Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Dunia Abu-abu, Potret Kondisi Saat ini
Zaman sekarang tak dapat dipungkiri merupakan zamannya informasi. Adanya internet hadir membuat media komunikasi menjadi lebih luas, kini media komunikasi bukan hanya melalui telepon dan sms saja,  banyak media komunikasi yang lebih luas seiring munculnya internet mulai dari media sosial, video call hingga pesan instan yang hanya menggunakan internet dan paket data.


Credit : 4muda.com

Setiap menit bahkan detiknya kita akan selalu mendapat berita baru di internet, apapun yang terjadi di dunia yang kita jalani selalu terekam jejaknya di internet baik itu berita penting atau tidak penting tersebar luas di internet. Informasi di masa kini menyebar secepat kilat entah itu melalui portal online ataupun lewat media sosial. Para netizen di internet tentunya sudah siap siaga mengomentari setiap peristiwa yang ada di kehidupan entah itu komentar positif maupun komentar negatif.

Dunia saat ini telah banyak berubah, teknologi dan alat komunikasi semakin canggih menjadi kenyamanan tersendiri bagi setiap orang. Bersyukurlah bagi kita yang hidup di masa sekarang karena bisa menikmati kelancaran dalam berkomunikasi dan kemudahan dalam menggunakan produk teknologi. Setiap hal yang memiliki sisi positif pasti ada sisi negatifnya, begitu juga teknologi dan internet tentunya ada dampak negatifnya jika di salah gunakan, diantaranya  rawannya peredaran kabar hoax dan berita palsu.

Seringkali orang-orang yang tak bertanggung jawab menyebarkan kabar yang tidak dipertanggungjawabkan kebenarannya entah melalui pesan broadcast atau lewat link web. Menyebarnya banyak informasi di dunia maya yang melimpah ruah membuat orang awam akan sulit untuk membedakan mana informasi yang benar atau salah. Yang lebih bahaya adalah saat kabar hoax  yang disangka benar adanya dan disebarkan akan menimbulkan keresahan dan kegaduhan di masyarakat.

Melihat fenomena di masa sekarang ibaratkan dunia abu-abu yang tak jelas hitam atau putihnya. Perkembangan informasi di internet  tak jarang di satu sisi menjadi perang pengaruh antar setiap kelompok yang mengklaim dirinya paling benar, hal ini bisa menimbulkan pandangan yang membingungkan bagi khalayak umum tentang mana yang benar dan mana yang salah di internet.


Credit : ibxk.com.br

Amati, Pelajari, dan bijak dalam menerima informasi yang ada sangatlah diperlukan saat berselancar mencari informasi di internet. Hal ini bertujuan agar kita lebih hati-hati dalam menerima setiap informasi di internet, terlebih sumber informasi yang tidak familiar dan kurang bisa dipercaya. Media internet memang bukan hanya sarana menyebarkan informasi, tapi juga dipakai untuk menyebarkan pengaruh atau paham tertentu, semua itu kembali kepada diri kita masing-masing sebagai pengguna internet untuk bisa lebih bijak dalam menerima dan menyerap setiap informasi. Demikian tulsan ane kali ini, agan dan sista ingin menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin


Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
0
14.6K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan