Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hirikomoriaurorAvatar border
TS
hirikomoriauror
[ASK] Cara nagih hutang
Malam agan-agan

Pada kesempatan kali ini ane mau minta saran. Gini, Desember 2017 teman ane sebut saja Ucup minjam duit yang jumlahnya lumayan alasannya buat tes IELTS.

Dia ikut beasiswa LPDP. Sayangnya, ketika tes akhir, nilai akhirnya ga mencapai target. Karena itu sudah tes akhir, maka biaya hidup selama pembekalan bahasa udah ga ada lagi. Nah karena teman ane ini keukeh, dia coba lagi tes IELTS, tapi pke duit sendiri. FYI, teman ane ini rela resign dari kerjanya dan dia benar-benar fokus cuma buat pembekalan bahasa di salah univ. Di Bandung.

Sejak kuliah dulu, Ucup ntu dikenal sebagai seseorang yang dapat dipercaya, ringan tangan kalau ada yang membutuhkan bantuan, ga neko-neko, rajin ibadah, kalau dinjek-injek tetap sabar, dan kesayangan semua dosen karena pintar. Dengan alasan itu semua, ane ga ragu minjemin duit ke dia. Dia janji kalau mau balikin dalam waktu dua minggu.

Dua minggu kemudian ketika udah jatuh tempo, dia ga ngasih kabar. Ane sih positif thinking aja. Telat dikit gapapa deh. Pas udah satu bulan, dia juga ga ngasih kabar. Ane inisiatif nge chat dia duluan.

"Bro, pa kabar? Uda ada belum yang kemaren?"

"Sorry, belum ada. Dana nya belum cair."

"Oke deh".

Bulan berikutnya, dia tetep ga ada ngasih kabar. Ane lagi yang chat dluan.

"Gimana? Duit yang kemaren uda ada? Aku lagi butuh ni. Laptop ku rusak".

Dia online, tapi ga buka chat dari aku. Sabaaaar, aku masih sabar. Besoknya, aku liat dia online lagi, tapi masih ga balas chat aku. Aku PING teruuuuus. Baru dia buka dan balas gini.

"Maaf ya, aku terlambat balikin duit kamu, aku benar-benar minta maaf dan ga nyangka kayak gini, secepatnya aku bayar kalo udah ada"

"Ya udah."

Salah satu teman kuliah ane sebut saja namanya Martha udah ada yang lulus beasiswa dan sekarang lagi studi di Aussie. Komunikasi kami masih terjaga baik. Suatu hari kami komunikasi, dia iseng nanya ke ane apakah ane dan Ucup masih komunikasi. Ane jawab masihlah, beberapa bulan yang lalu dia ngutang. Martha bilang selamat ke ane kalau ane udah jadi korban si Ucup. Ternyata si Ucup ni udah banyak berhutang ke orang lain (rata-rata korbannya adalah teman-teman kuliah dulu). Duit si Martha dipinjam sebelum lebaran tahun kemaren dengan alasan yang sama. Kalau dihitung-hitung semua korbannya jumlah hutang si Ucup fantastis! Semuanya kena PHP sama si Ucup. Dijanjiin teruuus, ga pernah dibayar. Mau ditagih langsung ga bisa, kami domisili pulau sumatera, si Ucup di Bandung.

Ane udah berkali-kali tagih lewat whatsapp Mulai dari dari cara halus sampe kasar. Hasilnya nihil. Dia janji terus. Ane disaranin teman lain cari keluarganya. Bulan puasa kemaren, Ane ingat adeknya juga kuliah di tempat ane ngajar. Ane lacak, langsung dapat. Ya udah, ane chat adiknya. Belum sempat ane ke intinya, si Ucup nelpon ane dan mohon-mohon ke ane agar jangan bawa-bawa adeknya (si Ucup yatim piatu gan). Ane ancam dan suruh dia bayar hutangnya hari tiu juga. Karena takut, dia langsung ke atm dan transfer duitnya. You know? Dia cuma bayar Rp. 50.000 -, waktu transfer dia foto monitor atm. Duit di atm nya memang tinggal segitu.

Ane bilang, kalau ga sanggup bayar lunas, angsur juga gapapa. Dia mengiyakan dan janji mau bayar lagi. Jelang lebaran, ane tagih lagi. Jawaban yang sama ane dapatkan. Dia mi ta maaf lagi dan mengiba-iba kalau kehidupannya lagi susah dan kalau ane ga percaya dia bilang hanya Tuhan yang tahu. Ane gerah banget, sikapnya seperti itu kayak ga ada niat buat bayar hutang. Ane yang punya duit tapi ane yang ngemis. Semua orang juga gerah dibuatnya.

Tadi sore, ane udah meledak. Ane ga tau lagi cara nagih hutang. Ane kirim gambar sindiran tentang hutang ke grup alumni. Responnya heboh gan, karena rata-rata udah jadi korbannya si Ucup. Yang lain juga ikutan nyindir gan 😁😁😁😁. Setelah itu, members banyak yang japri ane nanya kek gin, "Lo korban juga? Berapa? Gue juga kena 😭 bagus lo udah nyindir".

Karena udah heboh, si ucup langsung nge chat gini:

U : Maaf ya, aku belum bisa balikin bla bla bla (as usual)

M : Gue ga butuh permintaan maaf lo yang bikin gue eneg mau muntah karena jawaban lo itu melulu. Yang gue mau lo bamikin duit gue.

U : Aku tahu aku hina di hadapan semua orang dan aku pantas mendapatkannya.

M: Hina atau ga, itu urusan lo sama yang di atas. Urusan lo sama gue ya masalah hutang piutang.

U : Maaf sekali lagi, semoga Tuhan mengampuni aku.

M: Jangan doa doank yang lo perbanyak. Lo juga harus usaha lunasi hutang lo.


Chat kami terhenti di situ, dia ga ngerespon lagi. Sepertinya usaha ane yang kesekian kali ini gagal. Ga ada sinyal dalam waktu dekat dia mau angsur.


Cara apalagi yang harus ane tempuh gan?

Ps: ane udah berusaha cari kontak kakak-kakak dia, tapi ga berhasil. Ane juga ga tau alamat rumahnya karena rumahnya di daerah dan ane tinggal di kota gan.
0
2.4K
49
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan