Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Selain Kuning, Ternyata Emas Punya Warna Yang Lain
Selain Kuning, Ternyata Emas Punya Warna Yang Lain

Orang bijak bilang: “Makhluk yang paling mulia adalah manusia, batu yang paling mulia adalah intan, dan logam yang paling mulia adalah emas.”

Mungkin semua GanSis sudah tahu itu. Tapi tahukah GanSis, bahwa emas itu tidak hanya berwarna kuning? Ini fakta lho, ternyata emas itu punya warna lain, seperti merah, kuning, hijau, putih, biru, jingga, ungu, coklat dan abu-abu.

Memang, warna dasar logam yang bernomor atom 79 dengan simbol Au (Aurum) ini adalah kuning. Namun ketika ia sudah diolah menjadi perhiasan, maka warnanya akan bermacam-macam, tergantung dari bahan campurannya. Begitu kata ahlinya, GanSis!

BTW, GanSis semua pake perhiasan ga nih? Yah semisal cincin, kalung, gelang, anting, ato apalah namanya. Kalo ya, coba terbuat dari apa bahannya? Jangan ngaku makhluk “mulia yang sempurna” dulu ya, kalo bahan dasarnya bukan dari emas. Kanmanusia itu makhluk yang paling mulia, jadi idealnya sih pake perhiasan dari bahan yang paling mulia juga. emoticon-Big Grin (Ah, sudahlah, itu cuman irtermezzo).

Nah, kalo GanSis pake perhiasan dari emas, dan ternyata warnanya kuning, itu artinya GanSis pake emas murni. Tapi kalo warnanya bukan kuning, maka mungkin GanSis memakai salah satu dari jenis emas berikut ini:


1. Emas Putih

Selain Kuning, Ternyata Emas Punya Warna Yang Lain

Jika perhiasan GanSis terlihat berwarna putih tapi bukan perak atau logam putih lainnya, dan menurut penjualnya itu adalah emas, maka itu namanya Emas Putih.

Emas putih adalah campuran campuran antara logam emas dan logam putih lainnya, seperti perak, nikel, paladium dan platinum. Nah logam putih yang lain inilah yang mengubah warna asli emas dari kuning menjadi putih. Namun sebagai logam mulia, meski dicampur dengan banyak logam lain, ia tetap disebut emas, dan sifatnya yang berkilau masih jelas tampak.

Jadi, komposisi emas putih itu bervariasi, tergantung logam apa yang digunakan sebagai campuran dan berapa persen perbandingan komposisinya. Tapi ingat ya GanSis, Platinum tidak sama dengan Emas Putih, meski banyak orang yang menganggapnya sama.


2. Emas Merah

Selain Kuning, Ternyata Emas Punya Warna Yang Lain

Emas merah adalah emas murni dicampur tembaga. Perbandingannya bisa 1:3 atau lebih. Semakin banyak tembaganya, semakin merah warnanya. Emas merah ini biasa disebut SUWASA.


3. Emas Hijau

Emas akan terlihat berwarna hijau dengan kadar 18K, jika dicampur antara Emas Murni 75%, Perak Murni 15%, Kadmium 4%, dan Tembaga 6%.


4. Emas Biru

Emas juga akan berubah warna menjadi biru dengan kadar 18K, jika emas murni 75% dicampur dengan Besi sebanyak 25%.


5. Emas Jingga

Emas akan berwarna jingga dengan kadar 14K bila emas murni 58%, Perak Murni 6%, dan Tembaga 36%.


6. Emas Coklat

Jika emas murni 75%, ditambah Palladium 18,75%, dan Perak Murni 6,25%, maka akan terbentuk Emas Coklat dengan kadar 18K.


7. Emas Abu-Abu

Emas akan berwarna Abu-abu dengan kadar 18K, jika emas murni 75%, ditambah Tembaga 8%, serta dicampur Besi 17%.


8. Emas Ungu

Jika 83% Emas Murni dicampur dengan 17% Aluminium, maka akan terbentuk Emas Ungu denga kadar 18K.

Warna-warni emas di atas (selain merah, kuning dan putih) memang saat ini belum populer di masyarakat. Namun tidak menutup kemungkinan, suatu saat nanti akan menjadi tren tersendiri pada masanya, sesuai dengan kemajuan dan kreatifitas pengrajin perhiasan emas.
***
Nah itulah beberapa warna perhiasan emas selain kuning.

Yang jadi pertanyaan, andai cintaku yang murni 24 Karat ini, dilebur jadi satu dengan cintamu, akan jadi apakah warnanya? emoticon-Big Grin (*)
Spoiler for Referensi:

Quote:
Diubah oleh Aboeyy 29-06-2018 20:07
adestiey
adestiey memberi reputasi
1
16.2K
90
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan