fauhad24fauziAvatar border
TS
fauhad24fauzi
Ternyata Bukan Apel, Anggur atau Mangga, Tapi Tomat

 
Beberapa orang mengatakan bahwa mangga adalah buah paling populer di dunia karena mudah dijumpai di banyak negara daripada buah lainnya. Mangga sangat populer di negara-negara seperti Indonesia, India dan Cina. Lebih dari 43 juta ton mangga dipanen setiap tahunnya.
 
Tapi jika agan mengukur popularitasnya dalam hal jumlah produksi, mangga jauh di belakang apel dan bahkan pisang. Setiap tahun lebih dari 100 juta ton pisang diproduksi, dengan India sebagai produsen utama.
 
Tapi bukan buah-buahan tadi yang menjadi paling populer di dunia. Dengan sedikitnya 170 juta ton  diproduksi setiap tahun, Tomat mengalahkan pisang dan buah lainnya.
 
Kebanyakan orang berpikir tomat adalah sayuran, tapi secara teknis tomat adalah buah karena memiliki biji, yang menempatkannya dalam kategori buah botani yang sama dengan berry.
 
Tomat pertama kali diperkenalkan ke Eropa oleh orang-orang Spanyol, yang membawanya dari Amerika. Diperkirakan ada 20.000 varietas tomat di dunia. Tomat dipaganng sebagai pilihan makanan sehat. Karena mereka rendah kalori dan kaya vitamin C, kalium, asam folat dan vitamin K.
 
Tomat juga mengandung sejumlah besar antioksidan kuat yang disebut lycopene, yang memiliki sejumlah manfaat dalam kesehatan tubuh, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.
 
Bahkan ada beberapa bukti bahwa konsumsi pasta tomat (yang sangat kaya likopen) dapat melindungi kulit dari sengatan matahari.


 
Faktanya di dalam tomat terdapat umami yang kuat. Umami adalah kata dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan sebagai "rasa yang menyenangkan". Umami adalah zat utama yang digunakan dalam pembuatan micin (penyedap rasa).
 
Umami sulit digambarkan, karena ini adalah rasa kelima yang bisa dirasakan manusia selain manis, pahit, asam dan asin. Buah yang paling banyak mengandung umami adalah tomat.
 
 
Setiap kali kita makan makanan yang mengandung umami, molekulnya akan memicu reseptor khusus di lidah. Kemudian mengirimkan sinyal ke otak yang mendaftarkan rasa itu sebagai "umami".
 
Itulah kenapa tomat menjadi yang paling populer di dunia, seperti halnya micin yang mengandung rasa umami di dalamnya. Bedanya adalah umami di dalam tomat diproduksi secara alami, sedangkan umami di dalam micin diproduksi di pabrik (lab).
0
1.3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan