Mainan Excel Yuk... [ SHARE, DISKUSI, ASK, TUTORIAL, ALL ABOUT EXCEL BASIC ]
TS
User telah dihapus
Mainan Excel Yuk... [ SHARE, DISKUSI, ASK, TUTORIAL, ALL ABOUT EXCEL BASIC ]
Assalamualaikum Wr. Wb.
Siang gans,
eh, salah kamar gak nih?
Quote:
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporationyang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketingMicrosoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalamkomputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintoshberbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.
*wikipedia
Quote:
Buat para pelajar, pegawai kantoran, akuntan, pengusaha, dll dst dlsb (bla bla bla), Ms Excel pasti sangat dibutuhkan.
Bagi ane yg pekerja kantoran biasa, excel merupakan kebutuhan.
Ane biasanya klo nyari tutorial excel,pertama kali pasti di kaskus, karena agan2 sekalian pasti informatif kalo ngasi info. Tapi ane liat blm asa trit khusus buat mendiskusikan permasalahan excel (jikalau uda ada, maafin ane, berarti kurang teliti )
Maka, dgn demikian mari kita buat trit ini utk diskusi masalah excel.
Kalo ada pertanyaan ttg EXCEL BASIC, silahkan reply, klo ane bisa jawab, ane jawab. klo ga bs, tunggu agan2 lain yg bisa.hehe
Spoiler for cusss:
Mari kita mulai diskusinya
Spoiler for Kumpulan Shortcut dalam Excel:
Shortcut2 ini akan memudahkan agan dalam mengoperasikan Ms. Excel, tentunya melalui pembiasaan terlebih dahulu. Ane sendiri jarang pake semua shortcut ini, hanya satu dua aja
Quote:
ctrl + 0 : menyembunyikan kolom terpilih
ctrl + 1 : menampilkan kotak dialog Format cell
ctrl + 2 : menebalkan / menormalkan font pada cell
ctrl + 3 : membuat miring / menormalkan font pada cell
ctrl + 4 : membuat garis bawah / menormalkan font pada cell
ctrl + 5 : mencoret / menormalkan font pada cell
ctrl + 6 : menampilkan / menyembunyikan objek, misalnya shapes, BMP dll
ctrl + 8 : menmpilkan / menyembunyikan outlines simbol
ctrl + 9 : menyembunyikan baris terpilih
ctrl + a : untuk menyeleksi seluruh worksheets memilih semua cell pada sheets yang tampil
ctrl + b : untuk menebalkan / menormalkan font
ctrl + c : untuk mengcoppy cell yang dipilih
ctrl + f : untuk menampilkan kotak dialog find or replace
ctrl + g : untuk menampilkan kotak dialog Go To / = fungsi F5
ctrl + i : untuk memiringkan / menormalkan font
ctrl + n : untuk membuat workbook baru
ctrl + o : untuk menampilkan kotak dialog file yang akan dibuka
ctrl + p : menampilkan kotak dialog pencetakan / print
ctrl + s : menyimpan file
ctrl + t : menampilkan kotak dialog pembuatan tabel
ctrl + u : memberi garis bawah / menormalkan font
ctrl + v : paste / menggandakan hasil kopyan
ctrl + w : menutup jendela workbook yang tampil / yang terpilih
ctrl + x : cut
ctrl + y : mengulang perintah / tindakan terakhir, jika mungkin = F4
ctrl + z : perintah Undo
ctrl + ; : memasukkan tanggal sekarang
F1 : menampilkan help
F2 : mengedit isi cell
F4 : mengulang perintah / tindakan terakhir, jika mungkin (berafungsi juga mengunci range pada rumus)
F5 : menampilkan kotak dialog Go To
F7 : menampilkan kotak dialog pengejaan untuk mengecek ejaan dalam worksheets atau are yang terseleksi
F10 : menghidupkan / mematikan tip untuk kunci
F11 : membuat grafik atas data dalam range yang terpilih
F12 : menampilkan kotak dialog save as
ctrl + F1 : Menampilkan / menyembunyikan ribbon
ctrl + F2 : menampilkan jendela print preview
ctrl + F4 : Menutup Workbook
ctrl + F5 : Restores ukuran window
ctrl + F6 : Memilih jendela workbook lain ketika lebih dari satu workbook aktif
ctrl + F10 : Memaximize atau restore jendela workbook terpilih
ctrl + shift + ( : memunculkan baris tersembunyi
ctrl + shift + ) : memunculkan kolom tersembunyi
ctrl + shift + & : membuat border di sekekliling cell yang dipilih / diseleksi
ctrl + shift + _ : menghilangkan border di sekeliling cell yang dipilih / diseleksi
ctrl + shift + ~ : menerapkan format angka secara general
ctrl + shift + $ : menerapkan format angka dalam mara uang dengan 2 desimal
ctrl + shift + % : menerapkan format angka persen tanpa desimal
ctrl + shift + # : menerapkan format tanggal
ctrl + shift +@ : menerapkan format waktu dalam jjam dan menit (AM/PM)
ctrl + shift +! : menerapkan format angka dalam 2 desimal dengan pemisah ribuan
ctrl + shift + : : Memasukkan waktu sekarang
ctrl + shift + " : megkopy nilai dari cell diatas cell aktif
ctrl + shift + + : memunculkan kotak dialog penyisipan baris
ctrl + shift + - : memunculkan kotak dialog penghapusan baris
ctrl + shift + O : memilih cell yang berisi coment
shift + F2 : menambah / mengedit komentar pada cell
shift + F3 : menampilkan kotak dialog penyisipan fungsi
shift + F10 : menampilkan menu shorcut untuk item yang dipilih
shift + F11 : menyisipkan worksheet baru
alt + F1 : membuat grafik dari data range yang sudah ditentukan sebelumnya
alt + F8 : menampilkan kotak dialog macro
alt + F11 : Membuka Microsoft Visual Basic Editor . disini dapat dibuat macro dengan Visual Basic for Aplication (VBA)
alt +shift + F1 : menyisipkan worksheet baru
Spoiler for Beberapa Fungsi Populer di Excel:
Fungsi SUM
Quote:
Gunakan fungsi ini untuk menambahkan nilai dalam sel.
Fungsi IF
Quote:
Gunakan fungsi ini untuk mengembalikan satu nilai jika kondisi true dan nilai lain jika kondisi false. Berikut ini adalah video tentang menggunakan fungsi IF.
Fungsi LOOKUP
Quote:
Gunakan fungsi ini saat Anda harus mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua.
Fungsi VLOOKUP
Quote:
Gunakan fungsi ini saat Anda perlu menemukan berbagai hal dalam tabel atau rentang menurut baris. Misalnya, mencari nama belakang karyawan menurut nomor karyawannya, atau menemukan nomor teleponnya dengan mencari nama belakangnya (sama seperti buku telepon).Lihat video tentang menggunakan VLOOKUP ini.
Fungsi COUNTIF
Quote:
salah satu fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria; misalnya, untuk menghitung berapa kali kota tertentu muncul dalam daftar pelanggan
Hayoo, apa lagi ganss?
Update!
Spoiler for Freeze Panes:
Freeze Panes adalah fitur pada Excel yang digunakan untuk menjaga tampilan heading (baik kolom maupun baris) tetap pada posisinya ketika kita scrolling data ke bawah maupun kesamping gans.
Yuk kita belajar bareng...
1. pertama2 buka file excel agan. Cek gambar dibawah yg ane gunakan sbg contoh
2. Nah, fungsi freeze panes ada di Tab "View", di kategori "window", cek gambar.
3. Freeze panes ini ada 3 fungsi, yaitu :
Freeze Top Row : untuk mengunci/freeze baris pertama (paling atas) aja. 1 baris doang gan
Freeze Firs Colomn : untuk mengunci/freeze kolom pertama aja gan (kolom paling kiri). 1 Kolom doang.
Freeze Pane : Kalo yg ini, kita bisa milih mau kolom mana aja yg pengen kita freeze. Misalkan, contoh dibawah adalah klo kita pengen mem-freeze kolom pertama dan baris teratas bersamaan.
Caranya :
a. arahkan kursor di cell B2, kemudian klik freeze panes... Taraaaa... done!
Gimana kalo ane mau memfreeze 2 baris pertama dan 1 kolom pertama?
Gampang... yg perlu diperhatikan adalah peletakan kursor/pemilihan cell nya. cek gambar
nah, begitu.... klik cell B3 kemudian pilih freeze panes
Untuk posisi2 laen, sesuaikan aja gans kursornya...silahkan mencoba...
oya kalo mau non aktifin Freeze Panes, tinggal klik aja Unfreeze Panes di menu yg sama
Sekian
Video
Spoiler for count if:
Spoiler for Dropdown list:
Spoiler for Durasi Waktu:
Spoiler for Fungsi Dasar IF:
Spoiler for Cara Membuat Tabel:
Spoiler for Setting Header Berulang Ketika Ngeprint:
UPDATE :
1. Menghitung fee perjalanan dinas : klik disini
2. Cara Membuat Absensi/Daftar Hadir Otommatis di Excel klik disini
3. Cara Mengurutkan / Membuat Ranking di Excel klik disini
4. Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong ( Setting Print Preview Mudah) klik disini
5. Penjelasan Fungsi Absolute Dan Contohnya - Tutorial Excel Pemula klik disini
6. Cara Membuat Rundown Acara Otomatis dengan Excel klik disini