CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
▀▄▀▄▀▄ Honda Civic FD Community ▄▀▄▀▄▀ - Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586a3f26dc06bdf5308b456e/960096049600960496009604-honda-civic-fd-community-960496009604960096049600---part-1

▀▄▀▄▀▄ Honda Civic FD Community ▄▀▄▀▄▀

Tampilkan isi Thread
Halaman 111 dari 128
Quote:


sdh om

Ac civic fd

Suhu mau tanya ada yang pernah ngalamin arah semburan ac di civic fd ga bisa di atur ke kaki atupun ke kaca cuma bisa ke badan aja, apa ada yg rusak atau bagaimana, mohon pencerahan nya emoticon-Smilie)
Suhu2.. Salam kenal dari Civic FD hitam 2010 MT. Boleh tolong invite WA 0815 1038 1231 ke group chat. Thank you sebelumnya. emoticon-Angkat Beer
salam kenal gan

ane baru aja ambil civic fd 2010 a/t, ga baru2 amat sih akhir 2017 ambilnya. so far ini mobil aman2 aja..

sampai pada akhir mei kemarin, emg ane dasarnya gatel ngoprek aja ini mobil gapernah diapa2in. mobil2 ane yg dulu (civic&jazz) pernah ane tune up dgn bersiin jg throttle body dan ga ada efek apa2 malah jd lebih enak.
nah ini mobil ane bawa ke mekanik langganan biasa aja dibersiin TB, habis kelar check engine nyala trs dicabut aki lalu pasang lg. normal lg semua.

nah pas jalan pulang ane mulai curiga sama rpm, idle agak aneh.
1. kadang ini mobil jd suka nyentak
2. kalo posisi N trs mobil jalan gt di turunan, rpm naik sendiri skitar 1400an rpm
3. kalo lg idle di N trs di gas (misal sampe 2500) nanti turun ke 1000 trs tiba2 naik ke 1500 stlh bbrp detik baru turun dibawah 1000 itupun perlahan2, menurut ane agak ketinggian karena ada di sekitar 850-900.

intinya sih idle jd gak normal, oiya udh baca di forum luar (NZ & civic8th gen) ada yg kejadian persis begini setelah dia ganti aki, dia relearn idling nya ke bengkel yg punya OBD2 scanner .

mungkin master2 disini ada yg pernah mengalami atau tau bengkel spesialis honda daerah jakbar?
terimakasih sebelumnya
Diubah oleh blybly2
Quote:



wedew,, jadi takut ganti accu..

eniwe.. salam kenal para suhu, nubie nih pengguna FD1 at full standar Yogyakarta... kalo ada yg di Jogja, boleh share bengkelnya dong.. kelamaan pake BeRes bisa didiemin RI1 nih dirumah....

klo berkenan boleh add WA +6281215903220
Quote:

ane barusan ganti SA depan pake Kayaba.. kurang pas sih kalo menurut ane.. enakan aslinya. kemarin ganti gegara shock asli rada bengkoong.. begitu ganti Kayaba, malah cenderung keras. tapi memang sih untuk track kelok kelok, bantingan terasa ga sekeras bawaan.. bu overall, lebih suka yg bawaan.

DC sA depan, 1,2jt
Quote:


Bawa balik ke bengkel nya aja.
Kalau aki. Saya juga pernah lepas aki, pas cuci mesin, baik2 aja idling nya. Dulu ane pernah share yutubnya pas nyuci mesin.

Quote:


Group WA

gan bisa masukin saya ke group WA?
no saya: 08973313991
an ferizky solo

mohon bantuan suhu suhu sekalian
halo agan2, ane ada civic fd jg di rmh. ambil taun lalu, mobil taun 2008 matic 1.8, odo 90rb
so far pemakaian 1,5 taun ini:

- engine mounting transmisi udah ganti tapi kambuh lagi gak nyampe sebulan. gak enak tiap masuk D loncat melulu
- OVERHEAT, yup berkali2...berikut ane jabarin:

pertama terjadi di hari lebaran 2017, kena macet super parah di lembang. sampe nguap itu air radiator keliatan asapnya. untung udah sempet berhenti. karena ada montir langganan, akhirnya dibenerin tp lupa diapain aja karena kk ane yg bawa waktu itu.
kk ane make diluar kota dan jarang dipake. sehari2 pake motor, kalo ditaro di bandung baru ane pake buat kuliah yg dimana bandung itu cukup macet.

overheat kedua terjadi di bulan oktober 2017, ternyata dinamo fan radiator nya mati, yg satu lagi lemah. akhirnya diganti dan dibenerin.
eh gak nyampe berapa hari overheat lagi.. kali ini kita coba turun mesin dan papas silinder head dan fitting lg..
oke rada mendingan.. mobil dibawa kk ane lagi keluar kota. begitu dibawa lagi sama ane dipake dalem kota

overheat lagi yang ketiga, kali ini radiatornya udah retak jadi air radiator mengalir ke bawah gitu aja. oke ganti radiator
sampe2 TUNAS aja heran kok ada yg minta radiator untuk Civic FD ya jarang biasanya kebanyakan ferio atau civic vti karena FD masih terbilang muda

overheat keempat: januari 2018 kemaren, air radiator abis! selangnya udah gak bener jadi copot karena kena getaran terus dari engine mounting yang udah kacau. kan sering loncat2an tuh jadi kegoyang, lepas dia waktu jalan. oke ganti selang radiator dan engine mounting

overheat kelima: februari 2018, kk ane kena macet di bandung pas weekend. kali ini kipas sebelah satunya yg mati ( kan dulu diganti yg satunya)..

sampe was was mulu tiap make selalu mantengin temperatur, mobil sih enak dipake, tapi kalo aneh bin ajaib gini gimana bisa tenang makenya buat sehari2..

- sering berat ke kiri, padahal udah spooring balancing
- jendela kanan udah gak rata kalo auto up sering balik lagi ke bawah, kecuali dinaikin pelan2

overall itu aja sih keluhan paling mengganggu, kira2 ada yg senasib gak? atau saran buat cek apalagi gitu biar suatu hari gak overheat lagi
maklum kayanya dapet barang butut, padahal udah cek montir juga waktu sblm beli tapi gimana ya waktu itu sehat, eh 2 bulan kemudian bajred emoticon-Big Grin
Malam suhu semua, mau tanya per aftermarket yg cocok buat fd2 apa ya? Dan harganya kisaran berapa?
Quote:

Urusan overheat ga bisa dianggap kecil bro, jadi saran saya apakah parts2 yang diganti itu sudah pakai originalnya? Kalo belinya ngasal kita juga ga tau kualitasnya. Fan itu umurnya bisa 8 sampai 10 tahun bahkan lebih, apakah ganti ori? Atau merk ga jelas? Sudah cek2 perbandingan harga? Radiator diganti pakai merk apa? Engine monting pakai apa?

- Setir narik ke kiri, hasil spooring apa? Kerjain di bengkel mana? Apa bengkelnya kasih tau kira2 apa solusinya bukan main kerjain aja. Sorry saya nanya rada detail sebab bengkel yang bener itu bukannya lsg spooring, mereka cek dulu kaki2 apakah ada yang pecah atau rusak baru kalo ga ada mereka spooring. Kalau ada yang pecah disarankan ganti dulu. Coba bro bawa ke bengkel kaki2 dulu dicek yang bener baru ambil kesimpulan harus ganti ini itu dan terakhir spooring balancing. Velg peyang atau tidak?
- Jendela kanan ini coba dikasih cairan silikon spray yang aman untuk karet2 dan plastik, banyak jual di BL sama TokPed.
Quote:

banyak di tokped sama BL, beda2 bro tergantung selera, mau yang turun sedikit dan masih empuk, turun banyak dsb. Yang umum2 biasanya Eibach sama Tein STech, yang rada2 jarangyang pakai HnR, Tanabe
Quote:


sebetulnya part2 rusak yg saya sebutin untuk diganti tersebut itu baru pertama ini saya ganti semenjak beli.
yg dimana saya gatau pemilik sebelumnya pemakaian gimana, pake parts ori atau tidak, pernah overheat atau gimana nya saya gatau gan.
tapi buat yg saya ganti sendiri sih kombinasi ada ori ada kw. seinget saya yg kw tuh radiator nya doang karena parts paling mahal dari yg lain. ambil yg 2jt, kalo ori waktu itu katanya 3,3.
engine mounting wah saya gatau sih ini gan kk saya sama montir yg benerin

spooring di bengkel yg ada authorized bridgestone karena kk saya kerja di bridgestone jadi gratis kalo disana, mau dimana bengkelnya asal ada bridgestone authorized nya, saya lupa dimana nih gan terakhir soalnya kk saya jg yg bawa
jadi memang harus di cek detil dulu ya kalo bengkel yg bagus?
velg gak peyang, cuma ya itu gejalanya sering gak kempes tapi setir berat ke kiri kaya kempes.

jendela kanan nampaknya naiknya sudah gak lurus gan motornya. berasa kalo naik otomatis tuh dia kaya keluar jalur gitu, ketika over jalur kan kaget jadi turun lagi (mungkin gak sih..?), sementara kalo naik dikit2 masih bisa lurus ikut frame
dikasih cairon silikon spray ini boleh dicoba dulu nanti.

thanks sebelumnya gan emoticon-Big Grin
Quote:

Iya spooring itu pertama2 cek angkanya kalo ga ada kerusakan seharusnya ga akan berubah jauh. Begitu ada keluhan biasanya mereka lihat dulu ke kolong secara yang keliatan, kalo ada bushing2 retak atau patah mereka kasih tau dan gak akan dilanjut spooring. Kalo dilanjut spooring kan bayar? Nah ini yang biasanya bengkel2 nakal kerjain, ga periksa cuman diakal2 in biar hasil spooringnya bagus.
Tinggal kita aja yang pinter2 kudu ngerti gimana. Masa iya bro misal velg peyang atau ada bushing pecah dan hasil spooring ga bagus tapi tetep mau dispooring juga? Ntar abis benerin kaki2 kudu spooring lagi, bayar lagi? Jadi sama dengan engine monting yang rusak, dibenerin dulu pakai parts ori jangan kw.

Jendela kerusakan terparah paling di regulatornya, atau kalau karet2 jalurnya udah jelek diganti karetnya, itu disebut karet chanel karena karet tersebut dilewatin kaca. Coba cara termurah dulu beli silikon spray dan semprot jalur2nya.
Quote:


Overheatnya mungkin paking silinder/head gasket nya gan.
Coba di cek dulu.
Makanya saya suka pakai obd2, kadang suhu udh mau hampir 100derajat celsius, di dashboard suhu nya ya masih biasa aja, masih ditengah2.
Quote:


mantap sharingnya, thanks gan nanti selanjutnya dicek lagi

Quote:


yoi udah silinder head nya udah dikikis kok gan ditipisin biar rata lagi. kan udah sempet turun mesin yg atas hehe
kalo saya sih di dashboard begitu lewat setengah berarti ga akan bener, pasti langsung berhenti deh daripada ngebul di jalan.
pernah sampe pengkolan deket rumah itu tiba2 di gas gak ada tenaganya, pas liat temperatur waduh fullllll
sampe rumah dicek air radiatornya kosongemoticon-Takut (S) padahal 15 menitan sebelumnya ane cek temp masih normal
emg harus sering2 liat temp klo skrg
Quote:


Dulu ane pakai city, pernah overheat juga. Karena kalau asik nyetir, kadang2 kita gak lihat ke dashboard juga. Dulu sebelumnya, ane pernah tanya juga di sini, kok suhu mesin ane cenderung panas. Belum sampai overheat. Ketahuan pakai obd2, suhu mesin cenderung tinggi. 100C kalau lihat di dashboard masih kurang dari setengah, kalau diatas 100C mulai naik diatas setengah.
Civic gak ada sensor suhu oli. Siapa tau agan2 disini ada yang tahu, selisih antara suhu coolant dgn suhu oli.

Pakai obd2, install aplikasi torque di android bisa pakai henpon, connect ke obd2, set alarmnya..
Kalau suhu lebih, alarm bakal bunyi

Ini contoh dari ane
Misi mau numpang nanya suhu2 civic fd, saya baru memiliki civic fd sekitar 1 tahun lalu untuk yg 1.8 at, saya ada beberapa keluhan mengenai mobil saya ini
- bila baru di start pagi" ada bunyi "duk duk duk
duk" di bagian kanan depan mbl dan bergetar sampai stir, nanti kalu sudah agak panas hilang sendiri bunyi dan getar nya

-yg kedua bila baru start awal posisi gear pindah ke R ada getaran yg lumayan kencang di dalam mobil, tapi bila mobil sudah di jalankan lama pindah ke R halus seperti biasa gk ada getaran lgi

Kira2 masalah nya di apa nya ya suhu2 sekalian? Makasi
halo gan, ane ngidam banget sama civic fd dari dulu dan baru kesampean sekarang beli bekas fd 2006. ane newbie di permobilan dan per fd an jadi mohon bimbingannya ya. sekarang fdnya lagi jajan gede nih emoticon-Frown
mohon di add wa ane ya suhu

jojo
0818217070
civic 2006
bandung

Makasih
Halaman 111 dari 128


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di