Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wingchun.masterAvatar border
TS
wingchun.master
Tiongkok Masih Jadi Tujuan Ekspor Terbesar Indonesia
- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan kinerja ekspor Indonesia sepanjang Januari-Mei 2018 sebesar 74,93 miliar dolar AS. Pasar tujuan ekspor RI terbesar masih diduduki oleh Tiongkok.
"Pangsa ekspor kita tidak berubah, 15,05% tertuju ke China nilainya 10,25 miliar dolar AS" kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, kemarin.
Selain itu, pangsa pasar ekspor RI setelah China disusul Amerika Serikat dengan share 10,91% dengan nilai 7,43 miliar dolar AS dan Jepang 10,09% dengan nilai 6,87 miliar dolar AS, dan negara-negara ASEAN 26%.
Adapun nilai ekspor RI ke Tiongkok pada Januari-Mei 2018 tercatat 10,25 miliar dolar AS, naik 15,05% dibanding tahun lalu sebesar 7,80 miliar dolar AS.
"Ini menunjukkan bahwa ada perang dagang ekspor kita tetap tumbuh, terutama Tiongkok menggembirakan. Tapi 36% ekspor Indonesia masih terpaku ke 3 negara Tiongkok, AS dan Jepang, diversifikasi mutlak dilakukan ke depan, dan itu sudah mulai dilakukan Mendag, sehingga pasar ekspor kita bisa merambah ke Amerika Latin," paparnya.
Menurutnya, perang dagang kedua negara tersebut tidak menghambat laju kinerja ekspor Indonesia.
Meski demikian, Suhariyanto menyebut bahwa pemerintah harus terus memperluas negara-negara tujuan ekspor. Pasalnya, sampai saat ini sekitar 36,05% ekspor nasional hanya kepada tiga negara saja, yakni China, AS, dan Jepang.
"Tentunya perang dagangan ini ada sisi positif ada sisi negatif. Positifnya kita punya kesempatan untuk mengirimkan berbagai produk ke sana, tapi sisi negatif harus dijaga kemungkinan Tiongkoknya terganjal ekspor besi dan baja, jangan sampai merembes ke kita,"


https://www.suaramerdeka.com/news/ba...kspor-terbesar
0
727
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan