lisa1510Avatar border
TS
lisa1510
Dapatkah Perancis Menghancurkan Mimpi Belgium ?


Perancis akan bertemu Belgium dalam bentrokan babak semi-final Piala Dunia edisi 2018. Laga panas kedua tim ini akan berlangsung di Saint-Petersburg Stadium, St. Petersburg pada hari Rabu (11/7) pukul 01.00 WIB.

Pemenang dalam laga kali ini akan maju ke final untuk bertemu Inggris atau Kroasia. Perancis sudah dua kali tampil di final, dengan catatan 1 kali menang dan 1 kali kalah. Sementara Belgium belum pernah lolos ke final.



Lolosnya Perancis dan Belgium ke babak semi-final menegaskan dominasi tim Eropa di Piala Dunia yang berlangsung di Rusia kali ini. Masing-masing mereka berhasil menyingkirkan dua tim raksasa Amerika Selatan yang tersisa di babak perempat-final. Kini dua tetangga ini akan menyuguhkan pertandingan semi-final yang menegangkan di Saint-Petersburg Stadium.

Perancis menunjukkan tampilan yang berlawanan dengan apa yang mereka hasilkan saat menumbangkan Argentina di babak 16 besar. Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe tampil fantastis saat itu. Akan tetapi, ia kesulitan untuk menembus garis pertahanan Uruguay di babak perempat-final. Meski demikian, pasukan Didier Deschamps itu tetap memegang kendali permainan sepanjang 90 menit laga.

Deschamps hanya melakukan satu perubahan dalam formasi reguler 4-2-3-1 saat bentrokan melawan Uruguay. Absennya Blaise Matuidi memberi tempat kepada Corentin Tolisso di lini tengah. Akan tetapi, Matuidi diperkirakan akan kembali ke Starting XI saat melawan Belgium.

Tampaknya tidak akan ada perubahan di lini lain, mengingat tidak ada pemain yang cedera atau diskors. Itu berarti Olivier Giroud akan memimpin baris depan, dengan disokong oleh Mbappe dan Antoine Griezmann.

Di sisi lain, generasi emas Belgium tampaknya siap mengukir sejarah baru di Piala Dunia. Bagaimanapun juga, ini adalah penampilan semi-final Piala Dunia yang kedua kalinya dalam sejarah Setan Merah, menyusul kekalahan di Piala Dunia edisi 1986 dari juara bertahan Argentina.



Tim asuhan Roberto Martinez ini melangkah ke babak semi-final, setelah menyingkirkan salah satu favorit juara Piala Dunia, Brasil. Mantan bos Everton itu menurunkan Starting XI kejutan untuk mengalihkan taktik, dengan memainkan orang-orang seperti Nacer Chadli dan Marouane Fellaini dalam bentrokan melawan Selecao. Keputusan itu terbayar ketika Belgium terlihat sangat solid di lini belakang, untuk membendung salah satu lini menyerang paling berbakat di dunia tersebut.

Yannick Carrasco dan Dries Mertens adalah korban dari perubahan taktik Belgium saat melawan Brasil. Dan tampaknya kedua pemain tersebut akan tetap berada di bangku cadangan saat melawan Perancis.

Masalah utama bagi Martinez adalah tidak adanya bek sayap kanan PSG, Thomas Meunier, yang diskors setelah menerima kartu kuning kedua di turnamen saat melawan Brasil. Sementara itu, Kevin De Bruyne terbukti menjadi senjata berbahaya ketika Martinez memindahkannya lebih ke arah gawang lawan, di mana ia mencetak 1 gol saat melawan Brasil.

Berdasarkan head to head, laga kali ini akan menjadi pertemuan ke-20 antara Perancis dan Belgium. Les Bleus sedikit unggul dalam sejarah pertemuan dengan Belgium. Mereka mencatat 8 kali menang, 6 kali imbang dan 5 kali kalah dari 19 pertemuan dengan Setan Merah.

Kedua tim terakhir kali bertemu di Piala Dunia pada edisi 1986 lalu, ketika Perancis mengalahkan rival Eropa mereka itu dengan skor 4-2 setelah babak perpanjangan waktu dalam pertempuran untuk medali perunggu. Sejak bentrokan itu, kedua belah pihak saling bertemu 8 kali dalam pertandingan persahabatan.

Belgium tidak terkalahkan dalam 3 laga terakhir melawan Perancis. Mereka mencatat 2 kali hasil imbang tanpa gol secara beruntun, dan kemenangan dengan skor 3-4 pada Juni 2015 lalu.



Kedua tim akan menatap laga kali ini dengan kepercayaan diri yang tinggi, sehingga tidak diragukan lagi jika ini akan menjadi laga yang menegangkan. Kedua tim memiliki potensi untuk mencetak gol, karena masing-masing memiliki penyerang berbakat dalam diri orang-orang seperti Griezmann dan Mbappe dari kubu Prancis, serta Romelu Lukaku, Eden Hazard dan Kevin De Bruyne dari kubu Setan Merah.

Namun demikian, tidak seperti Belgia yang telah mengalahkan Brasil, Perancis belum pernah menghadapi lawan yang menjadi favorit di turnamen kali ini. Sementara Setan Merah telah membuktikan seberapa kuatnya mental mereka saat digempur habis-habisan jelang akhir laga oleh Selecao di babak perempat-final.

Prediksi Susunan Pemain Perancis vs Belgium :
Perancis : Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez, Pogba, Kante, Mbappe, Griezmann, Tolisso, Giroud.

Belgium : Courtois, Boyata, Alderweireld, Kompany, Vertonghen, Fellaini, Witsel, Chadli, Lukaku, De Bruyne, Hazard.

Head to Head Perancis vs Belgium :
07-06-2015 France 3 : 4 Belgium
14-08-2013 Belgium 0 : 0 France
15-11-2011 France 0 : 0 Belgium
18-02-2004 Belgium 0 : 2 France
18-05-2002 France 1 : 2 Belgium
28-06-1986 France 4 : 2 Belgium

5 Pertandingan Terakhir Perancis:
06-07-2018 Uruguay 0 : 2 France
30-06-2018 France 4 : 3 Argentina
26-06-2018 Denmark 0 : 0 France
21-06-2018 France 1 : 0 Peru
16-06-2018 France 2 : 1 Australia

5 Pertandingan Terakhir Belgium :
06-07-2018 Brazil 1 : 2 Belgium
02-07-2018 Belgium 3 : 2 Japan
28-06-2018 England 0 : 1 Belgium
23-06-2018 Belgium 5 : 2 Tunisia
18-06-2018 Belgium 3 : 0 Panama


0
2.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan