Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pastibisadongAvatar border
TS
pastibisadong
Jemaah Indonesia Tersesat Hingga ke Bukit Uhud


Madinah - Nawa Syarif Djalaluddin sedang berada di Masjid Nabawi, Kamis, (19/72018). Mahasiswa Indonesia perguruan tinggi di Mesir itu bertugas sebagai tenaga musiman untuk melayani jemaah haji Indonesia.

Namun, malam itu, sekitar pukul 20.00 waktu setempat, tiba-tiba dia dihampiri oleh petugas keamanan Masjid Nabawi untuk ikut mengawal mencari jemaah Indonesia yang tersesat.

Dia diminta masuk ke dalam mobil khusus keamanan Masjid Nabawi, bersama seorang pelapor dari Jemaah Haji Indonesia. Beberapa saat di dalam mobil, radio berbunyi. Petugas keamanan Nabawi mendapat pesan bahwa jemaah haji Indonesia yang tersesat berada di dekat Bukit Uhud. 

Jemaah tersesat ditemukan Di sebuah kebun kurma, di samping bukit Uhud 7,9 kilometer dari Masjid Nabawi atau sekitar 2 jam berjalan kaki. Jemaah haji itu bernama Imang Tambur Nyidin (76). Asalnya, kloter JKS 03, embakarsi Bekasi.

Di dalam mobil, Nawa sempat ditanyai petugas keamanan Nabawi. "Mengapa orang-orang Indonesia takut terhadap polisi Saudi?" tanya petugas keamanan Masjid Nabawi.

Pertanyaan itu bukan muncul tanpa alasan. Ternyata, Imang lari hingga ke Bukit Uhud karena takut terhadap polisi Arab Saudi. Padahal, polisi Saudi ingin menolongnya.

Nawa memahami kondisi itu. Dia mengira-ngira. Mungkin, kata Nawa, jemaah haji yang tersesat tidak bisa berbahasa Arab dan takut saat melihat polisi Saudi mendekatinya.

Jalan menuju kebun kurma itu sangat sepi. Ruas jalan sempit. Gelap. Di samping jalan kecil, terparkir mobil-mobil yang tak terrawat.

Dengan nada tinggi, Nawa bertanya ke petugas keamanan Masjid Nabawi. Dia menyebut, tak mungkin ada jemaah yang tersesat hingga di lokasi yang terpencil itu.

"Ayna nahnulaan?! Fien thoriq dah?! Musy mumkin al haaj kabierussin wa dho'ieful jism yasil ila mitsli hadzal makaan! (Dimana kita sekarang?! Jalan apa ini?! Tidak mungkin seorang bapak tua bisa tersesat sampai ke daerah seperti ini!)," ujar Nawa.

Petugas keamanan Masjid Nabawi meyakinkan Nawa. Curiga, Nawa mencoba lari. Tapi, tak bisa. Pintu mobil terkunci.

Tetapi, sirene mobil polisi berkumandang. Petugas keamanan Masjid Nabawi kembali meyakinkan. "Ada jemaah haji tersesat!"

Keyakinan Nawa perlahan muncul. Turun dari mobil, petugas masjid dan polisi mengajak Nawa ke dalam kebun kurma. Gelap, pohon, dan dedaunan menutupi pandangan. Dengan bantuan senter mereka menembus kebun kurma.

Selama perjalanan, polisi Arab Saudi bercerita kronologi singkat perjalanan Imang. Setelah lama mencari, Nawa menemukan Imang. Posisinya, berbaring di dalam lubang besar. Memegang kayu besar. 

Polisi Saudi menyerahkan tindakan penanganan ke Nawa. Si polisi Saudi bilang,"Akhi, sekarang tugas kamu, kamu bujuk dia agar mau keluar dari lubang tersebut."

Nawa bingung. "Kenapa tidak Anda?" tanyanya. 

Polisi Saudi menjawab. Imang, lelaki yang tersesat itu, sempat melawan. Kayu besar yang dia pegang sempat diayunkan ke arah Polisi. 

"Kami ingin anda membujuknya dengan baik-baik agar mau keluar dari lubang, tidak perlu ada kekerasan," ujar polisi Arab Saudi.

Nawa tergerak. Dia menbujuk Imang. Menenangkan batinnya. "Tak perlu takut," kata Nawa. 

Tapi ajakan itu tak bersambut. Imang mengayunkan balok kayu besar. Meminta orang-orang menjauh. Nawa pun meminta polisi merebut kayu. Menarik Imang keluar lubang. Memegangi kaki dan tangannya. 

"Akhirnya 3 orang polisi Saudi dan 2 orang petugas keamanan Nabawi memegangin kaki dan tangan jemaah untuk digotong keluar kebun," kata Nawa.

Kepala Sektor Khusus, Jasaruddin F. Makka, mengatakan kondisi emosi Imang mulai stabil usai keluar dari kebun. Itupun setelah berkali-kali ditenangkan Nawa. 

"Setelah keadaan jemaah lebih tenang, polisi-polisi Saudi yang sangat baik, membuatkan teh, membawakan air putih, kasur dan bantal untuk jamaah haji tersebut," ujar Jasaruddin. 

Imang kemudian dibawa kembali ke kantor sektor 4 Daker Madinah. Dia mendapat perawatan dari petugas kesehatan hingga diperbolehkan pulang ke pemondokannya di Diyar Al Madinah.(fua/nkn)

sumber

Semoga tidak tersesat lagi emoticon-Big Grin
0
1.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan