujar Soni kemudian tertawa.

Kesimpulan

Berdasarkan data-data dan sejumlah pemberitaan di Liputan6.com, bisa dipastikan jika Anies Baswedan tidak merancang revitalisasi Lapangan Banteng dari nol. Alasannya, sebelum Anies dilantik sebagai Gubernur DKI pada 16 Oktober 2017, peletakan batu pertama sudah dilakukan oleh Sumarsono. Selain itu, revitalisasi Lapangan Banteng menjadi salah satu titipan Ahok ke Sumarsono sebelum dia mengambil masa cuti kampanye Pilgub DKI.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/r...nteng-dari-nol
Diubah oleh dybala.mask 26-07-2018 14:26
0
2.9K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan