donigoalAvatar border
TS
donigoal
6 Jenis Sarung Tangan Safety Yang Kece
Mungkin banyak diantara agan2 sekalian sudah tidak asing lagi dengan safety hand gloves. Apalagi untuk agan yang bekerja dengan potensi bahaya yang tinggi, pemakaian hand gloves bukan lagi sekedar kewajiban tapi kebutuhan agar tangan kita yang sehat dan indah tidak tergores bahkan mungkin terluka parah akibat bekerja (udah kayak tangan model aja nih gan emoticon-Wakaka )



Tapi agan sekalian tahu ga kalau safety hand gloves ternyata banyak jenisnya?

Safety hand glovessendiri adalah alat yang dipakai untuk melindungi tangan dari potensi bahaya seperti goresan benda tajam, panas, bahkan bahan kimia. Hand gloves yang dipakai untuk melindungi dari panas tentunya berbeda dengan yang digunakan untuk melindungi tangan dari bahan kimia. Apasih bedanya? Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut beberapa jenis hand gloves berdasarkan fungsi dan bahan penyusunnya.

Impact Hand Gloves



Hand Gloves jenis Impact ini dilengkapi dengan fitur shock absorber. Artinya Ketika ada benda berat terjatuh dan menimpa tangan anda, Impact Hand Gloves dapat melindungi tangan anda dengan menyerap energi tumbukan sehingga tangan anda tidak terkena energi tumbukan sepenuhnya.

Abrasive Hand Gloves


Hand Gloves jenis ini adalah hand gloves yang sering digunakan ketika dalam permesinan terutama Abrasive. Dengan formulasi nitrile pada materialnya nya membuat sarung tangan ini tahan terhadap abrasi yang diakibatkan oleh gesekan. Abrasive Hand Gloves juga tahan terhadap benda benda tajam, jadi sangat cocok digunakan untuk pekerja yang menggunakan mesin mesin abrasi.

Anti Slip Hand Gloves




Anti Slip Hand Gloves ini digunakan pada benda kerja yang basah ataupun berminyak. Anti Slip hand Gloves ini dilengkapi dengan Grip technology sehingga objek kerja yang berminyak maupun basah dapat di genggam dengan kuat tanpa terpeleset. Dengan teknologi microchannel pada sarung tangan ini menyerap fluida cair yang menempel pada benda kerja sehingga kontak sarung tangan dengan benda kerja tidak dihalangi oleh cairan-cairan tersebut.

Lifting Hand Gloves



Hand gloves jenis ini adalah hand gloves yang paling sering ditemukan di pasaran. Digunakan untuk melindungi tangan dari goresan benda tajam dan meminimalisir potensi selip saat mengangkat sesuatu. Hand gloves ini terbuat dari kain yang berserat. Ada pula beberapa lifting hand gloves yang dilengkapi lapisan karet pada bagian telapak tangan untuk menambah kekuatan cengkeraman tangan saat mengangkat.

Jangan gunakan hand gloves jenis ini saat kalian mengoperasikan benda atau mesin berputar ya. Kenapa? Karena hand gloves ini terbuat dari kain yang berserat, maka ada potensi serat tersebut tersangkut di mesin berputar yang justru membahayakan tangan kita.

Heat Resistant gloves



Hand gloves ini biasanya terbuat dari leather (kulit) dan bagian dalamnya terdapat lapisan kain yang halus. Hand gloves ini lebih tebal dan berat dibanding dengan hand gloves lainnya. Kenapa terbuat dari karet dan tebal? Karena sesuai dengan namanya, hand gloves ini berfungsi sebagai isolator panas yang melindungi tangan kita dari panas atau suhu yang tinggi. Dipasaran sendiri hand gloves ini sering disebut sebagai sarung tangan las. Biasanya digunakan pada saat pekerjaan las, blander (cutting torch), dan berbagai pekerjaan lainnya yang berhubungan langsung dengan suhu tinggi, furnace, dll.

Chemical Resistant gloves



Sesuai dengan namanya, chemical gloves biasanya digunakan pada lingkup laboratorium dan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan bahan atau zat kimia, seperti wet analysist dan pengecatan. Hand gloves ini biasanya terbuat dari bahan latex, nitrile, vinyl, dan PVC. Chemical gloves yang terbuat dari latex, nitrile, dan vinyl adalah sarung tangan yang sering kita lihat dipakai dibidang kedokteran, namun penggunaannya sendiri sebenarnya tidak sebatas itu, hand gloves ini juga bisa digunakan di laboratorium kimia karena sifatnya yang tidak tembus cairan. Sarung tangan ini bersifat disposable atau sekali pakai.

Selain itu ada pula chemivcal gloves yang terbuat dari PVC, dilihat dari bentuknya, sarung tangan ini biasanya memiliki lengan yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan chemical resistant gloves yang lainnya. Chemical gloves jenis ini biasa digunakan pada saat pekerjaan pengecatan.



Tentunya masih banyak lagi jenis-jenis safety hand gloves yang lain. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan lebih bagi anda yang akan membeli sarung tangan keamanan. Semakin sesuai yang dipakai semakin kecil juga potensi bahaya yang kita terima. Accident No, Safety Yes, K3 Budayaku!


Sumurnya gan :
blog.klikmro.com
mbah google

Jangan lupa cendolnya kalau bermanfaat ya gan emoticon-Toast


emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

Agak antimainstream yang ini nih

Quote:




Diubah oleh donigoal 20-04-2017 01:40
0
14.4K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan