hidayatsmvAvatar border
TS
hidayatsmv
4 Hal Ini Bisa Membuat Perform Kamu Sukses Didepan Umum

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star


Quote:

Tidak semua orang bisa tampil didepan umum dengan rileks dan enjoy, karena sebagian mereka banyak mengeluhkan tentang perasaan dan kemampuannya yang berantakan saat berbicara atau berkarya disebuah pentas atau kesempatan lain. Hal ini tentu berkaitan erat dengan rasa gugup dan kepercayaan diri yang ada pada seseorang.

Gugup merupakan sebuah tindakan yang tidak tenang, tergesa-gesa dan cendrung bingung apa yang harus dilakukannya. Hal ini terjadi karena kurang yakinnya terhadap kemampuan dan performa yang dimilikinya.

Beberapa waktu yang lalu, TS sering ditanyain oleh teman-teman atau siswa ane tentang bagaimana sih cara biar gak gugup lagi dan bisa membangun kepercayaan diri saat tampil didepan umum ?
Sebetulnya jawaban dari pertanyaan mainstream tersebut, tidaklah mempunyai standar yang baku. Sehingga opini dan tips dari pengalaman TS akan hal ini boleh berbeda dengan apa yang dipaparkan oleh orang lain terhadap kasus itu tadi.

Namun di thread kali ini, TS bakal share beberapa hal yang perlu teman-teman lakukan dan perhatikan saat ingin beraksi didepan umum. Ini bisa diterapkan buat teman-tenan yang mengambil tema sebagai pembicara maupun perform dalam sebuah event.

MATERI & KONSEP


Buat yang masih pemula, jangan sampai teman-teman maju didepan umum dengan prinsip otodidak, karena hal ini sudah 60% dijamin bakal bikin kalian trouble. Mengapa seseorang yang demikian sangat berpotensi kacau dan gugup saat perform didepan umum, karena dipikirannya tidak menemukan gambaran-gambaran tentang apa yang ingin di ucapkannya atau konsep seperti apa yang ingin dilakukannya.
Sehingga untuk menunjang kepercayaan diri dan performa yang bagus, siapkanlah materi atau konsep sesimple mungkin. Yang penting kalian tau arahnya mau kemana dan mudah dilaksanakan.


PAHAMI KONTEN


Syarat kalian bisa enjoy dan rileks, tentu harus paham apa yang kalian bicarakan atau yang teman-teman tampilkan. Jangan sekali-kali melakukan sesuatu yang kalian tak mengerti atau kuasai. Karena itu bakal mempengaruhi psikologis teman-teman saat perform. Bahkan bagi TS sangat mengganggu jika ada rasa kekhawatiran dengan konten yang masih dikuasai setengah-setengah.


TATAPAN MATA


Ini yang paling TS sering lakukan ketika mau perform didepan umum. Saat teman-teman mulai memasuki stage, langsung arahkan pandangan kalian ke Audiens dan kasih respon "tersiap" kalian saat diberi kesempatan untuk maju. Ini bakal menambah kepercayaan diri kamu saat puluhan bahkan ratusan pasang mata menyaksikan kehadiran dan perform agan.

Catatan>>> jangan sampai nunduk atau mengawali dengan ekspresi malu saat kamu memasuki pentas/ stage area.


FASHION


Tidak bisa dipungkiri, cara dan tema pakaian yang teman-teman kenakan sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri kalian saat audiens yang hadir fokus kepada kamu sebagai figur yang ada di stage area. Hal ini perlu teman-teman perhatikan, jangan sampai keliru dalam memilih fashion.

Karena manusia itu merupakan makhluk visual. Oleh sebab itu, persepsi mereka bakal dominan terhadap style fashion yang kamu gunakan.

Selain 4 tips penting di atas, selebihnya ada hal-hal lain yang bisa membantu teman-teman buat menurunkan rasa gugup saat perform ;
~ minum air putih sebelum perform
~ jangan tunda buang air kecil
~ lakukan gerakan santai
~ buat sugestimu sekeren & se positif mungkin


Itu tadi yang dapat ane paparkan, semoga bisa menambah referensi dan bermanfaat buat teman-teman baik saat ini maupun dimasa yang akan datang. Karena sekarang atau nanti, gak ada yang bisa nebak jika kalian bakal mengalami hal demikian. Bye bye !!!


Demikian, sampai jumpa di Thread yang lain, terimakasih sudah mampir ngopi disini Gan - Sis sekalian.



Spoiler for sumur:


0
7.7K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan