sapibelang3Avatar border
TS
sapibelang3
Mengenang Kiprah Perancang Sampul Album Legendaris Pink Floyd Sampai Led Zeppelin
Alhamdulillah Jadi HT, beberapa hari absen ga buka buka soalnya jadi baru liat..

terima kasih semua..emoticon-Embarrassment

Sebelumya artikel ini pertama kali tayang di Noisey Italia, dan ini Source Indo nya..



Bro-sis sekalian, ada yang tau apa itu Hipgnosis? ada yang pernah denger? a[a udah ada yang tau?
Spoiler for Pengakuan Mbah Wiki tentang Hipgnosis:

gitu..

Menurut opini saya, korban paling tragis revolusi digital industri musik adalah sampul album. Di masa lalu, sulit mengingat album-album klasik tanpa ditemani sampul albumnya. Bandingkan dengan sampul album era internet rasanya hampa, tidak bisa disentuh, apalagi dicium. Apalagi dimensi packaging dan sampul belakang album zaman sekarang berubah banget. Kayaknya kehampaan akibat digitalisasi musik merupakan salah satu alasan format vinyl mulai kembali populer. Sebab piringan hitam memiliki desain yang bisa dipegang kadang lebih penting daripada kualitas soundnya.

Redaksi Noisey juga sepakat, bahwa kenikmatan menimang album, serta mengapresiasi kreativitas sampul album sangat penting. Makanya, disertai semangat macam itu, kami ingin membahas Hipgnosis, sebuah kelompok desainer asal London yang menjadi pelopor sampul album avant-garde. Kini pada 2018, mereka merayakan ulang tahun ke-50 perilisan sampul album pertamanya.

Hipgonis didirikan Storm Thorgerson dan Aubrey Powell, teman sekamar Syd Barret di era awal Pink Floyd. Keduanya adalah anak jurusan film dan fotografi di London Royal College of Art. Untuk membuat sampul album yang sekarang legendaris itu, mereka biasa menggunakan kamar gelap gratisan kampus. Ketika sedang mengagumi graffiti di luar pintu masuk apartemen—tepatnya gabungan kata kata “hip” dan “gnosis”—Thorgerson dan Powell terinspirasi untuk mengadopsi istilah tersebut. Mereka meyakini Barrett yang melukis graffiti tadi, karena tidak ada orang lain yang tinggal di situ (Barrett sih membantah sebagai pelukisnya saat dikonfirmasi terpisah).

Begitulahm Dengan memahami kiprah Hipgnosis, kita bisa memahami cerita di balik lahirnya sampul album Saucerful of Secrets, Ummagumma, atau The Madcap Laughs. Kesuksesan yang diraih studio Hipgnosis berkat kolaborasi bareng Pink Floyd melejitkan reputasi mereka. Terutama saat Hipgnosis menghasilkan sampul ikonik The Dark Side of The Moon. Desain Hipgnosis melibatkan teknik fotografi inovatif, menghasilkan imej surreal yang dikemas hati-hati tapi membuat kita ternganga. Pada 1974, kolektif desainer tersebut mulai bekerja bareng Peter Christopherson, seniman dan desainer komersial yang nantinya membentuk Throbbing Gristle, Psychic TV, dan Coil. Pengalaman kolaborasi tersebut memperkarya kemampuan Thorgerson dan Powell. Kolektif mereka mulai memumpuk amunisi untuk meraih sukses lebih luas di industri desain.


Selain Pink Floyd, Peter Gabriel, Black Sabbath, Led Zeppelin, atau Yes, katalog karya Hipgnosis mencakup sampul album pesanan grup-grup yang kurang terkenal. Biar begitu, ciri khas desain Hipgnosis tetap muncul. Ciri utama itu adalah motif-motif kontroversial dan eksperimentasi visual yang belum tertandingi sampai sekarang. Berikut beberapa karya terbaik mereka yang kami kurasi untuk dibaca bro-sis:

Spoiler for Quatermass - S/T (1970):


Spoiler for Toe Fat - Toe Fat Two (1971):


Spoiler for Renaissance - Prologue (1972):


Spoiler for Golden Earring - To The Hilt (1976):


Spoiler for Hawkwind - Quark Strangeness and Charm (1977):


Spoiler for Strawbs - Deadlines (1977):


Spoiler for Synergy - Cords (1978):


Spoiler for Ashra - Correlation (1979):


Spoiler for UK - Danger Money (1979):


Spoiler for Wishbone Ash - Just Testing (1980):



Spoiler for Yumi Matsutoya - Sakuban Oaishimasho (1981):


Artikel ini bisa terwujud berkat bantuan riset oleh Jonida Prifti. Didedikasikan untuk mengenang Antonio De Vincenzi.


Semoga bisa nambah wawasan sama info bro-sis semua ya, ada komen komen silahkan, ada info tambahan silahkan, ada ijo ijo mauu banget,,emoticon-Embarrassment

Diubah oleh sapibelang3 19-02-2018 07:17
0
23.5K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan