ary63Avatar border
TS
ary63
Kok Masyarakat Berpenghasilan diBawah 20juta Disarankan Tidak Pakai Tol. Piye Iki?
Dibukanya beberapa tol baru di kawasan pinggiran ibu kota menjadi alternatif tersendiri bagi penggunakan kendaraan roda 4. Sehingga dapat lebih efisien dan cepat sampai tujuan. 


Namun tak dapat dipungkiri, jalan tol kerap menjadi arena rebutan bagi kendaraan pribadi dan kendaraan umum seperti kendaraan pengangkut logistik. Menurut Pengamat transportasi perkotaan Yayat Supriatna, tentu saja ada yang dirugikan dari polemik pengaturan jalan tol tersebut. 



Yayat lantas mempertanyakan siapa yang paling dirugikan terkait kebijakan integrasi tol yang akan diambil? Sebab semua berhak menggunakan fasilitas publik, Yayat pun mengingatkan bahwa pilihan mengunakan jalan tol merupakan pilihan rasional. 





Jika merujuk pada hitungan Bank Dunia, Yayat menjelaskan, bagi masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah Rp 20 juta lebih disarankan untuk menggunakan transportasi publik seperti KAI, Commuter Line, Bis, dan TransJakarta. Sebab lebih efisien dan bisa menekan cost yang cukup banyak.

 

Dia merincikan, kalau masuk tol dari kawasan Tangerang, sekitar Rp25 ribu sekali jalan. Maka PP, sambung dia, 50 ribu. Sedangkan kalau dari Bogor, kata Yayat, sekitar Rp40 ribu pulang pergi. 


Sehingga cost yang  harus ditanggung pengendara mobil pribadi kalau dari total Rp50 ribu, maka per bulan sekitar Rp1,5-2 juta. Jika begitu, maka kelas mana yang paling terpengaruh?


Merujuk hitungan Bank Dunia, Yayat menjelaskan, yang dapat mengalokasikan dana sejumlah itu untuk transportasi tol adalah mereka yang memiliki gaji antara Rp15-20 juta.


"Jadi secara rasional, yang mensubsidi adalah menengah ke atas. Kalau yang gajinya di bawah itu mending naik angkutan umum,” pungkasnya.[]


Sumber: [url=https://akuraS E N S O Rekonomi/id-246943-read-masyarakat-berpenghasilan-di-bawah-rp-20-juta-disarankan-tidak-menggunakan-jalur-tol?catId=5]>>>Disini Gan<<<[/url]

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

0
2.7K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan