drumssAvatar border
TS
drumss
ILP Project, Rock Progressive Manjakan Telinga Ditengah Serbuan Genre Musik Lain
Berbicara selera musik, kita mungkin terlahir untuk memiliki selera yang berbeda dari satu kaskuser dengan kaskuser lainnya, dan tentunya kita ga boleh memaksakan satu genre kepada seseorang, karena setiap orang punya taste masing-masing, dan ini rasanya jadi sesuatu hal yang tak bisa diganggu gugat. Kayaknya Kaskuser dimari sepakat bahwa saat ini Indonesia diserbu dengan ratusan bahkan mungkin jutaan lagu dari berbagai band/penyanyi berlatar belakang genre yang berbeda. Bahkan ada yang bilang, kalau namanya musik rock dianggap sudah mati, atau tenggelam atau apapun lah itu! Justru, sekarang ini gue sendiri berpendapat bahwa musik rock itu ga akan mati, meskipun keberadaan genre musik rock seakan dikepung oleh genre lain yang lagi berkembang ataupun yang sedang naik daun.




Indra Lesmana Project atau biasanya netizen lebih demen menyebut dengan sebutan ILP Project , adalah sebuah band yang bisa gue bilang merupakan band baru bentukan Indra Lesmana dengan hadir mengusung genre Rock Progressive(pendapat gue). Pasti dari Kaskuser dimari ada yang bertanya dalam benak kalian masing-masing, "lhoo.. koq Indra Lesmana mainin musik Rock"?. Sepertinya kita punya pemikiran yang sama gan, pasalnya nama Indra Lesmana sudah terlanjur melekat dan begitu erat dengan musik yang beraroma Jazz. (Ahhh.. mungkin karena kita termasuk pribadi yang dulunya kebanyakan nongkrong di RW Lounge, atau lebih sering ngabsen ke Java Jazz atau konser Jazz  lainnya.. hahhahahah D). Awalnya rasa penasaran dan sedikit bahagia sudah mulai merasuk batin dan pikiran gue nih gan, secara bagaimanapun juga gue ga lupa dengan sejarah bahwa gue pernah berkutat di dunia persilatan musik (meskipun hanya sebatas nge-band level sekolah dan tingkat RT/RW emoticon-Malu (S)). Pernah menyandang sebagai status anak band tentu membuat gue sudah akrab dengan beberapa genre musik dan repertoar lagu dari band-band tanah air, ataupun band yang berasal dari luar negeri. 


KemunculanILP Project sontak membuat bulu kudu merinding ketika telinga baru saja disuguhi oleh bunyi-bunyian yang keluar dari earphone, ternyata itu merupakan highlight lagu dari ILP Project yang tak lebih daru satu menit yang gue dengerin melalui salah satu channel di YouTube. Sampai akhirnya jari-jemari, insting perasaan, dan otak seakan berkolaborasi membuat gue untuk mencari tahu sedikit lebih jelas tentang keberadaan dari ILP Project, band Rock Progressive yang sekilas bikin kuping gue jatuh cinta (Ahhhh.. Lebay lo, Gan! emoticon-Malu (S)). Dari beberapa sumber yang gue baca, ILP Project merupakan band besutan dari Indra Lesmana yang terbentuk melalui audisi online. Dari audisi tersebut, sampai akhirnya terpilihlah lima anak band yang memiliki karakter musik berbeda di tiap permainannya. Harmonisasi Indra Lesmana dan personil-personil itulah yang tentunya jadi cikal bakal lahirnya mini album ata EP berjudul 'Sacred Geometry'. Kira-kira siapa saja yah personilnya?



Pada posisi vokal diisi oleh sang vokalis, Togar dengan lengkingan suaranya yang kalau lo dengerin bakal bikin merinding gan. Untuk posisi penggebuk drum, rupanya sosok Hata Arysatya jadi pilihan Indra Lesmana. Buat anak band (drummer) pasti udah akrab deh dengan sosok Hata Arysatya, secara doi pernah jadi jawara salah satu kompetisi drum yang diadakan merek drum. Sementara untuk Gitaris 1 rupanya ada nama ga asing, yaitu Karis adalah personel dari Deadsquad. Kemudian pada Guitar 2 ada Ray yang mengisi posisi rhythm yang kalau perhatikan di beberapa video, Ray juga sempet tampil nge-lead dengan memainkan melodi. Kemudian buat pemain Bass rasanya udah ga asing deh gan, Ada Shadu Shah yang memang sering menemani pemain top tanah air, diantaranya ada Dewa Budjana, Toh Pati, dan lainnya. Kemudian ada sang jagoannya nih gan, Indra Lesmana pada keyboard & piano. 


Komentar Netizen Tentang ILP Project 

Beberapa hari ini ketika gue ada waktu kosong di kantor, gue sering mantengin YouTube dengan puter lagu2 dari ILP Project YouTube Channel berkali-kali, sampe-sampe gue juga mantengin berbagai komentar dan cibiran dari para penikmat musik yang sepertinya mereka jadi juri dengan menilai dan melontarkan berbagai komentar. Sebelum lo komentar juga gan, coba lo dengerin dulu beberapa video dari ILP Project :

Spoiler for Lagu ILP Project:

Melihat komentar-komentar yang ada pada video tersebut, sampe pada akhirnya gue ngerasa terdorong untuk makin bersemangat membuat thread ini di kaskus. Banyak komentar beranggapan, bahwa ILP Project punya nuansa musik mirip dengan band A, mirip dengan Band B, ada juga yang berkomentar bahwa permainan Indra Lesmana seperti Derek S***... . Gue pikir sih pendapat itu syah-syah aja yah gan, secara orang punya pandangan dan interpretasi masing-masing akan apa yang mereka dengar ataupun apa yang mereka lihat dan rasakan. Kalau gue sendiri sih pribadi gue ngerasa seakan dibawa ke dunia gue masa lalu, masa dimana gue lagi aktif-aktifnya nge-band dengan membawakan sederet repertoar bergenre Rock Progressive. Kalau dari segi musikalitas gue acung empat jempol untuk ILP Project, dari segi aransemen ataupun komposisi notnya, ini jujur aja jadi salah satu musik yang manjain kuping gue sih. Mungkin bisa jadi karena memang gue pernah dengerin lagu-lagu dari YES, Genesis, Black Sabbath, DT, etc. 


Sayangnya nih gan, waktu ILP Project menggelar Showcase di Jakarta dan Surabaya, gue harus berat hati untuk ga bisa nonton karena sebuah keharusan jadi kuli demi menghidupi anak istri emoticon-Cool. Apapun yang terjadi gue akan support ILP Project dengan thread-thread gue, maju terus Om Indra dkk.. Maju terus ILP Project, Semoga sukses dan bisa Go Internasional agar makin mengepakan sayap hingga ke ranah musik luar negeri. 


Kalau menurut Kaskuser, ILP Project bagaimana? komeng di mari, share, dan mari kita viralkan agar dunia musik tanah air makin menggelora!

emoticon-2 Jempol emoticon-Toast emoticon-Selamat emoticon-I Love Indonesia



Diubah oleh drumss 18-07-2018 04:10
0
1.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan