Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kacungmenglengAvatar border
TS
kacungmengleng
Jokowi Wajib Jelaskan Penjualan Aset Pertamina
Jokowi Wajib Jelaskan Penjualan Aset Pertamina

Beredar surat pelepasan aset Pertamina yang ditandatangani Menteri BUMN Rini Soemarno membuat protes publik.
Pasalnya, BUMN sebagai lokomotif penggerak ekonomi Indonesia khususnya Pertamina merupakan aset strategis bangsa yang tidak boleh secara cuma-cuma dijual begitu saja.

"BUMN itu adalah alat penggerak ekonomi negara, artinya aset milik rakyat Indonesia. Sepatutnya pelepasan aset Pertamina dikonsultasikan kepada DPR RI sebagai representasi rakyat karena pada prinsipnya BUMN bukan milik orang perorang tetapi milik negara," tutur pemerhati politik Panji Nugraha kepada wartawan, Jumat (20/7).

Dia menambahkan, publik bertanya kepada pemerintah apakah benar menteri BUMN mengeluarkan keputusan tersebut namun dijawab Rini lupa dan tidak ingat. Hal ini pula yang membuat kebijakan tersebut kian hari semakin diprotes rakyat karena tidak ada yang mampu menjelaskan ke publik mengapa aset-aset Pertamina dijual.

"Maka seharusnya Jokowi turun tangan menjawab pertanyaan-pertanyaan rakyat soal ini," kata Panji.

Karena rakyat masih trauma ketika Indosat beralih ke tangan swasta seharusnya pemerintah belajar dari hal tersebut. Jika selama ini Pertamina merugi seharusnya dapat dijelaskan merugi dari sektor apa karena selama ini ketika harga minyak dunia naik harga BBM dari Pertamina selalu naik mengikuti harga pasar.

Jokowi Wajib Jelaskan Penjualan Aset Pertamina

Untuk itu, Panji meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya langkah cerdas dan tepat serta dapat mempertimbangkan untung ruginya menjual aset-aset Pertamina ke pihak lain. Karena penjualan aset Pertamina bukan sebuah solusi jika dalam sudut pandang kebijakan negara yang seharusnya dapat mempertahankan Pertamina.

"Jika hal tersebut terus berlangsung bukan tidak mungkin rakyat akan menilai kebijakan tersebut adalah kebijakan neolib di zaman Jokowi. Karena janji buy back Indosat saja tidak pernah terjadi malah menambah masalah baru," tegas Panji yang juga direktur eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI). [wah]

kolam

rejim koplok, bisanya cuma ngutang jual ngutang jual ngutang jual

Jokowi Wajib Jelaskan Penjualan Aset Pertamina
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.4K
67
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan