Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gmc.yukonAvatar border
TS
gmc.yukon
PDIP dan Gerindra Berkoalisi di Pilkada, Fadli Zon: Kami Cocok
TEMPO.CO, Jakarta - Di beberapa pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota pada pilkada serentak tahun 2018 ini, partai pemerintah berkoalisi dengan partai oposisi. Misalnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berkoalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Koalisi ketiga partai ini salah satunya terjadi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Bersama dengan Partai Kebangkitan Bangsa, PDIP, Gerindra, dan PKS mengusung pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. Pasangan ini bersaing dengan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, yang didukung Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrat, Partai Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Bambang D.H. mengatakan bergabungnya Gerindra membuktikan bahwa hubungan politik kedua partai tidaklah panas, seperti yang selama ini dipersepsikan masyarakat. "Politik ini sangat cair. Kami berkoalisi dengan banyak partai di berbagai daerah sesuai dengan kebutuhan," ucapnya, beberapa waktu lalu.

Selain di pilkada Jawa Timur, koalisi tiga partai ini terjadi dalam pilkada Sulawesi Tenggara. Gerindra, PKS, dan PDIP bersama dengan Hanura dan PAN mengusung pasangan Asrun-Hugua.

Bahkan di pilgub Papua, PDIP hanya berkoalisi dengan Gerindra untuk mengusung pasangan Jhon Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae melawan Lukas Enembe-Klemen Tinal, yang diusung Demokrat dan sejumlah partai lain. PDIP dan Gerindra juga berkoalisi dengan PPP, PKB, PAN, dan Hanura dalam pilkada Nusa Tenggara Barat. Koalisi partai ini mengusung pasangan Ahyar-Mori.

Pada pilgub Maluku, Gerindra dan PDIP juga berkoalisi dengan memajukan pasangan calon yang sama. Didukung PPP, NaDdem, Hanura, PAN, PKB, dan PKPI, koalisi PDIP dan Gerindra mengusung pasangan calon Murad Ismail-Barnabas Ornoyang.

Di pilgub Sulawesi Selatan, PDI P berkoalisi dengan PKS. Ditambah PAN, koalisi ini satu suara mengusung pasangan calon Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman.

Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mengatakan koalisi partainya dengan PDIP di empat provinsi serta sejumlah kabupaten dan kota lantaran adanya kecocokan pada figur yang diusung. "Kami memiliki kecocokan pada figur yang diusung," ujarnya.

https://nasional.tempo.co/read/1101237/pdip-dan-gerindra-berkoalisi-di-pilkada-fadli-zon-kami-cocok

Cucok nek
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2K
37
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan