Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

juliannisaAvatar border
TS
juliannisa
MOODLE, Dimana Guru dan Murid Tidak Harus Ada di Satu Tempat

Salah satu sistem pembelajaran yang mungkin akan berkembang  adalah dimana pengajar dan siswa tidak harus bertemu di ruangan kelas dan pada waktu tertentu. Teknologi memungkinkan semua kegiatan belajar tanpa terikat waktu, jarak dan tempat. Salah satu media yang memungkinkan itu adalah internet, materi belajar dan kegiatan belajar bisa disajikan dalam bentuk forum mailing list atau situs web. salah satu contoh dan solusi untuk e-learning mangemen sistem adalah moodle.

Moodle seperti sebuah kelas online dimana semua materi dan kegiatan belajar ada di dalamnya.  Pada moodle terdapat fasilitas untuk membuat kategori pada kelas-kelas online yang ada. Pada tiap kategori kemungkinan ada beberapa kelas dengan para pengajarnya masing-masing. Tiap-tiap pengguna pada moodle memiliki  password dan username tertentu. Karena tiap pengguna akan memiliki hak tertentu pula.

Pada moodle terdapat forum yang nantinya dapat dijadikan ajang diskusi dan pemberian informasi dari pengajar ke siswa. Pengajar nantinya bisa menambahkan materi pelajaran berupa teks, halaman web, link ke file tertentu atau website lain atau materi lain. Di moodle, ada beberapa kegiatan belajar mengajar  yang dapat dilakukan antara lain, kuis atau ulangan, forum, pelajaran, pemberian tugas dan beberapa aktifitas lain.

Guru dapat memilih format kelas dan pembelajaran yang akan dilakukan.  Misalnya format weekyang membagi suatu periode atau semester ke dalam beberapa minggu. Di tiap minggu akan ada beberapa materi pelajaran yang harus dibaca dan ada kegiatan belajar mengajar lain seperti tugas, kuis dan aktifitas lain. Umumnya materi disajikan dalam bentuk halaman web, di sini guru bisa menambahakan teks sendiri atau melakukan copy paste dari sumber lain.

Pengajar juga bisa menambahan materi daam bentuk file pdf. File ini bisa di buka atau di simpan siswa nantinya. Demikian pula materi lain berjenis file presentasi power point yang bisa dimpan atau dibuka siswa. Moodle memungkinkan guru memasukkan materi berupa animasi atau visualisasi. Animasi biasanya berupa animasi flash atau gif yang dibuat dengan softwere animasi seperti maromedia flash. Animasi akan memudahkan pemahaman terhadap suatu materi karena tampilannya yang menarik.

Moodle juga memudahkan dalam menyusun materi bab per bab dan kemudian disertai latihan soal-soal tiap akhir bab tersebut. Untuk bahan evaluasi moodle memberi fasilitas untuk membuat kuis atau ulangan. Ada beberapa format soal yang disediakan moodle misalnya pilihan ganda dan format-format yang lain. Jika diperlukan, disediakan juga glosary atau daftar kata untuk tiap bab pelajaran agar siswa mengerti istilah-istilah dalam satu bab pelajaran.

Moodle juga memungkinkan guru melakukan administrasi proses belajar mengajar layaknya kelas. Modle juga memungkinkan guru mengelola hasil kegiatan belajar mengajar selama satu periode.

Terimakasih

emoticon-Jempol

anasabila
4iinch
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
8.5K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan