studiotcAvatar border
TS
studiotc
Studio Topcoder - Kontes Desain crowdsourcing tempat pemuda Indonesia Berjaya!!
Spoiler for BIG NEWS FROM TOPCODER:


Halo agan dan aganwati,

Salam Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Spoiler for TS Intro:


Situs Crowdsourcing - Cara baru di era modern untuk mendapatkan penghasilan

Ane yakin agan-agan desainer sudah gak asing dengan situs crowdsourcing dan pengertian dari crowdsourcing itu sendiri. Buat agan-agan yang belum tau, crowdsourcing bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan mendelegasikan pekerjaan kepada suatu perusahaan yang memiliki komunitas besar dimana anggota komunitas tersebut akan memberikan kontribusi agar pekerjaan tersebut bisa selesai dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal.

Sistem crowdsourcing memiliki keuntungan bagi perusahaan klien yang menggunakannya karena output yang dihasilkan banyak dan variatif, serta biaya yang dibutuhkan relatif lebih murah daripada mendelegasikan pekerjaan tersebut ke satu perusahaan desain tertentu. Bagi banyak desainer, sistem crowdsourcing juga sangat bermanfaat, karena sistem ini memberikan hadiah yang lebih dari "cukup" (apabila menang) dan secara tidak langsung, memberikan si desainer tambahan karya (portofolio) dalam karirnya sebagai seorang desain grafis.

Jenis-jenis situs penyedia jasa crowdsourcing

Kalau sub-topik yang satu ini ane yakin agan/aganwati pasti dah tau beberapa situs yang menyediakan jasa crowdsourcing bahkan mungkin sudah menjadi top member didalamnya. Beberapa situs yang sudah pernah diangkat di sub-forum desain ini bisa dilihat dari thread-thread berikut :

1. http://old.kaskus.co.id/showthread.php?t=4906726
2. http://www.kaskus.co.id/thread/00000...anda---part-3/

Nah, pada kesempatan ini, ane mau sharing satu situs yang juga berbasis crowdsourcing, namun lebih terstruktur, lebih variatif jenis kontesnya, dan masih relatif sedikit pesaingnya dibandingkan situs-situs crowdsourcing lainnya.

Buat agan/aganwati yang penasaran, Nama situs tersebut adalah :

"STUDIO TOPCODER"




Situs Studio Topcoder bisa agan lihat dari alamat URL :



Secara singkat, Studio Topcoder adalah sub unit dari situs Topcoder (https://www.topcoder.com) yang merupakan salah satu penyedia jasa crowdsourcing terbesar di Dunia. Kalau gak percaya, silahkan googling sendiri, ane gak akan panjang lebar buat nyeritain tentang TopCoder disini, mbah google bisa lebih mendetail ngejelasin tentang profil TopCoder dan sejarahnya.

Dalam mengembangkan suatu sistem di perusahaan atau dimanapun, agan/aganwati pasti menemukan bahwa pembuatan software itu memiliki beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Di Topcoder, tahapan-tahapan pengembangan software tersebut dijadikan trek/kategori perlombaan yang di crowdsourcingkan ke anggota komunitasnya.

Jadi fase-fase seperti "perancangan sistem", "perancangan UI", "pembuatan kode program", sampai "testing dan UAT" dijadikan trek/kategori kontes di situs ini. Nah, salah satu tahapan yang ada pada Topcoder adalah perancangan UI (User Interface) dan ini dibuat dalam sub-unit sendiri yang disebut sebagai "STUDIO TOPCODER".


Putra-Putri Indonesia yang Berjaya di Studio Topcoder


Walaupun situs STUDIO TOPCODER baru dibentuk pada tahun 2007, namun ternyata hal ini ternyata tidak menjadi halangan bagi putra-putri Indonesia untuk dapat menembus top member di situs ini. Beberapa putra putri Indonesia yang sudah menembus Top Member di Studio antara lain :

1. abedavera
Member Profile : http://studio.topcoder.com/?module=V...e&ha=abedavera
Agan yang satu ini merupakan langganan juara di STUDIO TOPCODER. Bahkan, beliau telah beberapa kali memenangkan perlombaan onsite yang diadakan TopCoder setiap tahunnya. agan coba saja googling nama abedavera a.k.a Junius Alberto dari Medan. biar google yang bicara emoticon-Smiliepsst, beliau pernah juga diliput SCTV karena juara dunia emoticon-Smilie

2. yoki
Member Profile : http://studio.topcoder.com/?module=V...rofile&ha=yoki
Agan yang satu ini juga merupakan langganan juara di STUDIO TOPCODER. Pencapaian puncaknya baru terjadi tahun 2012 yang lalu, dimana beliau dan satu orang member wanita dari Indonesia juga berhasil menjadi runner up TCO Onsite yang diadakan TopCoder di Florida, Amerika Serikat.

3. fairy_ley
Member Profile : http://studio.topcoder.com/?module=V...e&ha=fairy_ley
Aganwati satu ini adalah runner up TCO Onsite 2012 bersama agan yoki di atas. Desain-desainnya yang colorfull banyak membuat hati klien kepincut dan memilihnya jadi juara kontes.

4. thinkcreeper
Member Profile : http://studio.topcoder.com/?module=V...a=thinkcreeper
Agan ini merupakan langganan finalis TCO Onsite yang di adakan STUDIO TOPCODER setiap tahunnya, terhitung sudah 3 kali beliau berhasil menembus events TCO Onsite Topcoder, termasuk tahun 2013 ini.

5. lunarkid
Member Profile : http://studio.topcoder.com/?module=V...le&ha=lunarkid
Agan ini juga merupakan langganan juara di STUDIO TOPCODER dulunya. akan tetapi saat ini beliau lebih sering aktif sebagai copilot (semacam Project Manager) di STUDIO TOPCODER.

Sebenarnya masih banyak lagi member lain dari Indonesia yang berjaya di STUDIO TOPCODER (TS sendiri belum dimasukkan disana karena sifat low profile yang dimilikinya, halaah emoticon-Big Grin), namun karena keterbatasan waktu, ane gak sempat beberkan semua emoticon-Smilie

Spoiler for What's Next:


Quote:
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 11 suara
Apakah Agan/Aganwati Ingin Tahu Lebih Lanjut Tentang STUDIO TOPCODER??
Tidak
9%
Iya
91%
Diubah oleh studiotc 19-09-2013 03:11
sealgeek
sealgeek memberi reputasi
1
18.4K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan