Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabar.kaburAvatar border
TS
kabar.kabur
Khotbah di Istiqlal, Aa Gym Bicara Soal Orang 'Jatuh' karena Lisan

Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (15/6/2018) (Foto: Mochamad Zhacky-detikcom)



Jakarta - Abdullah Gymnastiar memberikan khotbah bertema 'Meraih Kemenangan Pribadi Menuju Kemenangan Umat' saat salat Idul Fitri 2018 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Menurut Aa Gym, sapaan akrab Abdullah Gymnastiar, ada indikator mengukur kesuksesan hidup.

Aa Gym mengatakan kata kunci kesuksesan hidup yakni akhlak. Menurutnya, jika Indonesia ingin menjadi bangsa yang bermartabat yang pertama harus dibangun yakni akhlak yang baik.

"Ilmu yang kita pelajari, ibadah yang kita lakukan ujungnya adalah kesempurnaan akhlak. Oleh karena itu, siapapun yang ingin mengukur kesuksesan hidupnya kata kuncinya adalah akhlakul karimah. Siapa orang Islam yang paling benar pemahaman Islamnya lihatlah akhlaknya. Siapa orang Islam yang paling sempurna imannya, orang yang paling sempurna akhlaknya. Oleh karena itu, bangsa ini tak akan pernah bermartabat kecuali membangun akhlak," kata Aa Gym di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (15/6/2018).


Kata kunci kesuksesan hidup selanjutnya yakni kebersihan hati. Aa Gym mengatakan seseorang yang ingin merasakan kebahagiaan dan kemuliaan hidup harus memiliki hati yang bersih.
0
"Orang yang akan sukses adalah ingat bahwa Allah pernah bersumpah sebanyak 7 kali. Allah tidak pernah bersumpah sebanyak ini. 'Siapakah di antara kita yang paling beruntung adalah kita yang senantiasa membersihkan dirinya," ujar Aa gym.

"Lebaran, banyak yang bajunya bagus, indah, takut kotor. Tapi berapa banyak orang yang tidak takut kotor hatinya? Padahal kebahagiaan, kemuliaan tergantung kesucian jiwanya," imbuh dia.

Aa Gym menilai masih banyak orang yang paham dengan agama tapi tidak memiliki akhlak baik. Kondisi tersebut terjadi karena masih banyak orang yang sibuk membangun kecerdasan akal.

"Mengapa ada orang yang paham agama tapi akhlaknya tidak sesuai dengan apa yang dipahaminya? Karena dia hanya sibuk untuk kepintaran akal tapi tidak sibuk membangun kecerdasan hati," ungkap Aa Gym.

Kata kunci terakhir kesuksesan hidup ialah menjaga lisan dan hawa nafsu. Aa Gym meyakini orang-orang yang tidak bisa menjaga lisan dan hawa nafsunya tidak akan meraih kesuksesan hidup.

"Kebahagiaan, kesuksesan adalah milik orang yang bisa mengendalikan diri. Kita sudah saksikan orang yang tidak bisa menjaga lisannya, jatuh. Orang yang tidak bisa menjaga syahwatnya, berzina. Orang yang tidak bisa menjaga, mengendalikan keinginannya, korupsi," papar Aa Gym.

Khotbah Aa Gym ini disampaikan di depan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). JK melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal ditemani istrinya Mufidah Kalla. Selain JK, ada beberapa pejabat yang juga salat Id di Masjid Istiqlal di antaranya Gubernur DKI Anies Baswedan dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (zak/imk)



https://m.detik.com/news/berita/d-40...h-karena-lisan



0
3.1K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan