bareksa.comAvatar border
TS
MOD
bareksa.com
Apa Sih Bukti Transaksi Reksa Dana Online?
Salam sehat agan-agan yang ganteng semua, izinkan mimin Bareksa berbagi informasi mengenai Reksa Dana Online :terimakasih

Pertanyaan yang sering mimin Bareksa dapat terkait reksa dana adalah:

Min, bukti transaksi Reksa Dana apa ya?

Perlu diingat, reksa dana sendiri adalah salah satu produk pasar modal yang bersifat kolektif dari sejumlah nasabah dan berisi kumpulan aset (portofolio) berupa saham obligasi dan deposito yang dikelola oleh Manajer Investasi. Meskipun tidak berbentuk fisik, produk aset keuangan ini diatur dan diawasi secara ketat oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan untuk melindungi kepentingan investor. emoticon-Jempol

Kita sebagai investor reksa dana, tidak perlu khawatir tentang proses transaksi reksa dana secara online ini melalui Bareksa. Apabila kita membeli reksa dana dan sudah mentransfer uang ke rekening produk reksa dana yang kita pilih, transaksi tersebut akan diproses dan tercantum dalam halaman 'Order' di menu Reksa Dana Online Bareksa. Status dari instruksi tersebut pun dapat terlihat di halaman 'Order' ini, yakni masih dalam proses 'On Process' atau sudah selesai 'Completed'.

Selain itu, bukti transaksi reksa dana kita juga tercatat dalam Surat Konfirmasi Transaksi (SKT) yang diterbitkan oleh Bank Kustodian yang menyimpan aset atau kekayaan reksa dana. Surat konfirmasi transaksi ini adalah dokumen yang menunjukkan nilai bersih, Nilai Aktiva Bersih per unit (NAB/unit) atau harga pembelian reksa dana, jumlah Unit Penyertaan yang ditransaksikan (dibeli atau dijual) dan saldo akhir unit penyertaan.

Ini adalah contoh Surat Konfirmasi Transaksi


SKT ini dikirimkan oleh Bank Kustodian melalui surat elektronik (e-mail) atau melalui pos, yang tergantung kebijakan masing-masing bank. Dokumen ini akan diterima oleh investor setiap kali melakukan pembelian atau penjualan paling lambat 7 hari kerja setelah transaksi selesai. Bila melalui pos, surat akan sampai maksimal 14 hari setelah tanggal transaksi.

Ada 13 Bank Kustodian (BK) yang menyimpan dana nasabah untuk produk yang dijual di Bareksa. Adapun pengiriman konfirmasi oleh masing-masing bank tersebut secara rinci terlihat dalam tabel berikut ini.



*Khusus produk Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang, pengiriman konfirmasi dari CIMB Niaga hanya melalui e-mail atau e-statement.

Seperti terlihat dalam tabel, BRI dan CIMB Niaga mengirimkan konfirmasi melalui dua cara, yakni e-mail dan pos sedangkan BK lain menggunakan salah satu dari cara tersebut.

Di samping itu, nasabah Bareksa juga bisa mengecek SKT ini di halaman 'Transaksi' yang ada di Menu Reksa Dana Online. Dokumen ini ada dalam format PDF dan bisa diunduh oleh nasabah yang bersangkutan. Caranya adalah dengan cara mengklik simbol PDF di kolom Surat Keterangan Transaksi, seperti tampak dalam gambar berikut ini.



Selain SKT, investor juga akan mendapatkan Laporan Akun Bulanan perkembangan investasi reksa dana yang dikirimkan dari Bank Kustodian. Dokumen ini akan diterima investor pada periode bulan berikutnya paling lambat 14 hari kerja. Pada laporan akun ini, juga tercantum total nilai investasi dan saldo akhir unit peyertaan reksa dana serta potensi keuntungan/kerugian yang belum direalisasikan (unrealized gain/loss).

Ini adalah Contoh Laporan Akun Bulanan


Bagi nasabah Bareksa, perkembangan investasi harian reksa dana dapat selalu dilihat pada menu 'Portofolio' yang tersedia pada akun reksa dana. Menu ini bisa diakses secara online di mana saja dan kapan saja.

Ini adalah Halaman Portofolio di Menu Reksa Dana Online Bareksa


Jadi, tidak perlu khawatir tidak ada bukti fisik karena semua transaksi sudah tercatat dalam sistem gan emoticon-Ultah emoticon-Matabelo

Jadi nunggu apa gan, yuk segera berinvestasi, let grow your money emoticon-Toast emoticon-Toast

Info lebih detil bisa ceki2 langsung ke situs www.bareksa.com
tien212700
hans2907
tedisq87
tedisq87 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
53K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan