Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dybala.maskAvatar border
TS
dybala.mask
Soal Waring di Kali Item, Pengamat: Cara Instan Tutupi Masalah
Jakarta - Langkah Pemprov DKI menutup permukaan Kali Item, Jakarta Utara menggunakan waring jelang Asian Games dikritik sebagian kalangan. Pengamat tata kota menilai langkah itu juga tak akan menyelesaikan masalah.

"Itu hanya tampak muka tetapi menutupi masalahnya. Jadi tidak menyelesaikan masalah, itu hanya cara instan untuk menutupi masalah yang sebenarnya. Akar masalahnya sebetulnya kalinya tidak dibersihkan," ujar pakar tata kota Universitas Trisakti, Yayat Supriatna saat diwawancara detikcom, Jumat (20/7/2018).

Baca juga: Kontroversi Waring Penutup Buruk Rupa Kali Item


Menurut Yayat, masalah sungai tak bisa dihindari saat perhelatan Asian Games di Jakarta. Penyebabnya musim kemarau membuat sungai surut dan menimbulkan bau tak sedap.

"Kita harus akui selama Asian Game sungai kita itu sedang surut, kelihatan keruh banget, sungai yang keruh ini memang kurang enak dipandang. Tapi kalau menurut saya dari segi estetika sih sah-sah saja, tapi tidak menyelesaikan persoalannya," kata Yayat.

Menurutnya Pemprov DKI Jakarta harusnya bekerja sejak jauh-jauh hari mengatasi masalah sungai. Dia menyebut Asian Games tak hanya fokus pertandingan yang dilakukan tapi juga Jakarta yang bertindak sebagai tuan rumah.

Baca juga: Apa Beda Tim Percepatan Kegiatan Strategis Daerah dengan TGUPP?

"Apa yang bisa didapat dalam waktu 3 minggu lagi, musim kemarau lagi kan. jadi kita bekerja bukan untuk Asian Games saja. Harusnya kita mempersembahkan prestasi yang kita tampilkan, hajat Asian Games itu bukan hanya hajat di GBK (Gelora Bung Karno) tapi hajat kota. Jadi Pemprov DKI harusnya membuat target-target," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan waring dipasang untuk mengurangi penguapan dari Kali Item. Anies berharap dengan pemasangan tersebut akan mengurangi bau tak sedap.

"Di lokasi kita kurangi pencahayaan (dengan waring) sehingga mengurangi evaporasi, harapannya tidak tercium (bau). Bukan hanya menutup, tapi juga aroma," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018).

https://news.detik.com/berita/d-4125...tutupi-masalah

ASU sibuk kungker2-an
Diubah oleh dybala.mask 21-07-2018 03:54
0
1.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan