Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ExtremeFuriousAvatar border
TS
ExtremeFurious
Curhat moral generasi bangsa saat ini
Pertama-tama maafin saya karna jarang banget bikin thread jadi berantakan gini deh.
Ini adalah copast curhatan saya dari notepad hp saya yang ingin saya bagikan di jagad Kaskus

Kisah ini 100%nyata dan benar adanya, siapatau ada yang mau mentorin buat rapihin thread saya ini sangat sangat welcome gan/sist

Dunia hampir kiamat?


Dunia hampir kiamat menurut gue, tapi yang dimaksud bukan tanda-tanda seperti gunung meletus, tsunami, tornado, perang, atau apalah itu yang sering kali dikaitkan dengan kiamat.
Pertama kenalin dulu nama gue Dian, gue mahasiswa di salah satu universitas di Jakarta jurusan hukum.

Jadi dunia hampir kiamat yang gue perhatiin saat ini yaitu dari sikap atau moral seseorang yang semakin lama semakin menurun, bukan sampai disitu sob bahkan orang dimana-mana semakin ansos (anti-sosial) karena semakin canggihnya gadget yang bisa dimiliki, sehingga orang merasa dia bisa melakukan sesuatu dengan sendirinya.

Oke gue mau cerita sedikit masa kecil, dulu waktu gue SD ngeliat atau berpapasan sama anak lebih tinggi gue selalu nunduk bahkan bilang permisi kalau mau lewat. SMP tidak terasa telah berlalu, hingga pada saat gue SMA tidak jarang ngeliat anak kecil yang hampir tidak ada sopan-santun samasekali. Gue lahir dari keluarga yang sederhana, waktu itu kala pulang sekolah gue lewat gang dan bertemu anak kecil (*mungkin kelas 3 SD) mereka sedang bermain di gang tersebut sampai hampir menutupi jalan di gang tersebut. Well, itu anak kecil dan gue bilang permisi mau lewat karna gue liat waktu itu mereka sedang bermain disana. Tiba-tiba seorang dari mereka berteriak "Ngapa lu? Lu mau lewat sini? Berani lu sama gua?" Men, plis dah, itu bocah mungkin gue banting sekali bisa langsung koma wkwk. Sontak disitu gue langsung kaget liat respon dia pada saat itu. Nggak sampe disitu aja, dia bahkan jalan ngedeketin gue dan coba ngeludah kearah gue, dan tiba2 dia benar-benar ngeludah dan ngenain seragam gue. Disitu gue mulai berpikir buat ngasih dia pelajaran biar dia sedikit punya sopan santun kedepannya. Gue liat keadaan sekitar buat mastiin keadaan aman dengan cepat gw pegang kencang baju tuh anak kecil di bagian lehernya tiba-tiba temen lainnya ngebela dengan bilang "lu beraninya sama anak kecil ya bang, gua bilangin bapak gua lu" disitu gue udah niat bener-bener mau pukul tuh anak sekali tiba-tiba ada seorang bapak yang ngeliat kami disitu dan cepat cegah saya saat itu. Perlahan bapak itu melihat kearah saya dan melihat ada bercak ludah di baju guepada saat itu. Lalu bapak itu bilang "udah ya dek, jangan ditanggepin serius, kamu pulang aja gih sekarang" gue balas "oh iya iya pak" dan segera meninggalkan bapak dan anak-anak tersebut.

Seiring berjalannya waktu gue merasa makin aneh dengan orang-orang sekitar. Pada saat belum sekolah sampai SMP gue deket banget sama tetangga sekitar, bahkan saudara dari ayah / ibu sering banget main kerumah dan disitu banyak habisin waktu buat main bareng dirumah, berpetualang (*masih banyak hutan-hutan kecil dan permukiman warga yang bisa dibilang hampir seperti di desa suasananya), bahkan memancing. Lama kelamaan mereka satu-persatu sibuk dan hanya berkabar lewat telepon seluler. Semenjak saat itu mungkin makin terasa batas diantara kita. Sangking lamanya tidak bertemu bahkan ada yang lupa dengan wajah gue, juga sampai buang muka atau pura-pura nggak liat.

Oke balik lagi ke cerita masa SMA, menurut gue SMA adalah masa yang paling krusial. Bahkan pada waktu itu gue masih duduk di bangku kelas 10, ada temen dari kelasan yang suka sama seorang cewek dari kelas kami juga dan dia mendatangi saya nanya "eh, lu suka nggak sama dia (*sambil nunjuk cewe yang dia suka)" trus gue jawab "enggak, biasa aja, kenapa emang?" Tiba2 dia kecilin suara dia ngomong sambil bilang "gua mau culik dia" gue dengan cepat menolak, setelah itu dia datengin temennya yang lain yang kebetulan posisi tempat duduknya dibelakang gue. Pada kala itu lagi istirahat dan dikelas cuma ada gue, cewe itu, cowo yang ngajak nyulik, dan temen kelasan yang didatengin dia.
Sayup-sayup gue denger dia bilang "gua mau nyulik dia, lu mau ikutan ato bantu nggak" trus dibales sama temen gue "nyuliknya gimana? Yabakalan susah lah" trus dia bales "ya gampang lah, deketin, ajak kerja kelompok dirumah, kasih obat tidur, kalo udah tidur tinggal kita pake" Wah disitu gue ngerasa gila seketika baru tau bahwa ada orang jahat yang punya rencana segitu besar. Tiba-tiba fokus gue buat nguping mereka pecah seketika karna masih agak syok, dan yang terakhir gue denger dari percakapan mereka "yaudah nanti kalo ada kerja kelompok salah satu mata pelajaran gua yang atur biar kita sekelompok sama tuh cewe" -skip-

Makin lama gue makin menutup diri karena gue liat makin banyak orang yang ga bener diluar sana, akhirnya gue nyoba buat ngegame karena banyak banget waktu luang yang kosong yang bingung entah harus dipake buat ngapain. Mungkin kalian pernah denger atau baca "Pacaran tuh sama gamer, jauh dari rokok, jauh dari minum-minum, jauh dari seks bebas, dlsb" gue pribadi bilang itu semua SAMPAH, gaada bener2nya samasekali. Game nggak ngerubah perilaku kalian jadi lebih baik atau apalah itu, itu semua tergantung pribadinya masing-masing. Atau bahkan kalian pernah baca / denger "Pacaran tuh sama anak bla bla bla, ini aja dijagain apalagi kamu" please deh, sekali lagi ini tuh cuma kalimat sampah, gaada hubungannya samasekali game sama kepribadian seseorang. Makin lama gue makin candu bermain game dan emang harus gue syukurin karna gue punya sahabat karna hobi gue ngegame saat itu. Seiring berjalannya waktu gue ngerasa risih ditempat gue biasa main kala itu, ngga jarang gue denger "lu dari mana? Biasa lah abis ganti oli di kost sama cewe gue" "lu dari mana? Biasa lah puas-puasin sama cewe gue, kan ortunya lagi diluar kota" dan masih banyak lagi. Seketika mereka ngelempar pertanyaan ke gue waktu lagi asik main, "lu kapan punya cewe, biar bisa ganti oli kyk kita-kita, ga diganti ya karatan lah punya lu" dengan santai gue jawab nggak lah, kalo gue kyk kalian, apa bedanya gue sama kalian. Emangnya lu pada gitu gatakut karma? Mereka bales "hah? Karma? Karma apaan? Gila kali lu ya HAHAHA" lu pernah bayangin nggak karna ulah lu sekarang nanti anak lu, anak perempuan lu, atau bahkan adek perempuan lu yang dapet balasannya? Apa nggak hancur hati lu saat tau mereka rusak? Sorry bro gue paling takut karma, lagian semua ada saatnya. Mereka terdiam sejenak dan bilang "Halah sok suci Lo, lagian ya gamungkin lah gitu, namanya masa muda ya senang-senang lah, emangnya lo maen game doang, gua nggak yakin lo gini terus setahun, dua tahun lagi juga lo bakal berubah. Disitu gue mencairkan suasana dengan ngajak mereka main bareng.

Setahun berlalu mereka makin dekat dan akrab dengan gue tapi dengan akal busuk yang sama. Kali ini dia berusaha ngajak gue ke tempat prostitusi, mereka bilang lu puas-puasin disana, semuanya gua ber 2 yang bayar, jangankan bayar, lu juga gua kasih duit kalo mau nyobain yang namanya seks. Sebagai tandanya lu deal, lu bakar lu isap nih rokok sebatang (*gue nggak ngerokok). Gue bales apa-apaan sih lu ber 2, gue bilang enggak ya tetep enggak, lu cari aja orang lain yang mau. Disitu ada sahabat gue yang terdiam dengerin respon gue saat diajak mereka dan dia bener-bener salut dan ngacungin jempol ke gue (*disitu gue belum sahabatan sama dia, dan dia bukan bagian dari orang yang ngajak-ngajak gue). Dari saat itu gue sama sahabat gue ini makin deket, deket bener-bener deket, dia mahasiswa, dan gue baru banget nginjek bangku perkuliahan saat itu. Dia orang yang perduli banget sama gue, bahkan waktu liburan gue sampe 2minggu main warnet ngga pulang kerumah gara-gara dibawain kue, dibeliin makan-minum, bahkan sesekali diajak jalan biar nggak liat monitor terus katanya. Bayangin gue 2 minggu main di warnet cuma modal 50ribu, sisanya dia yang nanggung. Sampe-sampe dia akrab banget sama ortu gue dan baru kali itu gue ngajak orang kerumah dan sifat ortu gue jadi welcome banget ke orang yang baru mereka liat / kenal.
Dan sayangnya dia sudah pergi.

Oke mungkin yang baca ini bakal mikir "apaan sih nih TS normies garis keras, dlsb" tapi bukan itu gan / sist ini soal moral generasi bangsa. Oke mungkin ada lagi yang nganggep "apaan sih nih TS sok-sokan ngomongin buat bangsa, kuliahnya aja belum tentu bener" sekali lagi bukan itu gan / sist gue cuma prihatin sama orang-orang sekarang, entah gue yang masih cildish jadi gue terlalu khawatir buat ini-itu padahal kalau bicara soal umur, umur gue udah terbilang dewasa. Tapi gue yakin ini tuh bukan childish lagi, tapi ini wujud prihatin gue sama anak-anak jaman sekarang. Gimana enggak? Mungkin gan / sist terlalu sibuk dengan dunia sendiri, coba gan / sist liat sekeliling dimana anak kecil hampir gaada sopan-santunnya, dimana anak kecil udah ngerokok, bahkan temennya temen gue udah berumah tangga dia nyimpen cewe mulai dari sd-smp-sma-kuliah/kerja buat penuhin hawa napsu dia.

Mungkin bukan cerita baru kalau anak SD udah ada yang kenal yang namanya seks, pelecehan seksual yang mengintai dimana-mana menunggu kesempatan.

Dan pengalaman gue paling pahit pacar gue ngalamin pelecehan seksual, tapi beruntungnya dia bisa kabur. Well, waktu itu gue LDR dan gue malam itu gakuat denger tangisan dia lewat telepon, malam itu dia begitu gelisah, nangis meraung-raung minta gue segera kesana buat nemenin dia, tapi gue berusaha tetep tegar dan yakinin dia kalau dia gabakal kenapa-kenapa sampai akhirnya gue berjanji kalau gue bakal ada disana kalau terjadi apa-apa sama dia. Dan akhirnya dia bisa tenang dan akhirnya tidur malam itu
0
2K
33
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan