Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

54m5u4d183Avatar border
TS
54m5u4d183
Dolar AS Tembus Rp 14.500, Harga Makanan dan Minuman Naik?
Sabtu, 21 Jul 2018 09:48 WIB

Puti Aini Yasmin - Detik Finance


Foto: Muhammad Idris/detikFinance

Jakarta - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat terhadap rupiah. Pada Jumat kemarin The Grrenback sudah menembus Rp 14.555.

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) pun mengaku galau untuk menaikkan harga makanan di tengah penguatan dolar AS. Sebab, saat ini pihaknya menilai pasar industri makanan dan minuman tengah lesu.

"Dua hari ini dapat laporan pasarnya agak sepi, agak lambat, ini menjadi dilema apakah menaikkan harga atau tidak," ungkap Ketua GAPMMI, Adhi Lukman.

Dirangkum detikFinance, Sabtu (21/7/2018) begini dampak peguatan dolar AS:

1. Pengusaha Dilema Naikkan Harga Makanan


Foto: Aneka Promo Bahan Makanan Beku di Transmart Carrefour

Ketua GAPMII Adhi Lukman mengatakan pada dasarnya kenaikan nilai tukar dolar saat ini sangat mempengaruhi harga bahan pokok makanan dan minuman (mamin), hingga 7%.

Pelaku usaha pun jadi galau. Apakah perlu menaikkan harga atau tidak karena saat ini industri mamin juga sedang mengalami penurunan penjualan.

"Dua hari ini dapat laporan pasarnya agak sepi, agak lambat, ini menjadi dilema apakah menaikkan harga atau tidak. Tapi kalau naikkan harga bisa lebih sepi lagi. Jadi industri mamin belum memilih menaikkan harga," terangnya.

Lebih lanjut, untuk menghindari kerugian pihaknya akan mengorbankan keuntungan perusahaan dengan memperkecil margin.

"Kita condong mengorbankan margin, profit perusahaan tapi kita belum tahu sampai berapa lama karena masing-masing perusahaan beda," terangnya.

Sementara itu, Adhi juga meminta agar pemerintah segera menyelesaikan depresiasi rupiah dan mampu menjaga nilai tukar rupiah kembali stabil.

"Ini yang perlu diupayakan adalah pemerintah memikirkan untuk bisa menahan laju depresiasi lebih lanjut, menjaga stabilitas. Harapkan turun paling nggak dapat keseimbangan baru Rp 14.000 lah," tutupnya.

2. Pengusaha Korbankan Keuntungan Perusahaan


Foto: Ari Saputra

Adhi mengatakan pihaknya harus mengorbankan keuntungan perusahaan gara-gara nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) mencapai Rp 14.500. Kok bisa?

Adhi memaparkan saat ini pihaknya memutuskan untuk tidak menaikkan harga makanan dan minuman (mamin) di tengah kenaikan harga pokok mamin karena nilai tukar dolar.

Untuk mencegah kerugian akibat keputusan tersebut, pihaknya memilih untuk mengorbankan keuntungan perusahaan dengan memperkecil margin yang diperoleh.

"Jadi industri mamin belum memilih menaikkan harga, kita condong mengorbankan margin, profit," ungkapnya kepada detikFinance, Jumat (20/7/2018).

Ia mengaku belum tahu sampai kapan keputusan tersebut dilakukan. Pasalnya ia menilai setiap perusahaan memiliki keuangan yang berbeda-beda.

"Tapi kita belum tahu sampai berapa lama karena masing-masing perusahaan beda. Ini sangat tergantung perusahaan masing-masing, ada yang untung dan ada yang rugi karena kenaikan harga pokok produksi 3-7%," terang dia.

"Padahal margin perusahaan sudah kecil di bawah 10% sama 5%. Makanya kalau di bawah 5% itu sudah pas-pasan bahkan minus jadi tergantung masing-masing perusahaan mau menimbang naik atau tidak," paparnya.

3. Khawatir Dolar Capai Rp 15.000


Foto: Ari Saputra

Pengusaha makanan yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) mengaku khawatir bila nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) tembus hingga Rp 15.000.

Menurut Ketua Umum GAPMMI Adhi Lukman akan banyak perusahaan makanan dan minuman (mamin) yang mengalami kerugian bila nilai tukar dolar menembus Rp 15.000.

"Agak sulit deh ini, yang jelas kalau dolar Rp 15.000 sudah pasti banyak rugi. Nah makanya ini menjadi suatu hal yang sulit apakah Rp 15.000 besok atau sebulan lagi kita kan nggak tahu posisinya kapan," ungkapnya.

Sebab saat ini, pihaknya mengaku telah mengikat pinggang dengan mengorbankan keuntungan perusahaan agar menjaga keuangan untuk tidak merugi lebih banyak lagi.

"Kita condong mengorbankan margin, profit. Tapi kita belum tahu sampai berapa lama karena masing-masing perusahaan beda," paparnya.

4. BI Sebut Pelemahan Nilai Tukar Juga Terjadi pada Negara Lain


Foto: Ari Saputra

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus mengalami tekanan. Kemarin (19/7) BI memutuskan untuk menahan bunga acuan di level 5,25%.

Sebab dolar AS sempat menyentuh rekor tertinggi di posisi Rp 14.534 dan kemarin dolar AS menunjukkan penguatan hingga ke level Rp 14.515.

Menanggapi hal tersebut BI menyebut pelemahan nilai tukar akibat penguatan dolar AS ini bukan karena BI yang menahan bunga acuan.

"Tidak, kalau dilihat lebih luas kan bukan hanya rupiah yang melemah, tapi juga mata uang lainnya," kata Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto.

Dari data BI hingga 18 Juli 2018 nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS mengalami pelemahan 0,52%. Dari data BI tercatat Rp 14.405 per dolar AS.

Tekanan terhadap Rupiah kembali meningkat seiring kuatnya ketidakpastian pasar keuangan global yang kemudian memicu penguatan dolar AS secara meluas.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan angka ini sedikit pelemahan mata uang negara berkembang lain seperti Filipina, India, Afrika Selatan, Brasil dan Turki," kata Perry dalam konferensi pers di Gedung BI.

Perry menjelaskan, nilai tukar Rupiah memang melemah terbatas akibat masih berlanjutnya penguatan dolar AS secara global. Rupiah sempat menguat di awal Juli 2018 ini sebagai respons positif pelaku pasar atas kebijakan moneter BI yang pre-emtive, front loading dan ahead the curve pada rapat dewan gubernur (RDG) Juni 2018 yang menaikkan BI 7 Days Repo Rate sebesar 50 basis poin.

"Respons tersebut mendorong aliran masuk modal asing ke pasar keuangan, khususnya Surat Berharga Negara sehingga mendorong penguatan Rupiah," ujar dia.

Sumber : https://m.detik.com/finance/berita-e...n-minuman-naik

Pengusaha mamin galau.
Diubah oleh 54m5u4d183 21-07-2018 03:41
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
3.5K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan