mendoan76Avatar border
TS
mendoan76
Misteri Kedalaman Danau Toba Akhirnya Terkuak.sekitar 1600 meter
Misteri Kedalaman Danau Toba Akhirnya Terkuak https://buc.kim/d/5AFuhgqOFw

Idnews 24 Jun. 2018 07:29

Rekaman data GPS Kapal Polair merekam kedalaman Danau Toba.Foto: Repro Instagram

IDNews.co.id – Sebuah misteri Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara, terkuak dalam operasi pelacakan dan penyelamatan tragedi tenggelamnya Kapal Motor Cahaya Bangun.

Misteri itu dengan cara tak berniat dikuak tim SAR kombinasi dari Polisi Perairan Polda Sumatera Utara, saat menyisir danau ini untuk mencari bangkai kapal KM Cahaya Bangun.

Dari GPS yang terpasang di boat yang difungsikan melakukan pelacakan bangkai kapal, tersingkap kalau ternyata kedalaman danau vulkanik ini kian lebih satu setengah kilometer atau 1600 meter.

Data yang terekam di GPS itu sangatlah terutama artinya untuk catatan sejarah dunia, dikarenakan sejauh ini tidak ada yang tahu tentu berapakah kedalaman Danau Toba. Bahkan, dalam laman wikipedia, kedalaman Danau Toba baru tertulis sedalam 505 meter saja atau 1666 kaki.
Atau lebih dalam dari Laut Jawa yang rata-rata cuma berkedalaman 200 meter. Atau separuh dari kedalaman Samudera Pasifik yang berkedalaman 3600an meter.

“Danau Toba merupakan sebuah danau alam besar tekto-vulkanik yang menduduki kaldera dari sebuah supervulkan. Danau itu memiliki ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar sekitar 30 kilometer, dan kedalaman sampai 505 meter (1. 666 kaki), terdapat di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba ialah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Ditengah danau itu ada sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir” seperti terdaftar dilansir dari Wikipedia.

Kedalaman 1600 meter basic Danau Toba itu ditemukan Polair saat ikuti rute pelayaran KM Cahaya Bangun dari Pelabuhan Simanindo menuju Pelabuhan Tiga Ras.
Temuan itu jadi berita terheboh karena dibuktikan dengan rekaman video penemuan.

” Bila kita melihat kedalaman danau itu, mungkin akan kami perlihatkan dalam GPS yang berada pada boat kami itu, kita dapat melihat kalau kedalaman danau sekitar seribu enam ratu enam meter, ” kata anggota Polair yang merekam operasi itu dalam rekaman video SAR tragedi Danau Toba.

Kelihatan pada video layar GPS pada kapal memberikan angka 1600 meter sampai lebih. Artinya tersebut kedalaman basic Danau Toba dari permukaan air di jalur pelayaran KM Cahaya Bangun.

Menurut Polair, dengan terungkapnya kedalaman basic Danau Toba ini, jadi tersingkap juga salah satunya yang memicu mengapa demikian sulitnya petugas menemukan bangkai kapal ini.

” Pikirkan demikian dalamnya danau itu jadi mempersulit para petugas untuk menemukan dimana sebenarnya bangkai kapal yang terbenam di danau itu, ” kata petugas Polair itu.

Untuk diketahui, Danau Toba sebenarnya merupakan kaldera atau kawah letusan Gunung Toba Purba yang di prediksi sempat meletus dahsyat pada 73. 000-75. 000 tahun waktu lalu dan letusannya termasuk dalam daftar letusan gunungapi terdahsyat di muka bumi. (ndi)

https://idnews.co.id/misteri-kedalaman-danau-toba-akhirnya-terkuak/

Gimana koment agan2 ttg kedalaman
danau toba aka danau jaman purbakala ?
Ada apa aja ya di kedalaman danau pling dasar?..
mungkinkah ada temuan mengejutkan..
btw trut berduka cita tuk korban2 kapal tenggelam...
Smg arwah2nya diterima di sisi Tuhan..
Dan jenazah2 fisik korban.cepet ditemukan smuanya.aamiin
hargakaskus.com
hargakaskus.com memberi reputasi
2
34.5K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan