Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maritimindonesiAvatar border
TS
maritimindonesi
11 Tempat Rafting Terbaik di Indonesia, memacu Adrenalinmu ?


Sekilas Tentang Rafting/Arung Jeram
Tempat Rafting Terbaik di Indonesia –  Rafting atau Arung jeram adalah aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang memiliki riam, dengan menggunakan alat tertentu. Umumnya dalam pengarungan sungai berjeram / riam adalah mengunakan alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung.

Bila kamu bosan dengan destinasi liburan yang selalu berakhir ke gunung, pantai, wisata kuliner, bahkan pergi mengunjungi mall? Jika benar Anda bosan, kini saatnya mencoba liburan dengan cara baru yang ekstrim yakni arung jeram atau rafting!

Aktivitas di luar ruangan yang satu ini memadukan unsur edukasi, kekompakan dan petualangan. Nah, untuk mencoba kegiatan yang satu ini, Maritimadventure.com memiliki beberapa rekomendasi tempat rafting terbaik yang pasti akan memacu Adrenalinmu. Cekidot !
1. Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Pulau Kalimantan dikenal memiliki sungai-sungai yang lebar. Bagi masyarakat Kalimantan, adalah hal yang biasa bepergian menggunakan perahu yang melintas di atas sungai. Meski demikian, Kalimatan juga punya sungai yang friendly untuk penggemar arung jeram. 

Salah satu sungai tersebut adalah sungai Lamandau di propinsi Kalimantan Tengah. Tempat rafting terbaik biasa dilakukan di Sungai Lamandau via desa Riam Tinggi, kecamatan Delang, kabupaten Lamandau. Pemandangan yang disajikan ketika melakukan rafting di sungai Lamandau ini sangat indah.

Baca juga : Paket Rafting Cisadane Bogor Pancawati

2. Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Tempat rafting terbaik di Indonesia tidak lengkap tanpa rafting Citarik. Lokasi arung jeram ini akan memanjakan matamu dengan pemandangan indah dan udara segar. 

Jika Anda ingin bermain arung jeram sembari melihat pemandangan yang indah dan udara segar, segeralah menuju Sungai Citarik yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan hingga III dan memiliki debit air yang cukup banyak dan kondisi air yang bersih.
3. Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Sungai Pakelan merupakan lokasi arung jeram yang sangat indah, airnya jernih, dan alamnya sangat eksotis. Sungai Pekalen terletak di Dusun Angin-Angin dan rutenya berakhir di Desa Pesawahan atau Desa Condong. Bagi para pecinta arung jeram, lokasi ini memiliki tingkat kesulitan III sampai IV. Rute arung jeram di Pakelan memiliki 3 tahap yakni Pekalen atas sejauh 12 kilometer, Pekalen tengah sejauh 7 kilometer, dan Pekalen bawah sejauh 10 kilometer.
4. Sungai Asahan, Sumatera Utara

Jika Sungai Alas masih kurang menantang, kamu bisa mencoba Sungai Asahan di Sumatera Utara. Sungai ini mempunyai tingkat kesulitan IV sampai V.

Sungai Asahan biasanya digunakan sebagai perlombaan nasional maupun internasional bagi para profesional. Rute panjang sejauh 22 kilometer ini telah dinobatkan sebagai lokasi arung jeram terbaik ketiga di dunia. Jadi tidak salah bila Sungai Asahan di Sumatera Utara ini termasuk salah satu tempat rafting terbaik di Indonesia. Siap menguji adrenalinmu ?

Baca juga : 24 Tempat Outbound di Anyer Terpopuler

5. Sungai Alas, Aceh

Tempat rafting terbaik berikutnya adalah Sungai Alas di Aceh cukup sering dijadikan sebagai lokasi untuk lomba rafting tingkat nasional. Arus di sungai ini memang cukup ideal untuk olahraga arung jeram. Selain memiliki arus serta medan yang cocok untuk rafting, sungai Alas juga memiki pemandangan alam yang indah.

Sungai terpanjang di Aceh ini mempunyai tingkat kesulitan III hingga IV. Rutenya dipenuhi dengan belokan tajam dan arus deras, pas banget untuk memacu adrenalin.
Bagi pemula, sangat dianjurkan mengarungi Sungai Alas dari Muara Situlen di Kutacane hingga Gelombang. Sedangkan yang sudah ahli, bisa mencoba rute dari Angusan. Tetap waspada ya, karena banyak hewan liar di sepanjang rute.
6. Sungai Ayung, Bali

Main-main di pantai ketika berlibur ke Bali adalah hal yang mainstream, cobalah sesekali mencoba hal-hal unik di Bali agar liburanmu semakin seru dan berkesan. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan di Bali selain wisata pantai adalah melakukan arung jeram. Di Bali ada satu tempat rafting terbaik  yang sering dijadikan lokasi arung jeram yaitu sungai Ayung.

Rute ini salah satu yang terbaik di Bali bagi para pemula. Tingkat kesulitannya II hingga III. Saking asyiknya, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah menyelesaikan tantangan di sungai sepanjang 12 kilometer ini pada Juni 2017 lalu. Mau mencoba tantangan arung jeram seperti Presiden Barack Obama ? silahkan kamu berkunjung ke Bali.
7. Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah

Jika ingin lebih menantang, masih ada tempat rafting terbaik yang bisa kamu kunjungi yaitu Sungai Progo yang ada di Magelang. Sungai ini terbagi menjadi beberapa bagian yakni Progo Bawah, Progo Hulu dan Progo Atas. Untuk bagian Progo Bawah memiliki tingkat kesulitan level V dengan jarak 16 kilometer.
Sedangkan kedua bagian lainnya memiliki tingkat kesulitan sangat aman yakni III. Dijamin Anda akan puas jika arung jeram di tempat rafting terpanjang di Indonesia ini karena panjangnya mencapai 26 kilometer.

Baca juga : 10 Destinasi Wisata Phuket

8. Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat

Green Canyon merupakan salah satu tempat rafting terbaik dengan cara yang berbeda dalam melakukannya. Arung jeram di sini tidak menggunakan rakit tetapi menggunakan ban, yang biasa disebut body rafting.
Kamu akan dibawa menyusuri sungai Cijulang hingga berakhir di Green Canyon dengan menempuh jarak 10 kilometer selama 4 sampai 5 jam. Sesuai namanya, kamu akan terpesona dengan keindahan sungai yang sangat asri dan menawan.
9. Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah

Sungai Elo merupakan sebuah sungai yang mengalir di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di wilayah Jawa Tengah dan Jogja, sungai ini cukup terkenal untuk melakukan wisata adrenalin rafting. Banyak organinasi maupun perusahaan yang melakukan rafting di sungai Elo untuk menambah keakraban
Tingkat kesulitannya II hingga III, dengan kondisi debit air sungai cukup stabil sepanjang tahun. Arus sungai Elo sangat ideal saat musim kemarau untuk melakukan berbagai permainan air, seperti  flip-flop, dan spinning.
10. Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah

Sungai Serayu mempunyai potensi alam yang luar biasa dengan kondisi air yang tenang. Sungai Serayu memiliki rute panjang sejauh 24 kilometer dengan tingkat kesulitan III-IV. Jika kamu dan kerabat ingin mencoba adrenaline yang tinggi, segeralah rafting di lokasi ini. Sungai Serayu masih kalah populer di kalangan pecinta arung jeram dibanding Sungai Elo dan Progo.
11. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Tempat Rafting terbaik yang terakhir yaitu Sungai Nimanga. Menikmati pemandangan alam liar di Sulawesi sambil memicu adrenalin akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan saat kamu sedang liburan di Minahasa. Disana ada sebuah sungai yang sangat terkenal sebagai lokasi arung jeram yakni sungai Nimanga
Lokasi rafting di sungai Nimanga biasanya dilakukan di desa Timbukar, kabupaten Minahasa. 

Di sepanjang perjalanan di atas perahu kamu akan menjumpai batu-batu unik lonjong yang banyak terdapat di pinggiran sungai. Jika sedang beruntung kamu juga akan menjumpai Macaca Nigar, monyet khas Sulawesi.
Tingkat kesulitan rafting di sungai Nimanga ini sendiri berada di grade III dan IV. Jeram paling sulit di Nimanga dikenal dengan nama Good Bye yang memiliki ketinggian 4 meter.

Nah, itulah tadi 11 Tempat Rafting Terbaik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi sekaligus mengisi liburanmu. Selama kamu mengikuti instruksi pemandu, tak akan ada yang perlu dikhawatirkan. Bersiaplah, Adrenalinmu akan terpacu dengan cepat !

Silahkan kunjungi :

http://maritimtours.com
http://maritimtravel.com
Diubah oleh maritimindonesi 25-07-2018 10:11
0
1.7K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan