l4d13putAvatar border
TS
l4d13put
Suhu Yogya Dingin 18 Derajat Celcius, Mirip Bandung yang 16,4 Derajat Celcius
Suhu Yogya Dingin 18 Derajat Celcius, Mirip Bandung yang 16,4 Derajat Celcius


Jum'at 06 Juli 2018 16:38 WIB


SLEMAN – Penurunan suhu udara ternyata tidak hanya terjadi di Bandung yang mencapai 16,4 derajat celcius. Namun, juga terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), suhu udaranya cukup dingin, bahkan mencapai 18 derajat celcius.

Kepala Kelompok Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatografi dan Geofisika (BMKG) DIY, Djoko Budiyono mengatakan, dinginnya suhu udara di DIY karena saat ini sedang memasuki musim kemarau. Suhu akan terasa lebih dingin pada malam hari dan tercatat hanya 18 derajat celcius.

“DIY sudah memasuki musim kemarau, yang ditandai suhu yang dingin ini,” ujar Djoko dalam keterangan persnya, Jumat (06/07/2018).

Saat musim kemarau, kata dia, energi panas matahari akan terpantulkan dari bumi langsung hilang di atmosfer. Ini disebabkan rendahnya kandungan uap air di udara. Kondisi ini semakin dipengaruhi adanya angin dari Australia yang bersifat kering dan dingin.


“Angin dari Australia yang bertiup juga kering dan dingin,” imbuhnya.

Perubahan cuaca ini ternyata berdampak terhadap produksi ikan dan mundurnya masa panen. Kondisi diperparah dengan harga pakan yang terus melonjak naik.

“Kalau dingin seperti ini nafsu makan ikan, Kalau dihitung konversi pakan dengan produksi tidak ketemu,” jelas Wagiran, Ketua kelompok Pembudidaya ikan (pokdaka) Trunojoyo, Wates.

Menurutnya, kondisi ini akan menyebabkan pertumbuhan ikan menjadi lebih lambat. Jika sebelumnya ikan lela bisa dipanen pada usia 60 hari, dalam kondisi cuaca dingin bisa menjadi 90 hari. Kondisi yang sama juga akan terjadi untuk ikan lain seperti lele, maupun gurameh dan patin.

“Panennya pasti akan mundur,” tandasnya.

Sumber Berita

==========================================================
Komen TS

Gw lagi di puncak gunung Merapi nih, suhu sekarang di sini 0 sd 3 derajat Celsius
Gw ga bisa turun sekarang meskipun suhu udara terus turun drastis, terakhir gw cek udah mendekati 0 derajat Celsius. Akhirnya gw putusin bertahan di tenda saja, sampai besok siang
Temen2 semua, Doakan gw bisa bertahan dan melewati semua ini, dan selamat pulang ke rumah.

Diubah oleh l4d13put 06-07-2018 17:23
zharki
zharki memberi reputasi
1
4.9K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan