kabar.kaburAvatar border
TS
kabar.kabur
Allahu Akbar, Alquran Luput dari Kebakaran Hebat di Wonosobo

Tribun Jateng
SELAMAT DARI API - Kitab suci Alquran utuh tak terbakar dalam rumah Nuryanto di Desa Karangduwur Kalikajar Wonosobo dan seisinya ludes terbakar beberapa waktu lalu.



WARTA KOTA, BOGOR - Selalu ada hikmah di balik setiap bencana. Itulah yang terjadi sebuah rumah di Dusun Kewengen Desa Karangduwur Kecamatan Kalikajar Wonosobo, terbakar Rabu pagi (4/7) lalu. Rumah kayu milik seorang petani, Nuryanto itu ludes terbakar, beserta seluruh isinya kecuali satu benda.

Tiada harta yang terselamatkan. Usai api padam, yang tersisa hanyalah puing reruntuhan yang menghitam. Di sebuah kamar yang menjadi pusat kobaran api, ada yang mencoba mengais puing reruntuhan. Seluruh isi kamar habis terbakar.

Tetapi tidak untuk sebuah benda berbentuk persegi panjang yang ditemukan di balik puing-puing. Hingga kemudian warga memastikan, benda itu adalah kitab Alquran . Kitab itu jadi satu-satunya benda yang selamat dari
kebakaran dahsyat yang menghanguskan rumahnya.

Warga meyakininya sebagai keajaiban yang tak masuk akal. Bagaimana mungkin, ada benda yang luput dari sambaran api saat bencana itu terjadi. "Itu keajaiban. Karena semuanya ludes terbakar," kata Kepala Desa Karangduwur Kecamatan Kalikajar Wonosobo, Sujoko, Sabtu (7/7)

Kitab Alquran yang selamat dari kebakaran itu pun seketika jadi pusat perhatian di area bencana. Sebagian warga yang menyaksikannya tak berujar kata lain, kecuali mengagungkan Ilahi yang berkuasa atas semua hal.

Kitab berbahan kertas tersebut hanya hangus pada pinggirannya. Adapun tulisan ayat di dalam kitab itu masih utuh dan tak tersentuh api. Padahal, menurut Sujoko, kitab Alquran itu berada di kamar Nuryanto yang menjadi sumber kobaran api.

Musibah itu menjadi ujian berat bagi keluarga Nuryanto. Saat kebakaran terjadi, rumah itu dalam kondisi kosong dan terkunci. Penghuni rumah itu tengah beraktivitas di ladang saat
kebakaran terjadi.

Ratusan warga yang menyaksikan kejadian itu bahu membahu memadamkan api dengan alat seadanya. Namun nahas, api lebih cepat melahap seluruh bangunan rumah dan seisinya sebelum berhasil dipadamkan.

Seluruh harta benda tak terselamatkan. Sebuah sepeda motor yang belum lama dibeli juga hangus dilalap api. Uang tabungan Rp 68 juta yang disimpan di rumah pun lenyap terbakar.

Yang menyedihkan, Nuryanto belum sempat menikmati uang hasil penjualan tanahnya itu. Uang itu baru saja diterimanya dari pembeli pada malam sebelum rumahnya terbakar. Keluarga Nuryanto harus menderita kerugian ratusan juta rupiah karena musibah itu.

Rumah Nuryanto ternyata menjadi salah satu sasaran program bedah rumah oleh pemerintah. Tahun 2018 ini, rumah yang kini tinggal puing itu sejatinya akan dibedah melalui bantuan Pemerintah Provinsi Jateng sebesar Rp 10 juta. "Rencananya itu mau dibedah,"katanya. (khoirul muzaki)



http://wartakota.tribunnews.com/2018...at-di-wonosobo



0
2.9K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan