Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Menhub Ingatkan Pemudik Puncak Arus Balik Diprediksi 19-20 Juni

Menhub Budi Karya Sumadi(Foto: ist)

Jakarta – Warga Masyarakat yang telah melaksanakan mudik di kampung halamannya diharapkan agar menghindari puncak arus balik lebaran yang diprediksi jatuh pada tanggal 19-20 Juni 2018 mendatang. Untuk itu disarankan agar pemudik kembali ke Jakarta sebelum atau sesudah tanggal tersebut.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela kunjungan silahturahmi ke rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Sabtu (16/6/2018). “Awas 19-20 (Juni 2018) macet,” kata Budi.

Perkiraan puncak arus balik ini disampaikan Budi saat diketahuinya bahwa arus mudik masih lebih besar dibandingkan arus balik pada hari ke-2 lebaran saat ini. Bahkan sempat menyangka masyarakat sudah mulai pulang ke Jakarta hari ini (Sabtu). “Ada, tetapi masih kecil. Saya tadinya proyeksikan di hari ke-2 ini mulai, tetapi ternyata masih arus mudik. Ini yang mungkin di luar prediksi, masih mudik,” tuturnya.

Untuk itu Menhub Budi menyarankan agar para pemudik dapat memanfaatkan moda transportasi lainnya seperti bus, guna mengurangi kepadatan jalan. “Kalau dimungkinkan naik bus. Bus juga banyak, jadi lebih tidak menyita tempat dibandingkan kendaraan-kendaraan kecil,” ucapnya.

Puncak Arus Balik Gunakan Transportasi Bus

Sementara itu tak lupa pula ia mengingatkan untuk kendaraan pribadi agar menghindari sebagian jalur tol fungsional karena sejumlah ruas tol tersebut masih belum bisa dilalui untuk kembali ke Jakarta. Sebagai alternatif, masyarakat bisa melalui jalur nontol melalui Brebes. “Tol fungsional kan belum berfungsi untuk balik, lewat Brebes ok dan jalannya bagus. Itu jadi pilihan,” ujarnya.

Sebelumnya perkiraan puncak arus balik lebaran ini juga telah diperingtakan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Saat itu ia meminta masyarakat tidak memaksakan kembali ke Jakarta dan sekitarnya secara berbarengan di tanggal tersebut. “Arus mudik relatif pendek, saya imbau upayakan jangan pulang bertumpuk di dua hari yaitu 19 dan 20 (Juni). Jangan paksakan pulang 19 dan 20 (Juni),” ujar Tito di Mapolda Metro Jaya usai memantau arus mudik, Kamis (14/6/2018) lalu.

Sumber

0
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan