dybala.maskAvatar border
TS
dybala.mask
Anies Pakai Waring Kurangi Bau Kali Item, Dosen ITB: Tak Efektif


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan waring (jaring) dipasang di Kali Item untuk mengurangi bau tak sedap di sekitar wisma atlet. Namun cara itu dianggap tidak efektif.

Dosen teknik lingkungan ITB, Agus Jatnika, menjelaskan bau yang muncul di kali adalah akibat proses anaerob, sehingga terbentuk gas yang tidak masuk kategori organik. Gas itu masih bisa lolos meski dihalangi membran semipermeabel.

"Menurut saya, gas-gas itu bahkan dengan membran semipermeabel, gas masih bisa lolos. Dari segi itu, (waring) tidak efektif," kata Agus saat dihubungi, Jumat (20/7/2018).

Waring di atas Kali Item itu rencananya akan diberi tanaman. Menurut Agus, hal itu juga tidak berdampak untuk menghilangkan bau.

Agus menyarankan penggunaan absorben untuk mengurangi bau. Absorben itu kemudian diletakkan di dalam kali.

"Misalnya karbon aktif dibungkus kain, ditanam di dalam air. Itu akan sangat membantu," kata pemilik gelar doktoral dari University of Wales ini.

Baca juga: Ini Nano Bubble yang Diklaim Bisa Kurangi Bau di Kali Item

Selain waring, Pemprov DKI menggunakan aerator dan nano bubble untuk menghilangkan bau di Kali Item. Agus menilai langkah itu bisa efektif asalkan diletakkan di hulu kali, bukan hilir.

"Penambahan aerator dan nano bubble pada intinya untuk mencegah kondisi anaerob. Supaya oksigen cukup dalam air, maka dilakukan aerasi. Memang kalau dari hulu sudah dilakukan, bisa efektif. Harus di hulu, jangan di hilir. Kalau di hilir bisa tambah bau," ungkap Agus.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan waring dipasang untuk mengurangi penguapan dari Kali Item. Anies berharap dengan pemasangan tersebut akan mengurangi bau tak sedap.

"Di lokasi kita kurangi pencahayaan (dengan waring) sehingga mengurangi evaporasi, harapannya tidak tercium (bau). Bukan hanya menutup, tapi juga aroma," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018).

https://news.detik.com/berita/d-4125...tb-tak-efektif

Hasilnya emang tidak efektif

Kali Depan Wisma Atlet Ditutup Jaring, Bau Kurang Sedap Tetap Menyebar

Quote:



Apa susahnya niru cara ahok yg udah berhasil mengerahkan ppsu

Rahasia Ahok Jernihkan Sungai Glodok


VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI membersihkan sampah di aliran Sungai Ciliwung yang membelah Jalan Hayam Wuruk di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Barat pada musim kemarau tahun 2015.

Hal itu membuat aliran Sungai Ciliwung yang berasal dari Pintu Air Istiqlal tidak melintasi benda-benda yang bisa membuatnya keruh.

Sementara, pintu air Istiqlal yang membelah aliran Sungai Ciliwung dari hulu, juga berfungsi layaknya penjernih. Tanah dan pasir yang terbawa dari hulu, sempat terendap di tangki yang berfungsi menampung air, sebelum mengalirkannya ke hilir melalui aliran Sungai Ciliwung yang membelah Jalan Hayam Wuruk.

"Jadi, sepanjang jalan itu sudah kayak saringan air," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Rabu, 18 Mei 2016

Saat berbelok di Jalan Labu, kawasan Pinangsia, aliran air telah benar-benar terbebas dari beragam kotoran.

Ahok mengatakan, hal itu menjadi penyebab aliran Sungai Ciliwung di belakang Gedung Lindeteves Trade Center (LTC) menjadi jernih seperti banyak dikabarkan media satu pekan terakhir.

"Jadi karena sempat mengendap, kalau lagi enggak musim hujan, masuk ke daerah Pinangsia, (aliran Sungai Ciliwung) pasti bening," ujar Ahok.

Ahok tidak mempermasalahkan jika sungai kini banyak dimanfaatkan warga sebagai tempat wisata. Mekanisme yang sama, rencananya akan diterapkan juga untuk membuat aliran kali Krendang yang letaknya di samping bekas lokalisasi prostitusi terselubung Kalijodo di Jakarta Utara, menjadi jernih.

"Nanti (Kali Krendang) pakai sirkulasi mirip kolam renang. Betul-betul bening airnya. Orang bisa main air," ujar Ahok

https://www.viva.co.id/berita/metro/773986-rahasia-ahok-jernihkan-sungai-glodok
Diubah oleh dybala.mask 20-07-2018 16:29
0
9.3K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan