Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uliibanezAvatar border
TS
uliibanez
Militer terkuat di Asia Tenggara hari ini, Siapa itu ??







Pengeluaran belanja militer Asia Tenggara masih relatif kecil dibandingkan dengan wilayah lain di dunia. Mengacu pada data dari SIPRI, total belanja militer Asia Tenggara hanya 2,8 persen dari total anggaran militer dunia pada tahun 2016.
Tahun itu, Asia Tenggara mengeluarkan anggaran militer sebesar $ 37.91 miliar. Angka ini hanya sekitar seperdelapan dari anggaran Asia Timur. Asia Timur, tahun yang sama diketahui menghabiskan $ 308,11 miliar dana militer, atau 18,73 persen dari anggaran militer dunia secara keseluruhan.
Asia Tenggara bukanlah wilayah yang tidak terhitung. Ada beberapa wilayah di Asia Tenggara yang berfungsi sebagai basis atau lokasi kerja sama pertahanan Amerika Serikat dalam konteks disposisi militer AS di Pasifik Barat. Dalam Keseimbangan Militer 2017 yang diterbitkan oleh Institut Internasional untuk Studi Strategis menyatakan bahwa di daerah Bangkok di Thailand, ada Kelompok Penasihat Militer Gabungan. Selain itu, di Singapura ada dua tempat untuk Angkatan Laut (Sembawang dan Paya Lebar) serta satu tempat untuk pangkalan Angkatan Udara (Paya Lebar).
Di Filipina, ada kerja sama pertahanan dengan menyediakan fasilitas permanen untuk pasukan AS di Pangkalan Angkatan Udara Antonio Baustista, Angkatan Udara Basa, Fort Magsaysay, Pangkalan Angkatan Udara Lumbia, Ebtan-Benito Ebuen Air Base. Selain itu, Filipina juga menyediakan tempat bagi Angkatan Udara AS di Pangkalan Udara Clark, serta untuk Marinir AS di Camp Aguinaldo.
Dalam Power Index yang dirilis oleh Global Fire Power pada tahun 2017, di Asia Tenggara, Indonesia dan Vietnam menduduki peringkat pertama dan kedua dalam hal nilai indeks. Indonesia menempati peringkat ke-14 di dunia dengan nilai indeks 0,3347, sedangkan Vietnam berada di posisi ke-16 dunia dengan nilai 0,3587. Berdasarkan Global Fire Power, Laos adalah sebuah negara di Asia Tenggara dengan kekuatan militer terlemah. Nilai indeks pada 2017 adalah 3,0608 dan peringkat 124 dari 133 negara.
Sumber: https://tirto.id/siapa-militer-terku...-tenggara-cyfb

Diubah oleh uliibanez 08-06-2018 06:56
0
11.1K
59
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan